Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 5 Pasar Dan Institusi Keuangan

Bab 5 Pasar Dan Institusi Keuangan

Ratings: (0)|Views: 210 |Likes:
manajemen keuangan
manajemen keuangan

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Laura Monica Agnesia Pasaribu on Feb 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

 
Bab 5 PASAR DAN INSTITUSIKEUANGAN
Lingkungan keuangan yang kompleks harus di pahami agar para manajer keuangan dan investor karena disitulah mereka berkecimpung. Banyak berbagai skandal , perubahan dan berbagai peristiwa seputar pasar dan institusi keuangan yang terjadi . Hal ini menuntut para manajer keuangan dan investor harus paham benar tentang ruang lingkup dan mekanismenya.
5.1 Tinjauan Atas Proses Alokasi Modal
Setiap masyarakat pasti memiliki kuantitas dan kebutuhan berbeda-beda terhadap modal .Ada yang modal berlebih tetapi tidak tau cara menginvestasi kan , ada juga yang punya banyak tujuan investasi tetapi tidak mempunya modal yang cukup. Maka orang yangmempunyai dana berlebih bisa meminjamkan dana tersebut terhadap yang membutuhkan, dan mendapatkan timbal balik berupa pembagian laba, persentase bunga , deviden , dlltergantung dengan mekanisme yang diapakai
 
Ada 3 mekanisme yaitu :1.
 
Perpindahan langsung uang dan efek 2.
 
Perbankan Investasi3.
 
Perantara KeuanganPara pembuat kebijakan sangant mendukung globalisasi pasar keuangan untuk memperluas range peminjaman dan pengkreditan modal , yang diharapkan akanmeningkatkan potensi perekonomian tersebut.
5.2 PASAR- PASAR KEUANGAN
Jenis-jenis Pasar
1.
 
Pasar aset fisik Vs Pasar Aset keuangan. ( Berdasarkan wujud)Contoh : Penjualan Komoditi dan Obligasi2.
 
Pasar Tunai Vs Pasar Berjangka ( Berdasarkan waktu pembayaran yang biasanyakomoditi )Contoh : Pembelian Tunai dan Pembelian dengan sistem ijon pada petani.3.
 
Pasar Uang Vs Pasar Modal ( Berdasarkan lama jatuh tempo pembayaran utang )Contoh : Pasar uang dan Bursa Saham4.
 
Pasar Primer Vs Pasar Sekunder ( Berdasarkan pihak keberapa yang menerimasaham)
 
Contoh : Perusahaan menjual saham ke bursa efek dan Bursa efek menjual keInvestor 5.
 
Pasar Privat VS Pasar Publik (Berdasarkan Sistem pasar )Contoh : Asuransi dan ObligasiPasar uang sangat penting untuk investasi yang sehat kerena perekonomian yang sehat bergantung pasa efesiensi perpindahan dana dari orang yang merupakan penabung bersihkepada instansi atau individu yang memerlukan dana. Tanpa Perpindahan yang efesien , perekonomian tidak berfungsi.
Tren Terbaru
Seiring dengan perkembangan Globalisasi IT , pasar keuangan juga mendapat imbasuntuk terus melakukan deregulasi untuk mengefisienkan kinerja dan memenjalinketerikatan internasional sejalan dengan kenajuan dan peningkatan range antara peminjam dan pemodal.Ada beberapa trend yang terjadi , tetapi yang paling penting adalah meningkatnya penggunaan derivative. Derivatif adalah efek yang nilainya
diturunkan
(
derived 
) dariharga asset lain yang mendasari
5.3
 
INSTITUSI KEUANGAN
Berbagai jenis institusi keuangan sebagai berikut1.
 
Investasi Perbankan
, memberikan layana kepada entitas yang inginmemperoleh modal. Organisasi ini membantu perusahaan untuk merancang ,membeli dan menjual efek dari perusahaan kepada penabung. Tetapi disini efek yang dijual kembali tetap transaksi pasar primer , karena banker investasi hanya bertindak sebagai fasilisator 2.
 
Perbankan Komersial
, merupakan
“ departemen keuangan tradision
al 
karenamasi melayani beragam penabung dan peminjam. Tetapi beriring dengan waktu , bank komersial mulai memberikan rentang layanan yang semakin luas seperti ,layanan pialang saham dan asuransi.3.
 
Perusahaan Jasa Keuangan
merupakan konglomerasi besar yang menggabungkanbeberapa institusi keuangan dalam suatu perusahaan
 4.
 
Reksa Dana (mutual fund)
merupakan perusahaan yang menerima uang dari penabung dan menggunakannya untuk membeli saham , obligasi jangka panjang ,atau instrument utang jangka pendek yang diterbitkan oleh kalangan usaha atauunit pemerintah.
 
Institusi Keuangan sangnat diregulasi untuk memastikan keamaan institusi tersebut ,dan juga melindungi investor.
5.4
 
BURSA SAHAM
Tujuan utama dari para manajer keuangan adalah memaksimalkan harga perusahaanmereka di pasar sekunder, dan yang paling aktif dan penting untuk di pantau adalah bursa saham.Ada 2 jenis bursa saham , yaitu (1)
bursa dengan lokasi fisik 
, (2)
 pasar berbasis diler elektronik 
Bursa Saham dengan Lokasi Fisik 
Bursa dengan lokasi fisik (
 physical location exchanges
) memiliki wujud fisik seperti bangunan , anggota dan badan pengawas yang dipilih sendiri yang melakukan efek 
yang ditunjuk („‟terdaftar”). Anggota bursa dengan perintah jual menawarkan saham
yang dijual , dan saham tersebut akan ditawar oleh anggota dengan perintah beli. Jadi, bursa akan beroperasi sebagai suatu pasar lelang.
Pasar Luar Bursa dan Bursa Saham Nasdaq
Saham yang dijual dengan lokasi fisik , dalam jumlah yang lebih besar lagidiperdagangkan di luar bursa oleh sekumpulan besar pialang dandiler yang terhubungsecara online yang melakukan perdagangan efek tidak terdaftar.Pasar seperti ini sering disebut dealer market. Suatu dealer market meliputi seluruhfasilitas yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi efek , tetapi pasar tersebut tidak ada lokasi fisik.Setiap diler mengumumkan harga saham yang mereka perdagangkan. Selisih dariharga jual dan beli yang menjadi profit( margin) bagi diler disebut Spread permintaan-penawaran.Risiko diler akan meningkat jika saham lebit tidak stabil , atau jika jarangdiperdagangkan. Biasanya diler akan mengharapkan spead yang lebih besar untuk saham jenis ini , untuk menutup kerugian yang mungkin terjadi.5.5
 
PASAR UNTUK SAHAM BIASABeberapa perusahaan memiliki ukuranyang begitu kecil sehingga saham yangdiperdagankan tidak begitu aktif bahkan dimiliki sendiri oleh para manajer disebut
perusahaan tertutup
(closely held corporation)
.
Sebaliknya perusahaan besar yangmemiliki saham yang dijual ke masyarakat luas dan mayoritas bukan manajer  perusahan tersebut siebut
perusahaan terbuka
(publicly owned corporation)
Jenis Transaksi Bursa Saham
Ada 3 kelompok katagori :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->