Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manfaat an Dan Pengawasan Biaya Operasional Dalam Meningkatkan Efisiensi

Manfaat an Dan Pengawasan Biaya Operasional Dalam Meningkatkan Efisiensi

Ratings:

4.74

(19)
|Views: 8,347 |Likes:
Published by Msr A

More info:

Published by: Msr A on Feb 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

 
MANFAAT PERENCANAAN DAN PENGAWASAN BIAYA OPERASIONAL DALAMMENINGKATKAN EFISIENSISYAHYUNANProgram Studi ManajemenFakultas EkonomiUniversitas Sumatera UtaraA.
 
Biaya dan Klasifikasi Biaya1.
 
Pengertian Biaya
Pengertian biaya saat ini sudah semakin luas seiring dengan kemajuan ilmupengetahuan dan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan para pemakai istilahtersebut seperti: akuntan, ekonom, insinyur, manajer dan lain- lain. Para pemakaiistilah tersebut umumnya telah memiliki defenisi tersendiri tentang biaya sehinggasukar bagi kita untuk memberikan pengertian yang tepat atas biaya yang dimaksud.Ada beberapa pengertian dari biaya antara lain:
Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalamsatuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan mencapai tujuantertentu.Biaya adalah suatu nilai tukar, prasyarat, atau pengorbanan gunamemperoleh manfaat. Dalam akuntansi keuangan, prasayarat ataupengorbanan tersebut pada tanggal perolehan dinyatakan denganpengurangan kas atau aktiva lainnya pada saat ini atau di masa mendatang.
Dan pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa telah terjadi pengorbananekonomis untuk rnencapai suatu manfaat tertentu. Pengorbanan yang tercantumdalam neraca pada pas aktiva rnerupakan biaya yang belu terpakai (unexpiredcost). Pengorbanan yang langsung memperoleh hasil pada periode yang samadengan terjadinya pengorbanan (expired cost) akan menjadi faktor pengurang darihasil untuk mendapatkan laba.
2. Jenis-jenis Biaya
Penggolongan biaya tergantung untuk apa biaya tersebut digolongkan, untuktujuan yang berbeda diperlukan cara penggolongan biaya yang berbeda pula, atautidak adil satu cara penggolongan biaya yang dapat dipakai untuk semua tujuanmenyajikan informasi biaya.Salah satu penggolongan biaya yang sering dilakukan adalah penggolonganbiaya sesuai dengan fungsi pokok dari kegiatan/aktivitas perusahaan (Cost classifiedaccording to the function of business activity).Fungsi pokok dari kegiatan perusahaan-perusahaan dapat digolongkankedalam:a.
 
Fungsi produksi, yaitu fungsi yang berhubungan dengan kegiatan pengolahanbahan baku menjadi produk selesai yang siap untuk dijualb.
 
Fungsi pemasaran, yaitu fungsi yang berhubungan dengan kegiatan penjualanproduk selesai yang siap dijual dengan cara yang memuaskan pembeli dan dapatrnemperoleh laba sesuai yang diinginkan perusahaan sampai denganpengumpulan kas dari hasil penjualan.c.
 
Fungsi administrasi dan umum, adalah fungsi yang berhubungan dengankegiatan penentuan kebijaksanaan, pengarahan, dan pengawasan kegiatanperusahaan secara keseluruhan agar dapat berhasil guna dan berdaya guna.
© 2004 Digitized by USU digital library
1
 
d.
 
Fungsi keuangan (financial), yaitu fungsi yang berhubungan dengan kegiatankeuangan atau penyediaan dana yang diperlukan perusahaan. Atas dasar fungsitersebut di atas, biaya dapat dikelompokkan menjadi:a.
 
Biaya produksi, yaitu semua biaya yang berhubungan dengan fungsiproduksi atau kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produkselesai.Biaya produksi dapat digolongkan ke dalam:1.
 
Biaya Bahan Baku yang dikelompokkan sebagai biaya utama(prime cost).2.
 
Biaya Tenaga Kerja Langsung3.
 
Biaya Overhead PabrikBiaya tebaga kerja langsung dan biaya overhead dapat digabung menjadibiaya konversi (conversion cost) yang dalam hal ini mencerminkan biaya untukmengubah bahan langsung menjadi bahan jadi.Bahan baku adalah bahan yang akan diolah menjadi produk selesai danpemakaiannya dapat diidentifikasikan atau diikuti jejaknya atau merupakan bagianintegral pada produk tertentu. Biaya bahan baku adalah harga perolehan dari bahanbaku yang dipakai di dalam pengolahan produk. Bahan penolong adalah bahan yangdiolah menjadi bagian produk selesai tetapi pemakaiannya tidak dapat diikuti jejakatau manfaatnya pada produk selesai tertentu. Biaya bahan penolong adalah hargaperolehan bahan penolong yang dipakai di dalam pengolahan produk.Biaya tenaga kerja adalah semua balas jasa yang diberikan oleh perusahaankepada semua karyawan. Sesuai dengan fungsi dimana karyawan bekerja, biayatenaga kerja dapat digolongkan ke dalam biaya tenaga kerja pabrik, biaya tenagakerja pemasaran, biaya tenaga kerja administrasi dan umum, serta fungsi keuangan.Biaya tenaga kerja langsung adalah balas jasa yang diberikan kepada karyawanyang manfaatnya dapat diidentifikasikan atau diikuti jejaknya pada produk tertentuyang dihasilkan oleh perusahaan.Biaya overhead pabrik adalah biaya produksi selain biaya bahan baku danbiaya tenaga kerja langsung.b.
 
Biaya pemasaran, yaitu biaya dalam rangka penjualan produk selesaisampai dengan pengumpulan piutang menjadi kas. Biaya ini meliputibiaya untuk melaksanakan: (1) fungsi penjualan; (2) fungsipenggudangan produk selesai; (3) fungsi pengepakan dan pengiriman;(4) fungsi advertensi; (5).fungsi pemberian kredit dan pengumpulanpiutang; (6) fungsi pembuatan faktur dan administrasi penjualan.c.
 
Biaya administrasi dan umum, yaitu semua biaya yang berhubungandengan fungsi administrasi dan umum. Biaya ini terjadi dalam rangkapenentuan kebijaksanaan, pengarahan, dan pengawasan kegiatanperusahaan secara keseluruhan. Termasuk dalam biaya ini gajipimpinan tertinggi perusahaan, personalia, sekretariat, akuntansi,hubungan masyarakat, keamanan dan sebagainya.d.
 
Biaya keuangan, adalah semua biaya yang terjadi dalammelaksanakan fungsi keuangan, misalnya: biaya bunga.
B.
 
Anggaran Biaya Operasional1. Pengertian Perencanaan
Sebelum penulis membicarakan apa yang dimaksud dengan anggaran,terlebih dahulu penulis mengupas secara singkat pengertian tentang perencanaan.
© 2004 Digitized by USU digital library
2
 
Perencanaan adalah fungsi menetapkan kegiatan apa yang akandilaksanakan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telahditetapkan.
 Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan dilakukansetelah terlebih dahulu dibuat anggapan tertentu mengenai faktor-faktor yang dapatdilihat. Berdasarkan kenyataan tersebut disusun suatu rencana untuk mencapaitujuan yang diinginkan. Perencanaan harus dibuat sebelum melaksanakan tindakan-tindakan agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan baik. Karenaperencanaan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan keadaan di masa yangakan datang maka perencanaan harus mempunyai kemampuan untuk melihat jauhke depan. Berdasarkan kemampuan tersebut diharapkan perencanaan dapat disusunsecara baik, teliti dan seksama jauh sebelumnya sehingga memungkinkan bagimanajer perusahaan dalam melakukan pilihan-pilihan terbaik yang dapatdilaksanakan untuk menghindari kegagalan.
2. Pengertian Anggaran
Perencanaan yang disusun secara kuantitatif umumnya dituangkan dalambentuk anggaran. Anggaran merupakan salah satu alat pengawasan yangdipergunakan secara luas dalam kegiatan perusahaan maupun lembagapemerintahan. Penyiapan anggaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari prosesperencanaan, atau pernyataan rencana.Beberapa ahli telah memberikan definisi tentang pengertian anggaran(budget). Menurut Robert N. Anthony dan James S. Renee:
A budget is a planexpressed in quantitative, usually monetary terms, that covers a specifiedperiod of time, usually one year.
 Mas'ud M.C merumuskan, bahwa :
Budget adalah suatu rencana yang terkoordinasi dan menyeluruh,dan yang dinyatakan dalam satuan yang, mengenai kegiatan operasi danpenggunaan sumber-sumber daya perusahaan untuk suatu periode tertentudi masa yang akan datang.
Dari pengertian yang dikemukakan di atas terdapat beberapa perbedaanakibat sudut pandang yang berbeda dalam memandang persoalan, tetapi secaraumum ada beberapa persamaan yang dapat ditarik antara lain:1.
 
Anggaran adalah rencana tertulis mengenai kegiatan perusahaan yang disusunmelalui analisis yang cermat dengan menggunakan data pada periode yang lalu,kemudian dijabarkan dalam bentuk angka-angka dan satuan yang merupakanpencerminan tujuan perusahaan untuk jangka waktu tertentu pada periode yangakan datang.2.
 
Anggaran perusahaan merupakan alat bagi manajemen dalam menyusunperencanaan, melaksanakan koordinasi dan pengawasan terhadap keseluruhankegiatan perusahaan.3.
 
Anggaran perusahaan adalah suatu rencana tindakan terperinci, sebagaipedoman untuk melakukan penilaian atas pelaksanaan.Pada dasarnya anggaran merupakan gambaran masa yang akan datang, jadisetiap saat anggaran tersebut hams dapat dihadapkan dengan kenyataan yang adapada saat pelaksanaan. Oleh karena itu, anggaran harus bersifat luwes agarmemungkinkan untuk melakukan penyesuaian terhadap kondisi dari yang telahdiperkirakan sebelumnya.
© 2004 Digitized by USU digital library
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->