Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengawasan Terhadap Kas

Pengawasan Terhadap Kas

Ratings:

4.8

(15)
|Views: 10,587|Likes:
Published by Msr A

More info:

categoriesTypes, Research
Published by: Msr A on Feb 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See More
See less

12/07/2012

 
PENGAWASAN TERHADAP KASMANAHAN NASUTIONJurusan AkuntansiFakultas EkonomiUniversitas Sumatera Utara1. Pengertian Pengawasan Kas
Pengawasan berarti : mendeterminasi apa yang telah dilaksanakan,maksudnya mengevaluasi prestasi kerja daN apabila perlu, menerapkan tindakan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana-rencana.
1
Sistem pengawasan kas meliputi prosedur-prosedur yang dibuat untukmenjaga atau mengamankan dana perusahaan. Sistem ini menciptakan pengawasanintern yang cukup terhadap kas, diperolehnya data akuntansi yang tepat dan dapatdipercaya, meningkatkan efisiensi usaha serta mendorong dipenuhinyakebijaksanaan pimpinan.Istilah pengawasan intern meliputi sistem-sistem prosedur-prosedur dankebijaksanaan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan untuk membantu memastikanbahwa transaksi-transaksi telah diotorisasi, diperiksa dan dicatat secara layak.Pengawasan intern didefenisikan oleh AICPA sebagai berikut :Pengawasan intern meliputi struktur organisasi dan semua cara-cara serta dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan didalam perusahaan dengan tujuan untukmenjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenarandata akuntansi, memajukan efisiensi didalam usaha, dan membantu mendorongdipatuhinya kebijaksanaan manajemen yang telah ditetapkan lebih dahulu.
2
Pengawasan Kas merupakan bagian yang tidak terpisah dari pengawasan internsecara umum. Oleh karena itu segala sesuatu mengenai pengawasan intern jugaberlaku terhadap pengawasan kas sebagai bagian yang lebih khusus dan mendetail.
2. Fungsi Pengawasan Kas
Fungsi pengawasan kas secara umum antara lain ialah untuk menjaminterselenggaranya pencatatan kas yang akurat, tersimpannya kas dengan aman danadanya pengeluaran kas yang dilakukan dan disyahkan oleh personil dan yangberwenang dan dengan jumlah yang benar. Ciri-ciri dasar dari sebuah pengawasankas adalah sebagai berikut :1.
 
Secara khusus menetapkan tanggung jawab pengelolaan penerimaan kas.2.
 
Pemisahaan pengelolaan dan pencatatan penerimaan kas.3.
 
Mendepositokan seluruh kas yang diterima setiap hari.4.
 
Sistem voucher untuk mengendalikan pembayaran kas.5.
 
Pemeriksaan intern dalam interval waktu yang tak terduga.
3
 Fungsi pengawasan meliputi semua aktivitas yang berhubungan denganpenentuan atau evaluasi mengenai apa yang telah dicapai, sampai sejauh manapelaksanaan perencanaan dan kebijaksanaan yang telah ditetapkan. Penyimpangandalam pelaksanaan perlu diketahui agar jika perlu diadakan tindakan koreksi, karenaperencanaan sebagai standard atau alat pengawasan bagi pekerjaan yang sedangdikerjakan.
1
Winardi, Azas-Azas Manajemen, Edisi Ketujuh, Penerbit Alumni Bandung, 1983,hal.379
2
Zaki Baridwan, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kedua, Badan Penerbit FE-UGM,Yogyakarta, 1993, hal.47
3
Jay M.Smith and K.Fred Skousen, Op.Cit., hal.170
© 2004 Digitized by USU digital library
1
 
Pengawasan yang menyeluruh terhadap fungsi penanganan kas dan fungsipencatatan termasuk didalamnya laporan kas secara harian yang menggambarkanposisi penerimaan dan pengeluaran kas untuk keperluan intern perlu mendapatperhatian.Oleh karena itu pemeriksa intern terhadap kas harus dilakukan gunamendorong efisiensi usaha dalam suatu pengawasan intern kas dan penilaian secarawajar posisi kas dalam laporan keuangan.
3. Tujuan Pengawasan Kas
Mengigat mayoritas transaksi diperusahaan melibatkan kas, makapengawasan kas sangat diperlukan guna menghindari teIjadinya penyelewenganyang dilakukan terhadap kas. Pengawasan kas tercakup dalam suatu pengawasanintern kas. Pada dasarnya tujuan pengawasan kas adalah :1.
 
Diperolehnya data/informasi mengenai kas yang sebenarnya.2.
 
Untuk mencek kecermatan antara dana dari catalan menurut pembukuandengan saldo kas yang sebenarnya.3.
 
Untuk mencek pelaksanaan kegiatan/aktivitas mengenai kas sehingga apabilaterjadi penyimpangan dari sistem yang diterapkan dapat diambil tindakankoreksi.Pengawasan terhadap kas dapat diterapkan dengan cara, yaitu :1.
 
Pengawasan terhadap penerimaan kas.Sumber penerimaan uang kas yang lazim dalam perusahaan berasal daripenjualan tunai, penerimaan kas pelunasan piutang untuk untuk penjualankredit, dan penerimaan lainnya seperti hasil penjualan investasi sementara ataupenjualan aktiva tetap perusahaan. Agar semua basil penerimaan ini dapatdiamankan dan menjadi milik perusahaan maka pengawasan intern yang baikharus diciptakan dan dibina.. pmll2.
 
Pengawasan terhadap pengeluaran kas.Sama halnya dengan penerimaan kas, pengeluaran kas juga harus dikelolasedemikian rupa sehingga tidak terjadi kesalahan atau kecurangan dalampelaksanaannya yang mengakibatkan kerugian perusahaan.Pengeluaran kas biasanya berupa pembayaran yang dilakukan olehperusahaan untuk berbagai macam keperluan, misalnya pembayaran hutang,pembayaran gaji karyarwan dan biaya-biaya lainnya.Untuk memberikan keyakinan yang tinggi bahwa setiap transaksi yangmengakibatkan keluarnya uang kas benar -benar ada hubungannya dengankegiatan perusahaan dan dengan kewajiban yang diembannya serta tidak salahpenggunaannya, maka diperlukan pengawasan yang tinggi dan memuaskan.Selain pengendalian intern terhadap pengeluaran kas, menentukan waktupembayaran juga cukup penting. Pengalaman menunjukkan bahwa kegunaanadanya pengendalian yang cermat terhadap waktu pembayaran adalah untukmenjamain agar biaya-biaya atau rekening-rekening hanya dibayarkan pada saattelah jatuh tempo dan bukan lebih cepat dari itu. Dengan demikian kas dapatdihemat untuk investasi sementara.Untuk lebih jelasnya, berikut contoh flow chart penerimaan/pengeluaran kas:
© 2004 Digitized by USU digital library
2
 
 
© 2004 Digitized by USU digital library
3

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mohammad Taufiq liked this
Yohana Januarty liked this
Zainudin Aboed liked this
Sayful Fani liked this
Gigit Kristianto liked this
ningra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->