Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
rehabku refrat

rehabku refrat

Ratings: (0)|Views: 2|Likes:
Published by Ahmad Kusyairi

More info:

Published by: Ahmad Kusyairi on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Penyakit kusta atau lepra disebut juga Morbus Hansen, adalah sebuah penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri
mycobacterium leprae
.
 Mycobacterium leprae
yang secara primer menyerang saraf tepi dan secara sekunder menyerang kulit serta organ-organ lain
12
Kusta memiliki dua macam tipe gejala klinisyaitu
 pausibasilar 
(PB) dan
multibasilar (MB)
.
1,12
 Penyakit kusta masih menjadi permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat dunia terutama di Negara berkembang, dan Indonesia merupakan penyumbang penyakit kusta setelah India dan Brazil.
12
 Kusta adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh infeksi MycobacteriumLeprae, yang pertama menyerang saraf tepi, selanjutnya dapat menyerang kulit,mukosa mulut, saluran napas bagian atas, sistem retikulo endotelial, mata, otot, tulangdan testis. Kusta adalah penyakit infeksi yang kronik, penyebabnya ialahMycobacterium leprae yang intraseluler obligat.
2
Kusta bukan penyakit keturunan, tetapi merupakan penyakit menular.Penyakit menular ini pada umumnya mempengaruhi kulit dan saraf perifer, tetapimempunyai cakupan manifestasi klinis yang luas.
1
 
Penularan kusta terjadi lewatdroplet, dari hidung dan mulut, kontak yang lama dan sering pada klien yang tidak diobati. Manusia adalah satu-satunya yang diketahui merupakan sumber Mycobacterium leprae. Kusta menular dari penderita yang tidak diobati ke oranglainnya melalui pernapasan dan kontak kulit. Kusta pertama menyerang saraf tepi,selanjutnya dapat menyerang kulit, mukosa mulut, saluran napas bagian atas, sistemretikulo endotelial, mata, otot, tulang dan testis. Kusta adalah penyakit infeksi yangkronik, penyebabnya ialah Mycobacterium leprae yang intraseluler obligat , demikianmenurut Kosasih.
2,5
1
 
Kusta bukan penyakit keturunan, tetapi merupakan penyakit menular.Penyakit menular ini pada umumnya mempengaruhi kulit dan saraf perifer, tetapimempunyai cakupan manifestasi klinis yang luas.
1
Penularan kusta terjadi lewat droplet, dari hidung dan mulut, kontak yanglama dan sering pada klien yang tidak diobati. Manusia adalah satu-satunya yangdiketahui merupakan sumber Mycobacterium leprae. Kusta menular dari penderitayang tidak diobati ke orang lainnya melalui pernapasan dan kontak kulit.
11
 
1.2 Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang dibahas dalam referat ini adalah :1)Apakah definisi spondilitis Morbus Hansen?2)Bagaimana epidemiologi Morbus Hansen?3)Apakah etiologi Morbus Hansen?4)Bagaimana bentuk-bentuk dan gejala morbus hansen?5)Bgaimana penularan penyakit morbus hansen ?6)Bagaimana patofisiologi morbus Hansen ?7)Bagaimana manifestasi klinis morbus hansen?8)Bagaimana pemeriksaan morbus hansen?9)Bagaimana penatalaksanaan morbus hansen?
1.3 Tujuan
Tujuan dari penyusunan referat ini adalah :1Mengetahui definisi spondilitis Morbus Hansen?2Mengetahui epidemiologi Morbus Hansen?3Mengetahui etiologi Morbus Hansen?4Mengetahui bentuk-bentuk dan gejala morbus hansen?5Mengetahui penularan penyakit morbus hansen ?6Mengetahui patofisiologi morbus Hansen ?7Mengetahui manifestasi klinis morbus hansen?2
 
8Mengetahui pemeriksaan morbus hansen?9Mengetahui penatalaksanaan morbus hansen?
1.4Manfaat
Menambah wawasan dan pengetahuan pembaca tentang morbus hansen dan penatalaksanaannya.
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1Definisi Penyakit Kusta
Istilah kusta berasal dari bahasa Sansekerta, yakni kushtha berartikumpulan gejala-gejala kulit secara umum. Penyakit kusta disebut jugaMorbus Hansen, sesuai dengan nama yang menemukan kuman yaitu Dr.3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->