Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
376Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Ratings:

4.82

(60)
|Views: 91,085 |Likes:
Published by Msr A

More info:

Published by: Msr A on Feb 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

 
©
2001 digitized by USU digital libary
1
STRATEGI PEMASARAN Arlina Nurbaity Lubis
Fakulas EkonomiUniversitas Sumatera utara
 PENDAHULUAN
 A. ALASAN PEMILIHAN JUDULSebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaantidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsendalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenaiproduk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidangpemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagikeberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat iniketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagiperusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahuikegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasiyang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
v
Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
v
Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat sertacara penggunaanya.
v
Memperkenalkan barang atau jasa baruOleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakanpromosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yangdilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah danayang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankanperusahaan.Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalumengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yanglainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itustrategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai denganperkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harusdapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaandalam menggunakan setiap kesempatan atau peluan pada beberapa sasaran pasar.Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualanperusahaan, maka penulis tertarik untuk lebih memperjelas lagi topik tersebut dalam penulisankarya ilmiah ini.B. LUAS DAN TUJUAN PENULISANDalam penulisan karya ilmiah ini, penulis berusaha untuk memudahkan pembahasanagar lebih terarah, maka penulis membatasi kepada masalah pemasaran, dalam hal ini hanyamasalah Strategi pemsaran dalam meningkatkan volume penjualan produk maupun jasa dalamsuatu perusahaan. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dengan lebih pastistrategi pemasaran yang paling sesuai dengan keadaan perusahaan untuk dapat tumbuh danberkembang dalam persaingan.
 
©
2001 digitized by USU digital libary
2
C. SISTEMATIKA PEMBAHSANDalam penulisan karya ilmiah ini, penulis membahas dalam lima bab, yaitu:Bab satu, berisi pendahuluan yang yang membicarakan alasan pemilihan judul, luas dan tujuanpenulisan serta sistematika pembahasan.Bab dua, memuat tentang aspek penting dalam pemasaran, yaitu menjelaskan tentangpengertian pemasaran, pasar sasaran, dan bauran pemasaran.Bab tiga, memuat tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran. Dalam hal iniakan dibahas tentang rencana strategi perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategipemasaran perusahaan.Bab empat, pada bab ini akan dibahas mengenai strategi untuk setiap posisi bisnis, sepertiMarket leader, Market challanger, Market follower, atau Market Nicher.Bab lima, pada bab terakhir ini, penulis mencoba untuk membuat kesimpulan akhir atas apa yangtelah diuraikan dan memberikan saran-saran yang mungkin dapat dipertimbangkan dalampenenruan strategi pemasaran.
 ASPEK PENTING DALAM PEMASARAN
 A. PENGERTIAN PEMASARANSebagaiman kita ketahui bahwa kegiatan pemasaran adalah berbeda dengan penjualan,transaksi ataupun perdagangan. American Marketing Association 1960, mengartikan pemasaran sebagai brikut: Pemsaranadalah pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dariprodusen ke konsumen atau pihak pemakai. Definisi ini hanya menekankan aspek distribusiketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kitatidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.Sedangkan definisi lain, dikemukakan oleh Philip Kotler dalam bukunya MarketingManagement Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu:Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yangmereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dannilai dengan individu dan kelompok lainnya.B. PASAR SASARANSelama ini terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akandituju, keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka tidak dapatmelayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Terlalu banyaknya pelanggan, sangatberpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan kebutuhan dan keinginannya. Jadi artidari pasar sasaran adalah: Sebuah pasar terdiri dari pelanggan potensial dengan kebutuhan ataukeinginan tertentu yang mungkin mau dan mampu untuk ambil bagian dalam jual beli, gunamemuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.Karena konsumen yang terlalu heterogen itulah maka perusahaan perlumengkelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmenpasar tertentu sebagai sasaran. Dengan adanya hal ini, maka perusahaan terbantu untuk mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik, dengan demikian perusahaan dapatmengembangkan produk yang tepat, dapat menentuan saluran distribusi dan periklanan yangsesuai dan efisien serta mampu menyesuaikan harga bagi barang atau jasa yang ditawarkan bagisetiap target pasar.Pasar sasaran ( Target Market ) adalah: Sekelompok konsumen atau pelanggan yangsecara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan,yaitu:1. Segmentasi Pasar2. Penetapan Pasar Sasaran3. Penempatan Produk 
 
©
2001 digitized by USU digital libary
3
TABEL ILangkah langkah Segmentasi Pasar, Penetapan Pasar Sasaran,Penempatan PasarSegmentasi Pasar Menetapkan Pasar Sasaran Penempatan Produk 1. Identifikasi dasar-dasarsegmentasi pasar.2. Mengembangkan profitsetiap segmen.1. Mengembangkan metodepenilaian atas daya tarik segmen2. Memilih segmen yang akandimasuki1. Merumuskan penempatanproduk pada masing-masing segmen yangdipilh sebagai sasaran2. Mengembangkan bauranpemasaran bagi setiapsegmen yang dipilihsebagai sasaran.
1. Segmentasi Pasar
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen darisuatu produk kedalam satuan-satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat homogen.Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar suatu produk tidaklah homogen, akan tetapipada kenyataannya adalah heterogen.Pada dasarnya segmentasi pasar adalah suatu strategi yang didasarkan pada falsafahmanajemen pemasaran yang orientasinya adalah konsumen. Dengan melaksanakan segmentasipasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimilikiperusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasanbagi konsumen. Ada empat ktiteria yang harus dipenuhi segmen pasar agar proses segmentasi pasardapat dijalankan dengan efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yaitu:
v
Terukur ( Measurable ), artinya segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya,maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tersebut.
v
Terjangkau ( Accessible ), artinya segmen pasar tersebut dapat dicapai sehinggadapat dilayani secara efektif.
v
Cukup Luas ( Substantial ), sehingga dapat menguntungkan bila dilayani.
v
Dapat dilaksanakan ( Actionable ), sehingga semua program yang telah disusununruk menarik dan melayani segmen pasar itu dapat efektif.Kebijakan segmentasi pasar haruslah dilakukan dengan menggunakan ktiteria tertentu.Tentunya segmentasi ini berbeda antara barang industri dengan barang konsumsi. Namundengan demikian secara umum setiap perubahan akan mensegmentasikan pasarnya atas dasar:
a. Segmentasi atas dasar Geografis,
Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagipasar kedalam unit-unit geografis seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, desa,
 
dan lainsebagainya. Dalam hal ini perusahaan akan beroperasi disemua segmen, akan tetapi,harusmemperhatikan perbedaan kebutuhan dan selera yang ada dimasing-masing daerah.
b. Segmentasi atas dasar Demografis,
Segmentasi pasar ini dapat dilakukan dengan caramemisahkan pasar kedalm kelompok-kelompok yang didasarkan pada variabel-variabeldemografis, seperti umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, agama,pendidikan,pekerjaan, dan lain-lain.
 c. Segmentasi atas dasar psychografis,
Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi-bagi konsumen kedalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gayahidup, berbagai ciri kepribadian, motif pembelian, dan lain-lain.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->