Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RAHASIA FEROMON

RAHASIA FEROMON

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by Sarana Hidayah

More info:

Published by: Sarana Hidayah on Feb 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/05/2014

pdf

text

original

 
RAHASIA FEROMON
90% wanita mengaku suka pada pria yang wangi, dan 90% pria juga tahu bahwa wanitasuka, tapi lucunya, wanita tidak tahu wangi seperti apa yang membuat mereka tertarik,dan pria juga tidak tahu wangi seperti apa yang menarik bagi wanita.Sehingga membuat para pria berlomba-lomba membeli parfum pewangi mulai yang buatan amerika, india, cina, Malaysia, Indonesia sampai parfum buatan paris.Memang banyak parfum pewangi yang membuat orang lain mendekat, dan ada juga yangmembuat orang lain menjauh, bahkan ada beberapa parfum yang membuat LALATmendekat.Sebenarnya wangi bagaimana yang dicium hidung wanita, sehingga membuat merekalupa diri ?Saya jelaskan di bawah ini dengan bahasa psikologi, jika anda ragu baca dua kali ataulebih…
Feromon pada manusia
Feromon padamanusiamerupakansinyal kimia yang berada di udara yang tidak bisa dideteksi melalui bau-bauan tapi hanya bisa dirasakan olehVMOdi dalam hidung/indra  pencium. Sinyal ini dihasilkan oleh jaringankulitkhusus yang terkonsentrasi di dalamlengan. Sinyal feromon ini diterima oleh VMO dan dijangkau oleh bagianotak bernama hipotalamus. Di sinilah terjadi perubahan hormon yang menghasilkan respons perilaku  dan fisiologis. Feromon adalah senyawa kimia social yang dilepaskan ke udara dari kulit dan kelenjer keringat tubuh manusaia, feromon bisa mengubah persebsi otak dan emosi sertamemengaruhi hasrat, misalnya hasrat akan seks.Hidung dan sikuit-sikuit otak wanita terutama peka tepat sebelum ovulasi, bukan hanyaterhadap bau-bau yang biasa, melainkan juga terhdap efek feromon pria yang sulitterdeteksi.Jumlah yang dikeluarkan dalam satu perseratus bagian dari seratus keringat manusiasudah cukup untuk menimbulkan efek yang kuat, pantas saja industry parfum bersusah payah mencoba menambahkan bahan ini pada parfum dan losion cukur.Akan tetapi, industry pewangi tidak mengetahui bahwa efek ini bergantung pada hari dan bahkan jam siklus haid, bila para wanita praovulusi, umpamanya, yang sedang berada pada puncak kesuburan bulanan terbawa ke feromon dari kelenjer keringat pria, makasuasana hati mereka menjadi lebih cerah.
 
Feromon pada siklus haid
Pada tahun1998,McClintock   bersama rekannyaKathleen Sternmempublikasikan kembali hasil penelitiannya di jurnal Nature. Kali ini mereka menyatakan ada dua jenisferomon yang secara spesifik berpengaruh pada kesamaansiklus haid.Siklus menstruasiterdiri atas tiga fase, yaknimenses,  pra-ovulasi,dan luteal alias pasca ovulasi. Salah satu dari feromon dihasilkan oleh perempuan pada fase pra-ovulasi darisiklusnya dan mempercepatovulasidi fase berikut.Feromon lain dipancarkan pada saat ovulasi berlangsung. Sinyal ini memiliki efek memperlambat siklus. Hasil akhirnya adalah berupa siklus sejumlah perempuan yangtinggal saling berdekatan.
Jatuh cinta: dari hidung turun ke hati
Fenomena feromon sebagai bentuk komunikasi ini lama-lama mulai dicoba diterapkandalam kehidupan manusia sehari-hari. Terutama sejak ditemukan bahwa feromon jugadihasilkankelenjar dalam tubuh manusia. Dan yang penting, bisa memengaruhi hormon-hormon dalam tubuh (terutamaotak ) manusia lainnya. Contoh paling mudah adalah " bau  badan".Lepas dari jenis bau badan menyengat hingga bikin orang lain menjauh, setiap manusia punya bau yang khas dan menjadi ciri dirinya. Oleh para ahli dianalogikan bahwa bau badan itu sepertisidik jari. Jadi, kita masing-masing punya bau yang unik dan sangat berbeda dengan manusia lainnya. Dengan demikian feromon yang dihasilkan manusia, dimasa depan bisa jadi salah satu identitas diri.Feromon pada manusia ternyata juga berfungsi sebagai daya tarik seksual. Paraahli kimiadariHuddinge University HospitaldiSwediamalah mengklaim bahwa feromon  juga punya andil dalam menghasilkan perasaan suka, naksir,cinta, bahkan gairah seksualseorangmanusia  pada manusia lainnya. Ini mereka buktikan saat melakukan penelitian terhadap reaksiotak 12 pasang pria-wanita sehabis mencium bausenyawa sintetik mirip feromon. Bebauan tersebut langsung bereaksi terhadaphormon estrogen (pada wanita) danhormon testoteron(pria). Jadi, ketertarikan manusia pada manusia lain, baik itu berupa hubungan cinta,gairah seksual,maupun dalam memilihteman, juga didasari pada bau feromon yang dihasilkan manusia.Focus mental merekapun menjadi lebih tajam dalam enam menit, feromon yang dibawaudara ini mencegah wanita mengalami suasana hati yang buruk selama berjam-jamsesudahnya.
 
Dimulai saat pubertas, hanya otak wanitalah yang mampu mendeteksi feromon, mereka peka terhadap senyawa ini hanya selama waktu-waktu tertentu setiap bulannya, mungkin,feromon ini berpengaruh pada emosi wanita saat puncak reproduksi bulanan untuk membuka jalan menuju interaksi social dan reproduksi.Mungkin ini penyebab ketika wanita curah ada sesuatu dalam tubuh lelaki kenalannnyayang memesonanya, padahal itu baru pertemuan pertamanya.Tidak saja indra penciuman wanita lebih baik daripada pria secara umum, namunkemampuan tersebut menjadi lebih peka pada masa ovalusi dalam siklus bluanananya.Hidung wanita dapat mengenali aroma feromon dan semacam aroma musk yang adahubungannya dengan pria.Padahal aroma-aroma tersebut sulit sekali dikenali, otak wanita mampu mengenalisystem kekebalan pria yang lebih tinggi dari system kekebalan wanita.Jika hal itu bisa dianggap sebagai penyeimbang, hal itulah yang mungkin membuatwanita menilai seorang pria menarik atau mempunyai daya tarik karena aromanya.Para peneliti otak telah menemukan bahwa, otak seorang wanita dapat menganalisa perbedaan system kekebalan ini dalam 3 detik sejak awal sebuah pertemuan. Dan hasil penelitian lainnya adalah, sejumlah minyak dan ramuan yang sekarang sedang dipasarkan bagi pria, minyak tersebut tentu saja mengandung rahasia daya tarik feromon yang dapatmembuat wanita tergila-gila.
Senyawa kimia tubuh lainnya yang berperan
Seperti yang tertulis dimajalah  National Geographic Indonesia, edisi Februari 2006, hasil  penelitianHelen Fisher dan kawan-kawan, ketika seseorang memandangkekasihhatinya, dopaminakan merangsang bagian ventral tegmental dan caudate nucleusdiotak   menyala. Dalam dosis yang tepat, dopamin menciptakan kekuatan, kegembiraan, perhatian yang terpusat, serta dorongan yang kuat untuk memberikan imbalan. Itulahsebabnya jatuh cintadapat membuat makantak enak,tidur tak nyenyak. Para peneliti lainnya menunjukkan bahwagangguan kimiawi tubuhmemang terbuktiketika seseorang jatuh cinta. Misalnya didapatkan bahwa kadar serotoninorang yang ter obsesidankekasihnya40 persen lebih rendah dari kadar serotonin orang normal. Bau feromon juga mengaktifkan hormone oksitosin dalam otak.Oksitosin adalah adalahhormone penerima sentuhan dan kepercayaan di otak, hanya wanita yang memilikihormone ini, ketika homon ini di aktifkan seorang pria pada wanita, wanita tersebut akanmempercayai dan suka menyentuh – nyentuh pria tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->