Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KATAK

KATAK

Ratings: (0)|Views: 62 |Likes:
Published by Rhapsody Andantio
pembelajaran
pembelajaran

More info:

Published by: Rhapsody Andantio on Feb 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
1.
 
Hylarana ErythraeaDeskripsi:
Katak hijau berukuran sedang, dengan lipatan darsolateral yang besar dan jelasdengan warna kuning gading, kadang-kadang dibatasi oleh pinggitan warna hitam. Jari kaki dantangan memiliki piringan pipih yang jelas. Selaput terdapat hampir di seluruh bagian, kecualibagian luar dari jari kaki. Jantan lebih kecil dari betina.
Ukuran:
Jantan 30-45 mm; betina 50-75 mm.
Tekstur kulit:
Licin, dengan lipatan dorsolateral yang jeIas dan menonjol serta lebar, lipatansupratimpanik lemah, permukaan bawah licin.
Warna:
Biasanya berwarna hijau zaitun dengan sepasang daerah dorsolateral kuning dan lebar.Spesimen muda mungkin hijau kekuningan. Garis ini mungkin dikelilingi oleh warna hitam padabeberapa spesimen. Kaki-kaki dengan garis-garis yang tidak beraturan.
Perkembangbiakan:
Telur-telur berpigmen, diletakkan dalam satu kelompok tunggal dalam airyang menggenang.
Habitat:
Biasanya ditemukan dalam genangan seperti danau, telaga, sawah di daratan yangrendah (biasanya kurang dari 250 m), tapi dapat juga sampai ketinggian 1100 m.
Jumlah kromosom:
2N=26, terdiri dari lima pasang yang besar dan delapan pasang yang lebihkecil.
2.
 
Hylarana NicobariensisDeskripsi:
Katak berukuran kecil, perawakan ramping, kaki panjang dan ramping, jari kakisetengahnya berselaput.
Ukuran:
Jantan dewasa 35-45 mm, betina dewasa 45-50 mm.
Tekstur kulit:
Berbintil tetapi halus, tanpa tanda adanyà bintil atau tonjolan, lipatan dorsolateralyang halus.
Warna:
Dorsum dan kaki biasanya coklat muda sampai tua, dengan beberapa gambar yang lebihgelap, khususnya di sekeliling bagian selangkang, kadang-kadang terdapat dua garisparavertebral yang agak kabur sejajar dengan ruas tulang belakang. Sisi-sisinya biasanyaberwarna lebih gelap sampai hitam, memanjang dari antara mata dan hidung sampai keselangkang.
Perkembangbiakan
: Telur dengan hemisfer lebih gelap, dalam gumpalan bergelatin. Formulageligi I: 1+1/II. Deretan terakhir sangat pendek.
 
Habitat:
Biasanya terdapat di perbatasan hutan di daerah yang terganggu, sekeliling air yangmengalir lambat atau yang menggenang. Di Jawa, lebih terbatas di dataran tinggi sampai 1500m, dan tidak terdapat di dekat permukaan laut.
Jumlah kromosom:
2N=26, terdiri dari lima pasang besar dan delapan pasang yang Iebih kecil.
3.
 
Hylarana PicturataDeskripsi:
Katak berukuran kecil sampai sedang, kepala segitiga sama dengan badan,tympanumsangat jelas, lebih dari separuh kaki belakang berselaput.
Ukuran:
Jantan dewasa 33-47 mm danbetina 49-68 mm.
Tekstur kulit:
Tekstur kulit halus, dengan permukaan tubuh bagian atas dan anggota gerak berwarna hitam dengan bercak-bercak berwarna kuning terang.
Warna:
Katak ini warna kulitnya menyerupai motif kulit macan, belang oranye dengankombinasi hitam dan ada juga yang mirip motif kulit macan tutul. Warna lainnya adalah coklattua atau kehitaman dengan bintik-bintik putih atau oranye. Garis tipis berwarna oranyememanjang dari sisi mulutnya ke belakang tubuh. Tulang punggungnya tidak kelihatan. Keempatkakinya juga bergaris oranye. Perut katak ini berwarna abu-abu terang sampai coklat tua denganbercak kuning kecil.
Perkembangbiakan:
Reproduksi katak ini melalui proses perkawinan kemudian bertelurmenjadi berudu atau kecebong berwarna hitam dengan penampilan berkilau kebiruan.
Habitat:
Habitat katak macan adalah di rawa-rawa terutama di air yang tenang atau mengalirpelan yang terdapat banyak tumpukan daun. Berkembang biaknya sama seperti katak lainnyayaitu bertelur kemudian menetas menjadi berudu lalu melakukan metamorforse untuk menjadikatak dewasa.
4.
 
Odorana HosiiDeskripsi:
Katak ramping berukuran sedang sampai sangat besar, kaki belakang panjang danramping, jari kaki dan tangan dengan piringan datar yang jelas, jari kaki yang berselaput sampaike dasarnya. Kulit dengan kelenjar racun yang mennberikan bau busuk.
Ukuran:
Jantan dewasa 45-65 mm, betina dewasa 85-100 mm.
 
Tekstur kulit:
Berbintil-bintil halus tanpa ada bintil-bintil yang menonjol, Lipatan dorsolaterallemah tetapi jelas, jari kaki berselaput tinggi sampai piringan jari, jari kaki dan tangan denganujung yang melebar dan jelas. Tidak terdapat lipatan supratimpanik.
Warna:
Berwarna seragam hijau zaitun gelap sampai hijau kecoklatan. Sisi biasanya lebih gelaphingga hitam, memanjang dari antara mata dan hidung sampai ke selangkang. Anggota tubuhmempunyai garis-garis silang yang jelas. Beberapa spesimen berwarna agak keabu-abuandaripada hijau. Spesimen yang kebiru-biruan pernah terlihat. Spesimen Jawa biasanya berwarnaseragam dan bahkan sisinya sama hijaunya dengan punggung.
Perkembangbiakan:
Telur berwarna krem tanpa bulatan yang lebih gelap, berudu belumdiketahui.
Habitat:
Selalu berkaitan dengan parit atau sungai dalam hutan primer dan sekunder. Spesimenbiasanya beristirahat di atas pinggiran atau tumbuhan sepanjang sungai, jarang terdapat di lantaihutan.
 jumlah kromosom
: 2N=26, terdiri dari lima pasang besar dan delapan pasang lebih kecil.
5.
 
Fejerfarya LimnocarisDeskripsi:
Jenis kecil, kepala runcing, pendek, jari kaki setengah berselaput, tepat sampai padaruas terakhir. Mempunyai sepasang bintil metatarsal. Jenis identik dengan Fejervarya nou. sp.(jenis baru), kulit berbintil-bintil panjang jelas, ukuran lebih besar sedikit dari yang pertama.
Ukuran:
Jantan sampai 50 mm, betina sampai 60 mm.
Tekstur kulit:
Berkerut, tertutup oleh bintil-bintil panjang yang tampak tipis. ini biasanyamemanjang, paralel dengan sumbu tubuh.
Warna:
Kotor seperti Lumpur dengan bercak-bercak yang lebih gelap yang kurang jelas tetapisimetris, kadang-kadang dengan warna kehijauan dan sedikit semu kemerahan,
Perkembangbiakan:
Bertelur sebanyak beberapa ratus butir, umumnya di malam gelap dalamair tergenang seperti di sawah.
Habitat:
Jenis ini menghuni sawah dan padang rumput di dataran rendah, jarang sampai 700 m,kadang-kadang sedikit lebih tinggi, di mana ada sawah.
Jumlah kromosom:
2N=26, terdiri dari lima pasang yang besar dan delapan pasang yang lebihkecil.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->