Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gaya Gerak Listrik Induksi GGL Laela

Gaya Gerak Listrik Induksi GGL Laela

Ratings: (0)|Views: 2 |Likes:
Published by Bobocil Amel
untuk di copas
untuk di copas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bobocil Amel on Feb 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2013

pdf

text

original

 
Gaya Gerak Listrik Induksi GGL, Medan Magnetmenimbulkan Arus Listrik
Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris,membuat hipotesis (dugaan) bahwa medan magnet seharusnya dapat menimbulkanarus listrik. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis Faraday.Berdasarkan percobaan, ditunjukkan bahwa gerakan magnet di dalamkumparan menyebabkan jarum galvanometer menyimpang. Jika kutub utara magnetdigerakkan mendekati kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kanan. Jikamagnet diam dalam kumparan, jarum galvanometer tidak menyimpang. Jika kutubutara magnet digerakkan menjauhi kumparan, jarum galvanometer menyimpang kekiri. Penyimpangan jarum galvanometer tersebut menunjukkan bahwa pada keduaujung kumparan terdapat arus listrik. Peristiwa timbulnya arus listrik seperti itulah yang disebut induksi elektromagnetik. Adapun beda potensial yang timbul padaujung kumparan disebut gaya gerak listrik (GGL) induksi.Terjadinya GGL induksi dapat dijelaskan seperti berikut. Jika kutub utaramagnet didekatkan ke kumparan. Jumlah garis gaya yang masuk kumparan makinbanyak. Perubahan jumlah garis gaya itulah yang menyebabkan terjadinyapenyimpangan jarum galvanometer. Hal yang sama juga akan terjadi jika magnetdigerakkan keluar dari kumparan. Akan tetapi, arah simpangan jarum galvanometerberlawanan dengan penyimpangan semula. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwapenyebab timbulnya GGL induksi adalah perubahan garis gaya magnet yang dilingkupioleh kumparan.
 
Menurut Faraday, besar GGL induksi pada kedua ujung kumparan sebandingdengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi kumparan. Artinya, makincepat terjadinya perubahan fluks magnetik, makin besar GGL induksi yang timbul.Adapun yang dimaksud fluks nmgnetik adalah banyaknya garis gaya magnet yangmenembus suatu bidang.
 
INDUKSI ELEKTROMAGNETIKPENDAHULUAN
Dalam pembahasan mengenai medan magnet telah dijelaskan bahwa :- Arus listrik dapat menghasilkan medan magnetik- Medan magnetik mengerjakan gaya pada kawat berarus listrik atau pada muatanbergerak.Sekitar abad ke-
19 kedua pernyataan itu menimbulkan pertanyaan : “jika arus
listrik menghasilkan medan
megnetik apakah medan magnetik dapat menghasilkan arus listrik ?”. Melalui
serangkaian percobaan,Michael Faraday (1791-1867) berhasil menunjukkan bahwa sesungguhnyamemang arus listrik dapat dihasilkan dari perubahan medan magnetik. Peristiwadihasilkannya arus listrik akibat perubahan medan magnetik ini dinamakan induksielektromagnetik, sedangkan arus yang dihasilkan dari induksi elektrobagnetikdinamakan arus induksi.
PERCOBAAN FARADAY 
Gambar dibawah melukiskan percobaan yang dilakukan oleh Faraday untukmenunjukkan adanyaperistiwa induksi elektromagnetik.Pada waktu melakukan percoaan ini Faraday melihat beberapa keanehan, yaitu :- Begitu saklar ditutup, jarum galvanometer menyimpang besar sekali. Setelahwaktu yang singkat sekali, jarum galvanometer kembali menunjukkan angkanol,walaupun arus dalam kumparan P tetap mengalir.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->