Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analyse Case_custom Fabrication

Analyse Case_custom Fabrication

Ratings: (0)|Views: 318|Likes:
Published by Wahyu Ningtyas
Operation Management
Operation Management

More info:

Categories:Business/Law
Published by: Wahyu Ningtyas on Feb 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
CCAASSEE::CCUUSSTTOOMMFFAABBIICCAATTOOSS,,IINNCC..
 —  — 
FFOOMMLLEEAANN MMAANNUUFFAACCTTUUIINNGGPPAATTNNEETTOOCCOONNTTAACCTTMMAANNUUFFAACCTTUUEE 
I.
 
LATAR BELAKANG
Kemampuan perusahaan untuk melakukan outsourcing pada proses tertentu atau assettangible lainnya dapat memungkinkan solusi yang lebih efektif efisien untuk biaya, namun, perubahan zaman membuat vendor yang melakukan outsourcing untuk dapat memiliki dampak  besar pada proses internal. Oleh karena itu, perusahaan harus sangat berhati-hati untuk memastikan ketika outsourcing yang tidak menimbulkan kekacauan internal yang berlebih atau biaya tersembunyi yang akan memiliki benefit lebih mahal pada akhirnya.
 
Studi kasus berikut ini adalah contoh yang sangat baik dari upaya perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya dengan mengevaluasi ulang operasi strategi dan proses. Kamimembaca dan menyatakan bahwa "bagi sebuah perusahaan untuk tetap kompetitif, semuakegiatan yang membentuk inti operasi 'harus menopang strategi perusahaan". Ini berarti bahwaorganisasi harus terus menyelidiki perubahan strategi operasi yang akan memungkinkan merekauntuk memanfaatkan dan mengintegrasikan inovasi teknologi baru dan ukuran produktivitas.
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
CFI didirikan oleh Ben Lawson, adalah produsen barang-barang industri yang memasok  bracket berkualitas dan panel untuk lift dan solusi untuk masalah pergudangan. CFI adalah perusahaan non-serikat dengan karyawan setia, dan perputaran karyawan rendah.CFI memulai bisnisnya dengan menyediakan lembaran logam panel lift untuk Lift yangdiproduksi Orleans pada 1980-an. Selama beberapa tahun, CFI telah melakukan bisnis untuk Orleans Elevator di Bloomington. Orleans awalnya mulai melakukan bisnis dengan CustomFabrications, Inc karena just-in-time dan inisiatif atas lean manufacturing dan sejak itu, CFI berhasil membangun hubungan kerja yang kuat dengan Perusahaan Lift Orleans.Orleans meng-outsource-kan pada kontraktor kebutuhan fabrikasi seperti kebutuhan panel listrik dan kabel untuk lift nya pada CFI. Kemudian peran CFI untuk Orleans telah berkembang, CFI tidak hanya menghasilkan panel, tetapi juga menyediakan perakitan seluruh panel, yang meliputi elektronik, perakitan motor lift, dan custom bracket dan beberapa bagianmesin lainnya untuk Orleans. Orleans memberikan CFI data perkiraan lift, yang digunakan olehCFI untuk merakit komponen yang mendukung perkiraan tersebut. Orleans hanya memberimereka jadwal produksi untuk lift yang dikirim bulan depan, dan mereka membuat bagian yangdiperlukan secara otomatis. CFI memproduksi bagian-bagian dan mengirimkannya langsung ke pelanggan tanpa perlu Orleans melihat produk.nya. Dengan OE sebagai pembeli jangka panjang,CFI memperoleh bisnis yang layak dan menguntungkan bagi perusahaan dan pekerjanya. Namun, karena teknologi semakin canggih, OE berpikir outsourcing kepada pemasok laindan outsourcing subassemblies keseluruhan untuk mengurangi biaya dalam persediaan OE
 
sedang melakukan lelang melalui pasar bebas untuk membeli bahan baku dengan biaya terendah.Ancaman terbesar bagi CFI adalah kehilangan klien utama mereka (Orleans Elevators/OE diBloomington) karena OE berniat mencari pemasok Meksiko dengan biaya tenaga kerja yanglebih rendah. Ben tahu bahwa akan sangat sulit untuk mengurangi biaya tenaga kerja, dan tidak akan ada cara yang ia bisa bersaing dengan pasar tenaga kerja Meksiko dalam aspek tersebut
II.
 
PERMASALAHAN
Yang menjadi permasalahan bagi Custom Fabricators, Inc. adalah bagaimana CustomFabricators, Inc. (CFI) dapat mencegah kemungkinan bahwa bisnis mereka akan di ambil aliholeh pemasok dari Meksiko, dan pada saat yang bersamaan untuk memastikan profitabilitas jangka panjang.
III.
 
PEMBAHASAN
Saat ini, CFI memiliki beberapa kekuatan yang membantu mereka membangun keunggulankompetitif. Pertama adalah kedekatan perusahaan ke lokasi pembangunan dan ke pabrik Bedfordyang berfungsi sebagai pemasok karena mampu menjaga biaya transportasi yang minimal. Satulagi adalah keintiman pelanggan. Karena CFI tahu persis apa Orleans perlu dan kapan harusmemberikan itu, ia mampu untuk memenuhi mereka.
 
Hubungan perusahaan Ben dengan OE telah terjalin erat selama bertahun-tahun.OE telah memberikan usaha yang lebih dan lebih untuk CFI semenjak OE memiliki pemasok yang sangat baik dalam
lean manufacture
, yang memasok OE dengan tepat sesuai keinginan OEyang tanpa limbah dan terus menerus melalui perbaikan. Untuk OE, CFI telah menyediakan produk yang disesuaikan (sub assembled elevator parts) dengan biaya lebih rendah danmembantu mengurangi persediaan dan member ruang yang mana masing masing membutuhkan biaya yang ditanggung oleh OE.Kegiatan operasi Custom Fabricator juga telah menjadi kekuatan atau keunggulankompetitif. Kegiatan ini telah mengembangkan sistem lean production yang kuat, terdiri dari produksi dengan just-in-time, kontrol kualitas yang ketat, pengiriman yang berkali kali dan dapatdiandalkan, dan lokasi yang dekat dengan kedua pemasok (Bedford) dan pelanggan.Selain itu, CFI juga memiliki keunggulan dalam hal biaya karena produk mereka memiliki biaya yang rendah karena fakta mengatakan bahwa CFI memiliki bangunan murah,persediaan bahan baku yang terjamin dan karyawan yang loyal. Namun, keunggulan ini terancam tidak relevan dengan pergeseran prioritas dari OE dalam upaya pengurangan biaya, OE yang baru sajamengadopsi metode lelang melalui internet, ke dalam FreeMarkets untuk melakukan outsourcing pada perubahan pembelian yang mengubah fokusnya dari hanya meng-outsource pembeliansubassemblies untuk mem-outsourcing kan nya ke seluruh proses.
 
PERTANYAAN
1.
 
Bagaimana Ben Lawson dari Custom Fabricators,Inc menciptakan nilai bagiOrleans?
Menurut Chase dan Jacob (2011:454),
value adding 
dalam konteks
lean production,
 merupakan aktivitas bagaimana mentransform bahan baku dan informasi menjadi sesuatuyang diinginkan konsumen.CFI telah menciptakan nilai bagi Orleans dengan keberhasilan atas kemitraan yang eratdari kedua perusahaan. Berikut ini nilai lebih yang telah di berikan CFI pada OE:a)
 
CFI mampu menyediakan beberapa komponen dan seluruh assembly untuk Orleansdengan menggunakan perkiraan jadwal. CFI juga mengirimkan komponen dan rakitanlangsung ke tempat kerja. b)
 
CFI telah men-setup proses yang efisien untuk fabrikasi yang perlu diproduksi denganlead time yang sangat sedikit.c)
 
Orleans tidak perlu memverifikasi kualitas motor housing nya dan Ben telahmelakukannya dengan sempurna untuk Orleans.d)
 
CFI membuat
 subassemblie
s bukannya menyediakan bagian-bagian secara individu.e)
 
CFI memiliki karyawan setia yang telah mampu meningkatkan produktivitassebagaimana peningkatan bisnisnya. Karena kepuasan karyawan tinggi reputasi perusahaan untuk menghasilkan produk berkualitas dan tepat waktu telah ditingkatkan.
2.
 
Di masa lalu, apa yang menjadi keunggulan kompetitif Ben Lawson dalam menjagabisnis Orleans?
1.
Cost
.Sebelum transisi Orleans menggunakan sistem manufaktur just-in-time dan leanmanufacturing, CFI dapat memenuhi keinginan Orlean. CFI mampu mempertahankankeunggulan kompetitifnya saat itu karena lokasinya dekat fasilitas Orleans. Denganlokasi yang dekat itu, maka dapat menekan biaya untuk biaya pengiriman.2.
Quality Process
 CFI telah melakukan proses yang efisien untuk fabrikasi yang tepat sesuai kebutuhan pabrik dengan Lead time yang sangat sedikit3.
Delivery speed, delivery reliability, flexibility and New Product Instruction Speed
.CFI memberikan kualitas pengiriman dan layanan yang baik dengan kecepatan,kehandalan dan fleksibilitas dari item yang diproduksi.4.
Coping with Changes in Demand
. CFI memiliki kemampuan sebuah untuk merespon pertambahan atau pengurangan demand. CFI membuat fabrikasi berdasarkan pesanan danmembawanya langsung ke tempat di mana lift sedang dikompilasi. . Hal ini merupakanhal penting untuk berkompetisi. Kemampuan untuk secara efektif berinteraksi dengan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->