Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Puisi Menurut Ahli

Pengertian Puisi Menurut Ahli

Ratings: (0)|Views: 506 |Likes:
Published by De Doal Doel
Pengertian Puisi Menurut Ahli
Pengertian Puisi Menurut Ahli

More info:

Published by: De Doal Doel on Feb 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2014

pdf

text

original

 
Definisi:Pengertian Puisi Menurut Ahli:A. Pengertian Puisi Menurut SUMARDI.Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif).B. Pengertian Puisi menurut HERMAN J. WALUYO.Puisi adalah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia.C. Pengertian Puisi menurut JAMES REEVES.Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.D. Pengertian Puisi Menurut THOMAS CARLYLE.Puisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikal.Sumber: Dari Berbagai Referensi dan Wikipedia.Unsur-unsur puisi meliputi struktur fisik dan struktur batin puisiStruktur Fisik PuisiStruktur fisik puisi terdiri dari:
Perwajahan puisi (tipografi), yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-haltersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi.
Diksi, yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Karena puisi adalah bentuk karya sastra yang sedikit kata-kata dapat mengungkapkanbanyak hal, maka kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata.
Imaji, yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Imaji dapat dibagi menjaditiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan (visual), dan imaji raba atau sentuh (imaji taktil). Imaji dapat mengakibatkan pembaca seakan-akan melihat, medengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair.
Kata konkret, yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji. Kata-kata ini berhubungan dengan kiasan atau lambang. Misalnya kata kongkret
salju: melambangkan kebekuan cinta, kehampaan hidup, dll., sedangkankata kongkret
rawa-rawa
dapat melambangkan tempat kotor, tempat hidup, bumi, kehidupan, dll.
Gaya bahasa, yaitu penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Bahasa figuratif menyebabkan puisi menjadi prismatis, artinya memancarkan banyak makna atau kaya akan makna. Gaya bahasa disebut juga majas. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars pro toto, totem pro parte, hingga paradoks.
Rima/Irama adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi. Rima mencakup:1.Onomatope (tiruan terhadap bunyi, misal /ng/ yang memberikan efek magispada puisi Sutadji C.B.),2.Bentuk intern pola bunyi (aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi bunyi [kata], dansebagainya3.Pengulangan kata/ungkapan. Ritma merupakan tinggi rendah, panjang pendek, keras lemahnya bunyi. Rima sangat menonjol dalam pembacaan puisi.Struktur Batin PuisiStruktur batin puisi terdiri dari
Tema/makna (sense); media puisi adalah bahasa. Tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna, maka puisi harus bermakna, baik makna tiap kata, baris, bait,maupun makna keseluruhan.
Rasa (feeling), yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair, misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia, pengalaman sosiologis danpsikologis, dan pengetahuan. Kedalaman pengungkapan tema dan ketepatan dalam menyikapi suatu masalah tidak bergantung pada kemampuan penyairmemilih kata-kata, r
 
ima, gaya bahasa, dan bentuk puisi saja, tetapi lebih banyak bergantung pada wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan kepribadian yang terbentuk oleh latar belakang sosiologis dan psikologisnya.
Nada (tone), yaitu sikap penyair terhadap pembacanya. Nada juga berhubungan dengan tema dan rasa. Penyair dapat menyampaikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, menyerahkan masalah begitu saja kepada pembaca, dengan nada sombong, menganggap bodoh dan rendah pembaca, dll.
Amanat/tujuan/maksud (itention); yaitu pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembacaPuisi adalah bentuk karangan yang terikat oleh rima, ritma, ataupun jumlah barisserta ditandai oleh bahasa yang padat. Menurut zamannya, puisi dibedakan atas puisi lama dan puisi baru.Sebuah puisi merupakan ungkapan perasaan atau pikiran penyairnya dalam satu bentuk ciptaan yang utuh dan menyatu. Secara garis besar, sebuah puisi terdiri atas7 unsur, yaitu: tema, suasana, imajinasi, amanat, nada, suasana, dan perasaan. Sedangkan prinsip dasar sebuah puisi adalah berkata sedikit mungkin, tetapi mempunyai arti sebanyak mungkin. Berikut ini adalah pengertian dan definisi puisi: # HERMAN J. WALUYOPuisi adalah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia. # SUMARDIPuisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif) # HERMAN J. WALUYOPuisi adalah genre sastra yang paling banyak menggunakan kata kias Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyairsecara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya # JAMES REEVESPuisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat # THOMAS CARLYLEPuisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikal# PRADOPO, 1995:7Puisi merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan # HERBERT SPENCERPuisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan# DUNTONPuisi adalah pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa serta berirama 9seperti musik)1. Pengertian PuisiPuisi secara umum terdiri dari 6 unsur, yaitu: tema, imajinasi, amanat, nada, suasana, dan perasaan. Secara etimologis, kata puisi dalam bahasa Yunani berasaldari poesis yang artinya berarti penciptaan. Dalam bahasa Inggris, padanan katapuisi ini adalah poetry yang erat dengan
poet dan -poem. Mengenai kata poet, Coul
 
ter (dalam Tarigan, 1986:4) menjelaskan bahwa kata poet berasal dari Yunani yangberarti membuat atau mencipta.2. Pengertian atau definisi Puisi menurut Para Ahli
Pengertian Puisi Menurut SUMARDIPuisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif)
Pengertian Puisi menurut HERMAN J. WALUYOPuisi adalah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia.
Pengertian Puisi menurut JAMES REEVESPuisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat
Pengertian Puisi Menurut THOMAS CARLYLEPuisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikalPengertian puisi sendiri menurut Rahmat Joko Pradopo ialah ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ia mampu membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama. Dalam pengertian puisi yang diungkapkan Pradopo di atas berarti puisi menjadi jembatan antara rasa yang dimiliki penulis dengan dunia luarmelalui kata-kata.Lebih sederhana lagi, pengertian puisi menurut Shelly ialah rekaman detik-detikyang paling indah dalam hidup kita. Sedangkan pengertian puisi menurut Auden ialah bahwa puisi itu lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-campur.Berdasarkan pengertian puisi beberapa tokoh di atas dan ditambah dengan yang Samuel Taylor Coleridge kemukakan bahwa puisi itu adalah kata kata terindah dalam susunan yang indah, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa puisi adalah segala bentuk penuangan ide/gagasan yang didasari perasaan penulis puisi melalui kata-kata indah dengan susunan yang indah, yang tertuang secara bebas dan gamblang, berdasarkan pengalaman, penghayatan, cara pandang dan segala bentuk diluar unsur instrinsik puisi itu sendiri.Di luar konsep pemikiran terikat tentang pengertian-pengertian tersebut, Puisi sebenarnya bisa diartikan sebebasnya, ternyata puisi kini sering kali digunakan sebagai kado hadiah. Puisi dengan kata-kata indah sering kali digunakan kaum remaja untuk merayu lawan jenisnya sehingga orang yang diberi puisi merasa tersanjung dan lebih diperhatikan.Dalam puisi pun sering kali terdapat kata-kata mutiara, kata-kata bijak, bahkankata-kata cinta yang sebenarnya terbentuk secara hampir tidak disengaja. Hampirtidak disengaja dikarenakan setiap penuangan ide seorang penulis, ia masuk dalamwilayah ego individualistis, di mana penulis atau penyair akan menulis, menulis, dan menulis tanpa melihat apa yang ia tulis, ia akan menuangkan segala bentukperasaan dan pandangannya serta merta yang tentunya berdasarkan proses pengedapan yang dalam, lama, dan membumi, penuangan secara langsung tanpa berpikir apakahtulisannya akan menjadi bagus dan disukai oleh banyak orang atau tidak.Terlepas puisi itu memiliki kata-kata mutiara, kata-kata bijak, atau pun kata-kata cinta, pada akhirnya kita akan kembalikan lagi puisi pada asalnya, yaitu puisi sebagai ungkapan jiwa atau perasaan. Karena penulisan puisi yang disengaja mencari-cari kata-kata mutiara, kata-kata bijak, dan kata-kata cinta dalam penulisannya justru sering kali luput dan lepas dari konsep kejujuran sebuah puisi. Ia akan menjadi sebuah puisi namun kehilangan keindahan dari puisi itu dan muncullahkesan memaksakan kata-kata yang menjadi kata-kata mutiara atau kata-kata bijakatau kata-kata cinta itu menjadi hambur dan sia-sia karena tidak memiliki maknayang mumpuni.Puisi pada dasarnya adalah perwakilan dari perasaan penulis yang jujur dan tertuang dalam kata-kata yang penuh keindahan. Dan lagi-lagi ternyata keidahan itu tidak dapat dipaksakan, melainkan lahir dari hati.Dan dari banyaknya pengertian puisi yang telah penulis sampaikan di atas, pada akhirnya keberterimaan itu akan dikembalikan pada setiap individu dalam memahamipuisi. Bisa setuju dengan mereka, menyalin dan mengutipnya dalam benak kita, atau mungkin kita sendiri akan mendapati pengertian puisi lainnya yang menurut kitainilah puisi.Hakikat puisi

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Asna Sri Hartati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->