Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
27Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Bab IV Smp Kelas 7 (Gaya Dan Percepatan

Materi Bab IV Smp Kelas 7 (Gaya Dan Percepatan

Ratings:

4.75

(12)
|Views: 16,288|Likes:
Published by Pristiadi Utomo

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Feb 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See More
See less

11/22/2012

 
BAB IV
Gaya dan Percepatan
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
Pesawat terbang untuk tinggal landas harus mempunyalandasan cukup panjang. Bagaimana dengan pesawat tempur di atas kapal Induk untuk tinggal landas. Pesawat tempuharus mempunyai gaya dorong yang cukup besar dan percepatan yang cukup terbang. Pada bab ini kita akanmempelajari tentang Gaya dan Percepatan benda termasuk  percepatan gravitasi bumi.
51
Setelah belajar Bab Gaya dan Percepatan diharap Anda dapat :
Menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda secara proporsional.Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.Menyelidiki besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar.Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan, dan gaya gesekan yangmerugikan.Mengukur berat dan massa suatu benda.Menemukan percepatan gravitasi dari tabel dan grafik antara berat dan massa.Mengenali gejala Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari.Mengenali gejala Hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari.Mengenali gejala Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari.
 
Gambar 4.2Mobil dapatbergerak karena gayamesinGambar 4.4 Dua batangbermuatan listrik salingberinteraksi dengan gaya listrik Gambar 4.5 Elektronmengelilingi inti atom akibatinteraksi gaya listrik.
A.Menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda secaraproporsional
Pengertian Gaya
Gaya merupakan salah satu konsep fisika yang sangat abstrak. Gaya dapat berupadorongan atau tarikan yang bekerja pada sebuah benda.Sebagai contoh mobil dapat bergerak karena didorong oleh gaya mesin, namun bilamobil mogok dan memerlukan orang yang mendorong mobil mogok itu, dikatakanorang memberikan gaya dorong yang bersumber dari tenaga ototnya.Gaya dapat diartikan juga sebagai interaksi antara sebuah benda denganlingkungannya. Sebagai contoh gaya gravitasi matahari, bulan dan bumi seperti padagambar 4.3. Gaya gravitasi adalah interaksi antara sebuah benda bermassa m dengan benda lain di sekitarnya.Secara umum gaya dapat ditimbulkan oleh listrik, magnet, elektromagnet, otot,gravitasi, gesekan, fluida, pegas, partikel inti atom, dan sebagainya. Sehingga kitamengenal gaya listrik, gaya magnet, gaya elektromagnet, gaya otot, gaya tegangan tali,gaya gesekan, gaya pegas, gaya apung/Archimedes, gaya inti, dan sebagainya.Pada gaya pegas dapat membuat getaran beban yang dipasang di ujungnya apabila beban tersebut di tarik atau diberi simpangan maksimum kemudian dilepas. Gerakan beban yang demikian itu disebut getaran harmonik.Kita mengenal dua bentuk gaya, yaitu gaya tarik dan gaya tolak. Gaya gravitasi antaradua buah benda yang bermassa m dan M hanya akan menghasilkan gaya tarik saja,tidak menghasilkan gaya tolak. Sedangkan gaya listrik/gaya coulomb antara dua benda bermuatan listrik yang terpisah pada jarak tertentu dapat menghasilkan gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak bergantung pada jenis muatan listrik masing-masing benda.Prinsip gaya tarik menarik dipenuhi jika muatanmasing-masing benda tidak sejenis, dan gaya tolak menolak terjadi bila muatan listrik kedua bendasejenis.Interaksi gaya listrik antara dua buah benda masihdapat terjadi manakala benda-benda tersebut masih berada di dalam medan listrik. Di dalam ruang yangmasih wilayah medan listrik tersebut masih terdapatgaris-garis medan listrik, yaitu garis-garis khayal untuk menggambarkan medan listrik.Partikel-partikel di dalam inti atom sepertielektron dan proton juga saling berinteraksi52
 
Gambar 4.1Robot bergerak dengan gayamesin
GayaGravitasi bumi dan bulanGaya tarik  pegasGaya pegasmembuatgetaranGaya listrik dua benda bermuatanlistrik 
Gambar 4.3 berbagai jenis gaya: gaya gravitasi, gaya pegas,dan gaya listrik 
 
Gambar 4.6 Muatansejenis tarik menarik danberlawanan jenis tolak menolak.
 
F
Gambar 4.7. Menggambarkangaya pada suatu benda dengananak panah
dengan gaya listrik. Elektron mengitari inti yang di dalamnya ada proton sambil bergerak dengan kelajuan linier tertentu.Perhatikan gambar 4.6 dimana bola yang bermuatantidak sejenis saling berinteraksi dengan gaya tarik.Pembahasan secara mendalam tentang gaya listrik dan fenomena yang menyertainya biasanya adadalam bahasan listrik statik.Pengertian lain dari gaya adalah bahwa gayamerupakan penyebab timbulnya percepatan atau perlambatan. Besarnya gaya atau beberapa gayayang diberikan pada sebuah kilogram standarddidefinisikan sebagai percepatan denganketentuan bahwa bila gaya yang mempercepat 1m/s
2
sebuah massa kilogramstandard didefinisikan sebesar 1newton (N).Arah percepatanselalu searahdengan arah gaya. Arahtersebut ditunjukkandengan arah anak panah.Sedangkan panjang garis mewakili besar gaya.
UJI KOMPETENSI
1.Sebuah balok berada di atas lantai yang licin. Pada benda tersebut masing-masing bekerja gaya F
1
= 2 N dan F
2
= 3 N. Gambarkan gaya-gaya yang bekerja pada benda jikaa.kedua gaya ke arah kanan. b.F
1
ke kanan dan F
2
ke kiri2.Seorang penerjun payung dapat melayang di udara, karena adanya gaya tahanudara yang bekerja pada parasut penerjun. Gambarkan gaya-gaya yang bekerja pada penerjun payung tersebut.
B. Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segarisbaik yang searah maupun berlawanan
.
Resultan dari Beberapa Gaya
Gaya, demikian pula percepatan adalah besaran vektor, sehingga jika beberapa buah gaya bekerja pada sebuah benda, maka gaya total yang bekerja pada bendaitu merupakan jumlah vektor dari gaya-gaya tersebut yang biasa disebut denganresultan gaya (
atau
F
). Bila gaya- gaya bekerja pada benda mempunyai arahyang sama (berarti masing-masing gaya saling membentuk sudut 37
°
) makaresultan gaya dapat ditentukan dengan menjumlahkan gaya-gaya tersebut secaraaljabar (lihat gambar 4.8). Persamaan resultan yang dimaksud dapat dituliskansebagai berikut.
R = F
1
+ F
2
 =
53
 
F
2
= 10 NF
1
=20 N
 
R = 20 +10 = 30 N
Gambar 4.8.Dua buah gaya searah

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Axan Tjuek liked this
santy_vanftows liked this
Eva Sarjita E E liked this
Princes Merz liked this
Lia Aseptin liked this
agha1307 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->