Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rencana Kerja Dan Syarat

Rencana Kerja Dan Syarat

Ratings: (0)|Views: 153 |Likes:
Rencana kerja dan syarat untuk pembuatan dokumen penawaran
Rencana kerja dan syarat untuk pembuatan dokumen penawaran

More info:

Published by: Adi Mulyadi Rachmann on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2013

pdf

text

original

 
 
RENCANA KERJA DAN SYARAT-SYARAT
1
RREENNCCAANNAAKKEERRJJAADDAANNSSYYAARRAATT 
 –  – 
SSYYAARRAATT 
PASAL 1. URAIAN PEKERJAAN1.1.
 
Lingkup Program/Kegiatan/PekerjaanNama Proyek :
Pembangunan Sarana & Prasarana
Pekerjaan :
Perbaikan Area WPS HBM
 
Lokasi :
Kota Sorong
 –
Papua Barat.
1.2.
 
Sarana Bekerja
Untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan, Kontraktor harus menyediakan :a.
 
Tenaga kerja/tenaga ahli yang memadai, sesuai dengan jenis pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakan.b.
 
Alat-alat Bantu seperti : beton molen, pompa air, alat pengangkutan danperalatan konstruksi lain yang diperlukan selama pekerjaan pelaksanaan.c.
 
Pengadaan air kerja, sumber kelistrikan & bahan-bahan bangunan dalam jumlahyang cukup untuk pekerjaan yang akan dilaksanakan agar tepat waktu.
1.3.
 
Cara Pelaksanaan
Pekerjaan harus dilaksanakan dengan penuh keahlian, sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam gambar Rencana, Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS), BeritaAcara penjelasan dan mengikuti petunjuk serta keputusan konsultan pengawas danpihak proyek.
1.4 Persyaratan Bahan/Material
Jenis dan mutu bahan yang akan dipergunakan diutamakan produk dalamnegeri.Seluruh bahan (material) yangakan dipergunakan sebelum dipakai harusmendapat rekomendasi dan persetujuan direksi terlebih dahulu, oleh karenapenyedia jasa harus menyerahkan contoh (sample) bahan-bahan yang akan dinilaidan direkomendasikan.
 
 
RENCANA KERJA DAN SYARAT-SYARAT
2
Seluruh bahan yang akan dipergunakan adalah buatan dalam negeri kecualibahan - bahan yang dianggap mutlak oleh pengguna jasa untuk dijadikan standarpenilaian.Semua bahan tidak memenuhi persyaratan harus segera dikeluarkan darilokasi proyek paling lambat 2 x 24 jam. Jika bahan yang ditolak (Afkeer) tersebutternyata masih dipergunakan oleh penyedia jasa, maka pengguna jasa berhak untukmembongkar kembali pekerjaan yang mempergunakan bahan tersebut.Adapun kerugian yang terjadi akibat tersebut akan ditanggung oleh pihakpenyedia jasa. Jika terjadi perselisihan tentang mutu atau kualitas bahan yangdipergunakan penyedia jasa, maka bahan tersebut akan diuji pada balai penelitianlaboratorium pengujian bahan, sedangkan biaya pengujian tersebut dibebankanpada pihak penyedia jasa.Sebelum ada kepastian tentang mutu atau kualitas dari laboratoriumpengujian bahan, maka penyedia jasa tidak diperkenankan untuk melanjutkanpekerjaan menggunakan bahan-bahan tersebut.
1.5 Gambar
 – 
gambar bestek (Detail Konstruksi)
a.
 
Gambar
 –
gambar terdiri dari gambar denah, tampak, potongan, gambar
 –
gambarrencana dan gambar
 –
gambar detail arsitektural dan structural.b.
 
Gambar
 –
gambar yang bersifat prinsip akan diberikan pihak pengguna jasa dangambar yang belum ada dan dianggap perlu harus dibuat pihak penyedia jasa yangdisahkan pengguna jasa. Perubahan gambar (
as build drawing
) yang terjadi harusdikerjakan oleh dan dengan biaya pihak penyedia jasa.
1.6 Penjelasan RKS dan gambar kerja
a.
 
Penyedia jasa wajib meneliti semua gambar dan Rencana kerja dan syarat
 –
syarat(RKS) termasuk tambahan dan perubahannya yang dicantumkan pada berita acarapenjelasan pekerjaan (Aanwizjing).b.
 
Bila gambar tidak sesuai dengan RKS, maka yang mengikat dan berlaku adalah RKS.Bila gambar satu berbeda dengan yang lain, maka gambar dengan skala terbesaryang akan dipakai.
 
 
RENCANA KERJA DAN SYARAT-SYARAT
3
c.
 
Bila perbedaan
 –
perbedaan itu menimbulkan keragu-raguan sehingga dalampelaksanaan menimbulkan kesalahan, penyedia jasa wajib menanyakan kepadapengawas lapangan dan penyedia jasa wajib mengikuti keputusan tersebut.
1.7 Jadwal Pelaksanaan
a.
 
Sebelum memulai pekerjaan di lapangan, penyedia jasa wajib membuat rencanakerja pelaksanaan dan bagian
 –
bagian pekerjaan berupa Bar Chart dan Curve Smengenai pengelolaan tenaga kerja dan bahan.b.
 
Rencana kerja tersebut harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari PengawasLapangan, paling lambat dalam waktu 21 (dua puluh satu) hari kalender setelahSurat Perintah Kerja (SPK) diterima penyedia jasa. Rencana kerja yang telahdisetujui oleh Direksi Teknis, akan disahkan oleh pihak pengguna jasa.c.
 
Penyedia jasa harus menyerahkan salinan Rencana Kerja yang telah disahkansebanyak 4 (empat) rangkap kepada pengguna jasa, satu rangkap salinan tersebutseyogyanya ditempel pada dinding atau papan informasi pada direksi keet danselalu diikuti dengan grafik proyek kemajuan pekerjaan lapangan (Prestasi kerja).d.
 
Direksi teknis akan selalu memantau dan menilai kinerja penyedia jasa berdasarkanrencana kerja tersebut.
1.8 Kuasa Penyedia Jasa di lapangan
a.
 
Penyedia jasa wajib menunjuk seorang kuasa penyedia jasa (Pelaksana) lapanganyang cakap guna memimpin pelaksanaan pekerjaan di lapangan dengan kuasapenuh dari penyedia jasa, kualifikasi strata pendidikan minimal sarjana muda/ D3Teknik sipil dengan pengalaman 3 (tiga) tahun atau STM bangunan denganpengalaman kerja minimum 7 (Tujuh) tahun.b.
 
Penyedia jasa wajib menyerahkan daftar nama personil di lapangan dan harusmendapat persetujuan pihak pengguna jasa dan direksi teknis.c.
 
Bila ternyata di kemudian hari, berdasarkan penilaian pengguna jasa dan pengawaslapangan, pelaksana tersebut dianggap kurang mampu dalam memimpinpelaksanaan pekerjaan, akan dilaporkan secara tertulis pada pihak penyedia jasadan wajib mengganti dengan pelaksana lain atau penanggung jawab atau direkturperusahaan yang lebih mampu, cakap dan handal selambat-lambatnya 7 (tujuh) harisetelah dikeluarkannnya surat pemberitahuan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->