Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
3. b. Aspek Perkembangan Bahasa

3. b. Aspek Perkembangan Bahasa

Ratings: (0)|Views: 26 |Likes:
Published by Ristanty Wuland

More info:

Published by: Ristanty Wuland on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
Manajemen Pendidikan Psikologi Pendidikan Aspek Perkembangan_Bahasa
 
Damajanti Kusuma Dewi 
PERKEMBANGAN BAHASA
MAKNA BAHASA
Finocchiaro dalam Brown (1980:4)
1
“Language is a system of arbitrary vocal symbols which permit all people in agiven culture or other people who have learned the system of that culture tocommunicate or to interact”Pei dalam Brown (1980:4)
1
“Language is a system of communication by sound, operating through theorgans of speech and hearing, among members of a given community, and usingvocal symbols possessing arbitrary conventional meaning”.Webster’s New Collegiate Dictionary (1981:64)
1
“Language is a systematic means of communicating ideas or feelings by the useconventionalized signs, sounds, gestures or marks having understood meaning”. Jack Richards, John Platt, Heidi Weber (1985:153)
1
“Language is the system of human communication by means of a structuredarrangement of sound (or their written representation) to form larger units”.Kridalaksana (2001:21)
1
“Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan olehpara anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, danmengidentifikasikan diri”.Bahasa adalah sistem lambang yang arbitrer yang digunakan oleh para anggotakelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi dan mengidentifikasi diri.
2
Perkembangan bahasa meliputi juga perkembangan kompetensi komunikasi,yakni kemampuan untuk menggunakan semua keterampilan berbahasa manusiauntuk berekspresi dan memaknai. Perkembangan bahasa dipengaruhi olehlingkungan anak dan lingkungan sekitarnya. Interaksi dengan orang yang lebihdewasa atau penutur yang lebih matang memainkan peranan yang amat pentingdalam membantu peningkatan kemampuan anak untuk berkomunikasi(Bredekamp & Copple, 1997:104).
3
Bahasa adalah sebentuk komunikasi, baik lesan, tertulis atau tanda yangdidasarkan pada sistem simbol (Santrock, 2008/h.68)Bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalampengertian ini, tercakup semua cara untuk berkomunikasi, dimana pikiran danperasaan dinyatakan dalam bentuk lambang atau simbol untuk mengungkapkan
 
Manajemen Pendidikan Psikologi Pendidikan Aspek Perkembangan_Bahasa
 
Damajanti Kusuma Dewi 
sesuatu pengertian, seperti dengan menggunakan lisan, tulisan, isyarat,bilangan, lukisan dan mimik muka.Bahasa sangat erat kaitannya dengan perkembangan berpikir individu.Perkembangan pikiran individu tampak dalam perkembangan bahasanya yaitukemampuan membentuk pengertian, menyusun pendapat, dan menarikkesimpulan (Yusuf, 2002/h.119)Perkembangan pikiran itu dimulai pada usia 1.6-2.0 tahun, yaitu pada saat anakdapat menyusun kalimat dua atau tiga kala. Laju perkembangan itu sebagaiberikut :a.
 
Usia 1.6 tahun, anak dapat menyusun pendapat positif, seperti : “bapakmakan”b.
 
Usia 2.6 tahun, anak dapat menyusun pendapat negative (menyangkal),seperti : “Bapak tidak makan”c.
 
Pada usia selanjutnya, anak dapat menyusun pendapat :1)
 
kritikan : “Ini tidak boleh, ini tidak baik”2)
 
Keragu-raguan : barangkali, mungkin, bisa jadi. Ini terjadi apabila anaksudah menyadari akan kemungkinan kekhilafan3)
 
Menarik kesimpulan analogi, seperti : anak melihat ayahnya tidur karenasakit, pada waktu lain melihat ibunya tidur, dia mengatakan bahwa ibutidur karena sakit
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN BAHASA
Menurut Yusuf (2002/h.119) bahwa tugas-tugas perkembangan bahasa adalahsebagai berikut :1.
 
Pemahaman, yaitu kemampuan memahami makna ucapan orang lain bayimemahami bahasa orang lain, bukan memahami kata-kata yang diucapkan,tetapi dengan memahami kegiatan/gerakan atau gesturenya (bahasatubuhnya).2.
 
Pengembangan Perbendaharaan kataPerbendaharaan kata-kata anak berkembang dimulai secara lambat padausia dua tahun pertama, kemudian mengalami tempo yang cepat pada usiaprasekolah dan terus meningkat setelah anak masuk sekolah.3.
 
Penyusunan kata-kata menjadi kalimatKemampuan menyusun kata-kata menjadi kalimat pada umumnyaberkembang sebelum usia dua tahun. Bentuk kalimat pertama adalahkalimat tunggal (kalimat satu kata) dengan disertai gesture untukmelengkapi cara berpikirnya.Contohnya, anak menyebut “bola” sambil menunjuk bola itu dengan ajrinya.Kalimat tunggal itu berarti “tolong ambilkan bola untuk saya”.Seiring dengan meningkatnya usia anak dan keluasan pergaulannya, tipekalimat yang diucapkannya pun semakin panjang dan kompleks. Menurut
 
Manajemen Pendidikan Psikologi Pendidikan Aspek Perkembangan_Bahasa
 
Damajanti Kusuma Dewi 
Davis, Garrison & McCarthy (Hurlock dalam Yusuf, 2002/h.120) anak angcerdas, anak, anak wanita dan anak yang berasal ari keluarga cerdas, anakwanta dan anak yang berasal dari keluarga yang berada, bentuk kalimatyang diucapkannya itu lebih panjang, dan kompleks dibandingkan denan anakyang kurang cerdas, anak pria dan anak yang berasal dari keluarga miskin.4.
 
UcapanKemampuan mengucapkan kata-kata merupakan hasil belajar melalui imitasi(peniruan) terhadap suara-suara yang didengar anak dari orang lain(terutama orangtuanya). Pada usia bayi, antara 11-18 bulan, pada umumnyamereka belum dapat berbicara atau mengucapkan kata-kata secara jelassehingga sering tidak dimengerti maksudnya. Kejelasan ucapan itu barutercapai pada usia sekitar 3 tahun. Hasil studi tentang suara dan kombinasisuara menunjukkan bahwa anak mengalami kemudahan dan kesulitan dalamhuruf-huruf tertentu. Huruf yang mudah diucapkan yaitu huruf hidup (vocal): a, i, u, e, dan o dan huruf mati (konsonan) : t, p, b, m dan n; sedangkanyang sulit diucapkan adalah huruf mati tunggal z, w, s, dan g dan huruf mati rangkap (diftong) : st, str, sk dan dr
TIPE PERKEMBANGAN BAHASA
Menurut Yusuf (2002/h.120) bahwa ada dua tipe perkembangan bahasa anak,yaitu :1.
 
Egocentric Speech, yaitu anak berbicara kepada dirinya sendiri (monolog)Egocentric speech muncul pada saat anak bermain sendiri, dimana ia akanmenghadirkan teman “khayalan”2.
 
Socialized Speech, yaitu terjadi ketika berlangsung kontak antara anakdengan temannya atau dengan lingkungannya. Perkembangan ini dibagidalam lima bentuk, yaitu :a.
 
adapted information, di sini terjadi saling tukar gagasan atau adanyatujuan bersama yang dicari.b.
 
Critism, yang menyangkut penilaian anak terhadap ucapan atau tingkahlaku orang lain

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->