Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Organisasi Dan Uraian Tugas Pada Suatu Proyek

Struktur Organisasi Dan Uraian Tugas Pada Suatu Proyek

Ratings: (0)|Views: 2,191 |Likes:
Published by Faisal Hamdi
Struktur Organisasi dan Uraian Tugas pada suatu Proyek
Struktur Organisasi dan Uraian Tugas pada suatu Proyek

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Faisal Hamdi on Feb 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
Struktur Organisasi dan Uraian Tugas pada suatu ProyekDalam jurusan teknik sipil, tentu kita akan mempelajari struktur organisasi danuraian tugas pada suatu proyek. Hal ini berguna agar mengetahui hak dankewajiban serta batasan dari setiap jabatan.Struktur Organisasi dan Uraian TugasStrukur organisasi adalah bagian dari manajemen atau pengolaan proyek dengancara tertentu untuk mendapatkan tujuan tertentu. Secara garis besar pihak-pihakyang terlibat dalam suatu proyek yaitu sebagai berikutUnit Organisasi Pemilik Proyek / Employer1 1. Pemilik ProyekPemilik proyek adalah pihak yang menginginkan suatu fasilitas proyek, sekaligusyang menangung pembiayaan proyek yang akan didirikan.Pemimpin Proyek adalah orang yang diangkat untuk memimpin pelaksanaankegiatan proyek, mempunyai hak, wewenang, fungsi serta bertanggung jawabpenuh terhadap proyek yang dipimpinnya dalam mencapai target yang telahditetapkan. Tugas Pimpinan Proyek (pimpro) :a. Mengambil keputusan terakhir yang berhubungan denganpembangunan proyek.b. Menandatangani Surat Perintah Keja (SPK) dan surat perjanjian (kontrak)antara pimpro dengan kontraktor.c. Mengesahkan semua dokumen pembayaran kepada kontraktor.d. Menyetujui atau menolak pekerjaan tambah kurang.e. Menyetujui atau menolak penyerahan pekerjaan.f. Memberikan semua instruksi kepada konsultan pengawas.2 2. Bendahara.Bendahara adalah orang yang bertanggung jawab kepada Pemimpin Proyek ataspengaturan penbiayaan sesuai dengan peraturan yang berlaku pada pelaksanaankeuangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Tugas dan kewajiban Bendahara yaitu :
 
a. Mematuhi peraturan-peraturan serta ketentuan-ketentuan yang berlakubagi pelaksanaan keuangan Daerah dan Negara.b. Membuat buku kas umum beserta buku penunjangnya.c. Mengadakan data yang bersifat kearsipan yang menyangkut denganpembukuan.d. Bertangung jawab atas uang kas proyek yang diamanatkan oleh PemimpinProyek.e. Menyelenggarakan pengurusan keuangan baik bersifat penerimaan,penyimpanan dan pengeluaran serta bertanggung jawab sepenuhnya ataspengolahan keuangan proyek.f. Membuat Surat Pertanggungjawaban Pelaksanaan AnggaranPembangunan (SPJP).3. Kepala Urusan Tata Usaha.Tugas kepala urusan tata usaha yaitu:a. Menginventaris semua barang-barang milik proyek.b. Membuat pembukuan arsip-arsip selama pelaksanaan proyek.c. Memelihara peralatan administrasi dan bangunan kantor.d. Mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan administrasi dan alat-alatkantor untuk menunjang kelancaran proyek tersebut.4. Kepala Urusan TeknikTugas kepala urusan teknik yaitu :a. Membantu pelaksana kegiatan dalam mengendalikan proyek sejak awalkegiatan sampai pelaksanaan kegiatan.b. Membantu mengevaluasi pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakansehingga sesuai dengan yang direncanakan.c. Memberikan saran-saran teknis kepada pelaksanaan kegiatan.d. Mengambil keputusan yang berhubungan dengan proyek atas persetujuanpelaksana kegiatan.e. Mengumpulkan, meneliti dan mengelola data yang berhubungan denganpelaksanaan proyek.5. Pengawas Lapangan.
 
Pengawas lapangan adalah orang yang melakukan pengawasan terhadappelaksanaan pekerjaan apakah sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati agardapat memberikan laporan kepada Pimpinan Proyek mengenai kualitas materialdan peralatan yang digunakan sesuai dengan rencana atau belum.Tugas dan tanggung jawab pengawas lapangan yaitu :a. Melaksanakan pengawasan pekerjaan di lapangan, sehingga tetapterlaksana dengan baik sesuai dengan rencana kerja.b. Menampung segala persoalan di lapangan dan menyampaikannya kepadapemimpin proyek.c. Membantu survey dan mengumpulkan data di lapangan.d. Menjaga hubungan baik dengan instasi serta masyarakat setempat yangberhubungan dengan pekerjaan.e. Meneliti laporan bulanan yang diserahkan oleh kontaktor.6. Pelaksana Kegiatan.Tugas pelaksana kegiatan yaitu :a. Mengendalikan proyek sejak awal kegiatan sampai selesai pelaksanaan.b. Memberikan semua instruksi kepada konsultan pengawas.c. Menyetujui atau menolak pekerjaan tambah kurangd. Menyetujui atau menolak penyerahan pekerjaan7. Pemegang Kas.Tugas pemegang kas yaitu :a. Meyelenggarakan data-data kearsipan yang berhubungan dengan bukti-bukti pembukuan keuangan selama pelaksanaan proyek.b. Bertanggung jawab atas pengelolaan admisinistrasi keuangan proyek.c. Melaksanakan pembayaran atas persetujuan pelaksana kegiatan sertamenyiapkan surat permintaan pembayaran (SPP).d. Menyelenggarakan buku kas umum dengan buku-buku pembantunya.8. Pelaksana Administrasi Keuangan.Tugas pelaksana adminstrasi keuangan yaitu :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->