Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Level Transmitter & Differential Transmitter.doc

Level Transmitter & Differential Transmitter.doc

Ratings: (0)|Views: 21|Likes:
Published by Nofrialdie
hfjf
hfjf

More info:

Published by: Nofrialdie on Feb 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2013

pdf

text

original

 
(instr)Level Transmitter & Differential Transmitter
Manik 
Rekan Migas,Untuk mengukur Level dari sebuah tanki dengan transmitter, kenapabisa digunakan differential transmitter sebagai pengganti leveltransmitter? Apa perbedaan dari kedua penggunaan alat tersebut, adakah pertimbangan tertentu dalam penggunaan differential transmitter dalam mengukur level tanki, kenapa tidak pakai level transmitter saja?Cara pemasangan di tanki bagaimana antara diff. transmitter dan leveltransmitter, adakah perbedaan?
Wikan Nugrahajaya
Pak Manik,Pengukuran level dengan menggunakan DP transmitter adalahcommon untuk digunakan, bahkan bisa disebut sebagai first choiseuntuk level transmitter, selain lebih murah dari type2 level transmitterseperti displacer, radar wave dll, selain itu untuk instalasi lebih mudah.Prinsip DP Transmitter itu sendiri adalah dari rumus tekanan hydostatik:P = PghUntuk open tank, untuk P yang high diconnectkan ke bagian bawahtanki, sedangkan untuk P yang low, cukup atm saja, hal ini karena :Phigh=Pgh+atm, Plow=atmSehingga untuk mengkompensasi atm, DP = Pgh+atm-atmDidapatkan h.Sedangkan untuk close tank, sama seperti open tank, tetapi untuk Plow diconnectkan ke bagian atas tanki, hal ini untuk mengkompensasitekanan gas dari dalam tanki :sehingga menjadi DP = Pgh+Pgas-Pgas, sehingga didapatkan h.Pada pengukuran level menggunakan DP, kita harus mengetahuiproperti (P atau bisa juga SG) fluida tersebut.
 
Untuk Closed tank ada dua macam instalasi yaitu :1. Dry Leg : dimana untuk P low, transmitter kontak langsung denganfluida, dalam hal ini adalah gas fluida2. Wet Leg : dimana untuk P low, transmitter diberi media fluida yangberbeda seperti (glycol / silicone oil / water-common) untukkompensasi dari kondensasi media fluida yang diukur (memakaidiapragm) atau karena suatu case tertentu (seperti fluida gas yangkorosif)Mungkin untuk basic prinsipnya Pak Manik bisa mengunjungiwww.efunda.com.Ato bapak2 yang lain ada yang menambahkan.Maaf kl ada yang kurang atau salah.
ricky hardian<rickhardy12@ yahoo.com>
Pak Manik,Untuk mengukur level kita bisa menggunakan d/p transmitter. Sayapikir d/p transmitter merupakan instrument yg paling umumdugunakan untuk pengukuran level. Selain harganya lebih murah,instalasinya pun lebih gampang dibandingkan level transmitter jenislain.Level transmitter sendiri banyak macamnya,seperti radar, ultrasonic,radioaktif, D/P, displacer, etc. Jadi d/p transmitter itu sendiri juga bisadigunakan sebagai level transmitter. Yg membedakan masing2 tipelevel transmitter adalah prinsip kerjanya. Untuk d/p hanyamenggunakan prinsip tekanan hidrostatis yg rumusnya bisa kita lihatdibuku2 fisika dasar. Untuk di tangki, d/p transmitter yg digunakan punbermacam2 dengan cara installasi yg berbeda pula.Untuk tangki yg terbuka kita bisa menggunakan flanged d/ptransmitter dengan L side dibiarkan ke ATM. Ini lebih efisien karenakita tidak perlu tubing untuk hook-up. Untuk tangki tertutup, kita bisamenggunakan d/p type level transmitter dengan hook-up tubing.Mungkin rekan2 yg lain bisa mengoreksi ato mungkin menambahkan.
Encep Y. Permana
 
Sekedar menambahkan saja,1. Biasanya untuk menentukan suatu jenis level Instrument kita haruscheck atau melihat suatu design tangki yang sudah di design olehProcess Eng. & Mechanical Eng. (apakah open tank atau closed tanki)dan akan lebih baik kita juga harus mengecek untuk mengetahuiprocess apakah yang ada didalam tangki tersebut teramasuk jenisliquid/ media, press., temp. , SG, tinggi tanki dll.2. Jika tangki tsb. open tank kita bisa select DP Level Transmitterkarena tanki kondisi open/ atmosperic. hanya saja untuk DP level usedFlanged Mounted position low level harus cross check denganvendornya mengenai jarak posisi yang tepat (dari jarak base platetangki hingga DP Tx) untuk install DP Tx, supaya mendapatkan jarakpengukuran yang ideal dan akurat. dan sebaiknya diberikan drainvalve diantara flanged sehingga jika terjadi plugging dalam processbisa kita realease segera oleh oparator/ maintenance, juga diberikanmanual valve di didepan drain valve tersebut, ini untuk antisipasi jikasuatu hari DP Level Tx Rusak dan mau diservice bisa kita tutup valvetsb. lalu dengan mudah kita dapat melepasakan DP Level Tx tersebut.3. Jika tangki tsb. close tank kita bisa select model guided wave radarused probe or horn, capacitance, magnetic level gauge etc.. apalagisaat ini banyak dipasaran Jenis Level Magnetic yang bisa complete oneset clamp on mounted dengan Level Transmitter Magnetostrictivesekaligus level switch tanpa harus banyak connection di posisi tangki(cukup 2 connection low and High, tapi bisa mengcover 5 instrumentsekaligus)4. Mengenai pemasangan untuk radar biasanya Top mounted danuntuk DP Level Tx, Magnetic Level Gauge, Floating type, Displacer typebiasanya disamping tangki.
Gustiyanto
Dear Pak Permana Chepy,Saya hanya pengen lebih dalam di point #3,Memang saat ini banyak fabrikan yang mengeluarkan Level Magneticyang 3 in 1, yaitu sudah terdapat fungsi level transmitter, level switchdan level gauge. Tapi ada satu pertanyaan, yang kadang membuatsaya jadi menyibak suatu misteri. Secara efektif, mungkin memangbisa kita gunakan level magnetic, selain complete item, juga bisa

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->