Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makala Perbandingan Hukum Tata Negara(Indonesia & amerika serikat

Makala Perbandingan Hukum Tata Negara(Indonesia & amerika serikat

Ratings: (0)|Views: 1,967 |Likes:
Published by Daniel Samosir
Perbandingan Hukum Tata Negara
Perbandingan Hukum Tata Negara

More info:

Categories:Business/Law
Published by: Daniel Samosir on Feb 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan mempunyai posisiyang strategis dari segi geografi. Begitu banyaknya potensi yang dimiliki membuat orang berkata bahwa Indonesia adalah surga dunia. Namun yang terjadi adalah bahwa Indonesiasurganya para penguasa sekaligus neraka bagi kaum tertindas.Mencoba membandingkan konsep dasar pemerintahan di Indonesia dengan AmerikaSerikat adalah hal yang sulit dikarenakan keduanya mempunyai latar belakang yang berbedanamun dalam implementasi melalui sekian kali perubahan, membandingkannya adalah halyang mudah. Hal ini dikarenakan saat ini banyak terdapat kemiripan sistem dalam konsepdan implementasi, bahkan ada yang mengatakan bahwa INA mengutip AS.Tampaknya pendapat di atas merupakan suatu bentuk kekecewaan ataukah suatu bentuk motivasi sekaligus menjadi suatu bahan renungan bagi kita semua dan PR bagi para pemikir kita mengenai perlunya menggagas kembali suatu sisem pemerintahan yang bercirikan khas Indonesia, yang benar-benar bersumber dari nilai luhur budaya bangsa, yakniPancasila. Mengawali suatu dinamika di atas menimbulkan suatu pemikiran dan penalaranmengenai perlunya menganalisis lebih jauh mengenai suatu perbandingan pemerintahanantara keduanya dengan berlandaskan teori yang ada, sekalipun teori itu adalah teori barat.Berangkat dari hal di atas, maka penulis menganalisis hal di atas ke dalam suatu makalahdengan judul,”
 Perbandingan Lembaga Eksekutif Indonesia dan Amerika Serikat terhadap Sistem Presidensil 
.
 
Rumusan Masalah
1. Bagaimana Bentuk dan Sistem Pemerintahan Indonesia dan Amerika Serikat?2. Bagaimana perbandingan Sistem Pemerintahan Presidensial antara Indonesia dan USA? 
Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui Sistem pemerintahan Indonesia dan USA2. Untuk mengetahui perbandingan Sistem pemerintahan presidensial antara Indonesia danAmerika Serikat. 
 
BAB IITEORI1.PENGGUNAAN ISTILAH
Suatu istilah kita pergunakan untuk menentukan apa yang hendak kita berikan sebagai pengertian, sehingga dengan demikian penggunaannya akan mempengaruhi pula ruanglingkup persoalan yang hendak kita kupas atau kita selidiki.Terdapat 2 (dua) istilah yang digunakan dalam lingkup ilmu yang sedang kita pelajari ini,yaitu perbandingan hukum dan hukum perbandingan. Penggunaan istilah yang berbeda-bedadi lingkungan dunia ilmu pengetahuan hukum di Indonesia ini, ternyata juga sebagai dampak dari dipergunakannya 2 (dua) macam istilah di Eropa Kontinental, yaitu :a.vergelijkendrecht dan rechtvergelijking (Belanda); b.vergleichendes dan rechtsvergleichung (Jerman);c
.droit compare
dan
la methode compare
(Perancis).Apakah yang dimaksud dengan perbandingan hukum tatanegara atau hukum tatanegara perbandingan? Untuk mengetahuinya, kita harus memulai dengan pertanyaan: “Apakah perbandingan hukum atau hukum perbandingan itu?”Suitens-Bourgois mengatakan bahwa perbandingan hukum bukanlah cabang dari hukum, ia bukan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri seperti misalnya hukum perdata, hukum dagang,hukum tatanegara, hukum internasional, dan sebagainya. Selanjutnya dikatakan bahwa perbandingan hukum adalah satu metode perbandingan yang diterapkan pada ilmu hukum, pada bermacam-macam mata kuliah hukum. Oleh karenanya, perbandingan hukum bukanlahsuatu ilmu pengetahuan, akan tetapi ia hanyalah metode kerja dalam bentuk perbandingan.Hal ini dapat dibuktikan bahwa jika hukum didefinisikan antara lain sebagai seperangkataturan, maka perbandingan hukum atau hukum perbandingan tidak mempunyai perangkataturan-aturan itu. Metode untuk membanding-bandingkan peraturan hukum dari bermacam-macam sistem hukum, tidak membawa akibat terjadinya rumusan peraturan yang berdirisendiri, dengan kata lain tidak ada yang disebut “peraturan hukum perbandingan.” Ciri dasar dari metode perbandingan ini adalah bahwa ia dapat diterapkan terhadap penelitian mengenai bidang hukum tertentu.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->