Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 0|Likes:
Published by Nurul Hamdani

More info:

Published by: Nurul Hamdani on Feb 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2013

pdf

text

original

 
Dapatkan Uang Harian Gratis klik disini 
BAB IPENDAHULUANA.
 Latar Belakang Masalah
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu bagian dari pembangunan Nasional, perlu diwujudkan guna peningkatan dan kemajuansektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak mendapat sorotandari masyarakat, peserta lulusan kependidikan, para pendidik dan pemerintah.Oleh karena itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan. Sebagai langkahantisipasi, maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses belajar, penggunaan dan pemilihan media belajar secara tepat. Kesemuanyadimaksudkan untuk pencapaian hasil belajar semaksimal mungkin.Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semuaorang dan berlangsung seumur hidup. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar suatu adalah perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkahlaku tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif)
1
 
dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap(apektif).Perubahan tersebut hendaknya terjadi sebagai akibat interaksi denganlingkungannya melalui proses belajar mengajar. Dimana guru berikan satu-satunya sumber belajar, walaupun tugas, peranan dan fungsinya dalam proses belajar menagajar sangatlah penting.Melihat sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar dan peran guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajr mengajar perlu dikembangkan iklim kandusif yang dapatmenumbuhkan sikap dan prilaku belajar secara wajar. Untuk itu pembelajarandengan menggunakan media, khususnya media gambar dapat dijadikan sebagaisalah satu alternatif untuk hal tersebut.
B.
 Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapatdirumuskan masalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang IMakassar.
C.
Tujuan Penelitian
2
 
Berdasar dari rumusan masalah di atas, maka penelitian ini diarahkanuntuk mengungkap apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang IMakassar.
D.
 Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat beberapa manfaat yang diharapkan penulis setelah penelitian dilaksanakan.1.Sebagai bahan informasi tentang pengaruh penggunaan media gambaterhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres BertingkatMamajang I Makassar.2.Sebagai bahan masukan untuk guru; untuk dipertimbangkan dalam pemilihan media sebelum pelaksanaan proses belajar mengajar. Olehkarena hasil penelitian ini merupakan bukti secara ilmiah.3.Hasil penelitian ini sedapat mungkin menjadi alasan rekomendasi untuk menggunakan media gambar dalam proses belajar mengajar.
E.
 Hipotesis
 Untuk pemberian arah yang jelas terhadap kesimpulan yang diperoleh,maka dirumuskan hipotesis yaitu “Ada pengaruh penggunaan media gambar 
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->