Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
483Activity
P. 1
Fisika Kelas Xi Bab 2 Hukum Newton Tentang Gerak Dan Gravitasi

Fisika Kelas Xi Bab 2 Hukum Newton Tentang Gerak Dan Gravitasi

Ratings:

4.82

(55)
|Views: 38,967 |Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Materi hukum Newton tentang gerak dan gravitasi merupakan dua hal pemikiran fenomental dari Isaac Newton yang sebenarnya diungkapkan dalam dua kurun waktu berbeda. Para siswa diharap dapat memahami dengan baik pemikiran Newton tentang mekanika dan tentang gravitasi. Pak Pris dengan senang hati membantu peningkatan kemampuan akademis siswa siswi Indonesia.
Materi hukum Newton tentang gerak dan gravitasi merupakan dua hal pemikiran fenomental dari Isaac Newton yang sebenarnya diungkapkan dalam dua kurun waktu berbeda. Para siswa diharap dapat memahami dengan baik pemikiran Newton tentang mekanika dan tentang gravitasi. Pak Pris dengan senang hati membantu peningkatan kemampuan akademis siswa siswi Indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Feb 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2014

pdf

text

original

 
FISIKA KELAS XI  Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB 2HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN GRAVITASI
 
Sekelompok penerjun paying terdiri dari delapan orang sedangmelakukan terjun bebas sambil membentuk formasi. Diketinggian di atas lima ribu kilometer laju jatuh mereka masihlambat karena percepatan gravitasi masih kecil. Sesudah itusemakin lama semagin cepat gerak mereka sehingga susahmempertahankan formasi terjun bebas dan harus segera menarik tali pengikat payung. Mengapa demikian? Menurut Newton percepatan sebanding dengan gaya sedangkan gaya berbandingterbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda. Bagaimanadengan percepatan pada gerak di permukaan bumi? Apakahsebanding dengan gaya? Gaya apakah itu? Pada bab ini akandikaji hukum-hukum Newton tentang gerak termasuk hukumtentang gravitasi.
1
 
BAB 2HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN GRAVITASI
2
 
Sistem gravitasi pada planet Jupiter, planet terbesar difoto bersama empat satelitnyan antara lain Io (kiri atas), Ganymede satPesawat-pesawat tempur terbang bergerak di angkasa tidak mengalami gesekan karena tidak bersentuhan dengan benda lain.
 
       I     n       d       i       k     a      t     o     r
   M  e  n  e  r  a  p   k  a  n   h  u   k  u  m  g  r  a  v   i   t  a  s   i   N  e  w   t  o  n  p  a   d  a   i  n   t  e  r  a   k  s   i   b  e  n   d  a  -   b  e  n   d  a .   M  e  n  e  r  a  p   k  a  n   h  u   k  u  m  -   h  u   k  u  m   N  e  w   t  o  n   t  e  n   t  a  n  g  g  e  r  a   k  p  a   d  a  s   i  s   t  e  m   b  e  n   d  a .   M  e  n  e  r  a  p   k  a  n  g  a  y  a  g  e  s  e   k  p  a   d  a   b  e  r   b  a  g  a   i  m  a  c  a  m  s   i  s   t  e  m 
A. Hukum Gravitasi Newton
Jika malam telah tiba, perhatikanlah bulan di langit!Apakah bulan dalam keadaan diam saja? Apakah bulan jatuh ke bumi? Mengapa?Perhatikan pula situasi sebuah pohon di sekitarmu ?Apakah ada daun pada pohon yang jatuh di bawah pohon ?Mengapa daun yang massanya ringan dapat jatuh ke permukaan bumi, sedang bulan yang massanya jauh lebih besar dibandingkan selembar daun tidak jatuh ke bumi ?
1.Gaya Gravitasi
Permasalahan di atas telah dikaji oleh Sir Isaac Newton pada abad 16 masehi. Newtonmengemukakan, bahwa ternyata ada suatu ”gaya pada suatu jarak” yang memungkinkan dua bendaatau lebih untuk berinteraksi. Istilah tersebut olehMichael Faraday, pada abad 18 diubah menjadiistilah ”medan”. Adapun pengertian medan adalahtempat di sekitar suatu besaran fisis yang masihdipengaruhi oleh besaran tersebut dalam suatu entitastertentu. Sebagai contoh, gaya gravitasi akan bekerja pada massa suatu benda yang masih berada dalammedan gravitasi suatu benda atau planet. Jika medan gravitasi sudah dapat diabaikan,maka sebuah massa yang berada di sekitar besaran benda tersebut tidak dapatdipengaruhi. Dengan demikian, dapatlah kamu pahami, mengapa daun yang massanyalebih kecil dibanding bulan yang massanya jauh lebih besar dapat ditarik bumi.Dalam penelitiannya, Newton menyimpulkan, bahwa gaya gravitasi ataugaya tarik-menarik dapat berlaku secara universal dan sebanding oleh massa masing-3
Bulan dilihat dari BumiSir Isaac Newton (1642
1727)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->