Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
84Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Smp Kelas 7 Bab Ix (Tata Surya)

Materi Smp Kelas 7 Bab Ix (Tata Surya)

Ratings:

4.67

(24)
|Views: 28,041|Likes:
Published by Pristiadi Utomo

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Feb 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC or read online from Scribd
See More
See less

07/06/2013

pdf

original

 
BAB IXTATA SURYA
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
 Alam semesta atau jagad raya ini sangat luas taterhingga untuk ukuran pemahaman manusia. Di sana-sini terdapat gugusan bintang-bintang yang diseburasi atau galaksi. Telah banyak galaksi ditemukandengan namanya masing-masing. Setiap galaksmempunyai jutaan bahkan milyaran bintang dengan planet-planet yang mengitarnya. Galaksi tempamanusia berdomisili adalah galaksi Bima sakti, yangbertetangga dengan galaksi Magellan dan galaks Andromeda. Galaksi Bima saktipun memiliki milyaranbintang. Salah satu bintang itu adalah Matahari dengan sembilan planet, asteroid, dan komet, sabuk Kuiper yang membentuk satu kesatuan disebut TataSurya.
149
Pembelajaran ini bertujuan agar Anda dapat :
Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingimatahari.Menjelaskan bahwa ada gaya tarik diantara matahari dan bulan yang disebutgravitasi, jarak semakin jauh, semakin kecil gravitasinya.Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya.Mendeskripsikan perbandingan antara planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dsb. menggunakan tabel.Menunjukkan persamaan dan perbedaan perilaku benda langit komet & asteroid.
 
A.
P eredaran Bulan Mengelilingi Bumi dan Bumi MengelilingiMatahari.Bumi Mengelilingi Matahari
Bumi sebagai planet ketiga dalamtata surya beredar mengelilingimatahari dalam orbit elips sepertihalnya planet-planet lain. Peredaran bumi mengelilingi matahari disebutrevolusi. Sedangkan waktu yangdiperlukan untuk satu kali berevolusi disebut periode revolusi.Periode revolusi bumi sebanyak 365,25 hari yang disebut sebagaisatu tahun.
Menurut hukum I Kepplelintasan orbit bumi mengelilingimatahari, seperti halnya pada planet-planet yang lain berbentuk ellips, dengan matahari terletak  pada salah satu titik fokus ellips.Sedangkan bidang edar bumisering disebut dengan bidangekliptika. Selama berevolusi mengelilingi matahari itu jarak bumi ke mataharitidak selalu sama. Jarak terdekat yang dicapai disebut perihelium terjadi setiaptanggal 2 Januari sejauh 147 juta km, dan jarak terjauh yang dicapai disebutaphelium terjadi setiap tanggal 5 Juli berjarak 152 juta km. Bila lintasan orbit bumi dianggap berbentuk lingkaran dan kedua jarak itu dirata-rata diperoleh hasil150 juta km. Jarak inilah yang disebut sebagai 1 Satuan Astronomi (SA), yaituukuran standar jarak bumi ke matahari.
1. 2. 3. 4.5. 6. 7. 8. 9. 10.
1. Merkurius 2. Venus3. Bumi4. Mars.5. Bulan (satelit Bumi)6. Europa (satelit Jupiter)7. Io ( Satelit Jupiter)8. Ganymede(satelit Jupiter)9. Calissto (satelit Jupiter) 10. Titan (satelit Saturnus)
Gambar 9.2 Perbandingan ukuran beberapa planet dan satelit dalam skala sama
Bumi bukan planet yang terbesar dan juga bukan planet yang terkecil. Dengan jari- jari rata-rata 6370 km dan massa 5,98x10
24
kgmenghasilkan kerapatan atau massa jenis 5,5 gr/cm
3
.Kerapatan ini ideal untuk kehidupan manusia, apalagididukung dengan melimpahnya air, atmosfer dan berbagai susunan kimiawi yang menykong kehidupan.Kecepatan rata-rata bumi berevolusi mengelilingimatahari selama kurang lebih 4700 juta tahun umu bumi adalah 29,8 km/s. Artinya setiap 1 detik bumi melesat menempuh jarak 
150
 
Gambar 9.1. Bumi salah satu dari sembilan planetyang mengelilingi Matahari terletak nomer tigaterdekat dari Matahari setelah Merkurius danVenus
Gambar 9.3.Bumi difotodari luar angkasa olehApollo 17 tahun 1972berwarna kebiruan
 
hampir 30 km. Bandingkan dengan kecepatan pesawat tempur tercepat di bumi ini.Kecepatan revolusi bumi jauh lebih besar dibanding kecepatan pesawat palingcanggih di bumi ini.
Gambar 9.4. Bumi dilihat dariBulan, difoto oleh astronotApollo 8 pada saat misimereka mengitari bulantahun 1968
Selama berevolusi ternyata bumi juga berotasi yaitu perputaran bumi pada porosnya. Arahnya berlawanan putaran jarum jam jika dilihat dari ataskutub utara Kecepatan rotasi bumi pada porosnya adalah0,5 km/s. Artinya setiap detik kita tidak merasa bahwa kita dibawa bumi bergerak memutar sejauh 0,5 km.Hal unik yang terjadi adalah bahwa selama berevolusi sumbu rotasi bumi selalu berubah-ubah antara 23,5 LU sampai 23,5 LS.Dengan adanya revolusi bumi menyebabkan beberapa kejadian yang berulangsetiap tahunnya antara lain, pergantian musim, gerak semu tahunan mataharidalam rentang antara 23,5 LU sampai 23,5 LS, terlihatnya rasi bintang, danterjadinya perubahan lamanya siang dan malam, dan terjadinya pergantian tahun.
Bulan Mengelilingi Bumi dan Bersama Bumi mengelilingi Matahari
 
Gambar 9.5. Gambar sebelah kiri menunjukkan wajah bulan yang selalu tampak daribumi, sedangkan gambar kanan adalah sisi wajah belakang bulanbulan yang tidak pernah tampak dari bumi
Bulan sebagai satu-satunya satelit alam milik bumi selalu mengiringi bumimengedari matahari. Dalam perannya sebagai pengiring bulan berevolusimengelilingi bumi dengan lintasan ellips pula. Jarak terdekat bulan selama berevolusi mengelilingi bumi disebut perigea sejauh 356.000 km, dan jarak terjauh bulan selama mengelilingi bumidisebut apogea sejauh 407.000 km.Bulan juga mengadakan rotasi pada porosnya sendiri. Jadi dikatakan bulanmelakukan tiga gerakan sekaligus, belum termasuk gerakan mengelilingi pusat galaksi bimasakti. Hal menarik dari bulan adalah wajah yang tampak dari bumi selamanya seperti itu, tidak  pernah kelihatan sebaliknya, penyebabnya adalah bahwa perioderotasi dan periode revolusi bulan samayaitu 27,5 hari.
151
Gambar 9.6. Bulan diamati dari kota SanFransisco

Activity (84)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Save Hendari liked this
Save Hendari liked this
Lhia Muth liked this
Dewi Julaichah liked this
Hafidh Anas liked this
Mahfud Irfanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->