Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Katalog UT Non Pendas 2013 e1 Web 5 Registrasi Dan Biaya Pendidikan

Katalog UT Non Pendas 2013 e1 Web 5 Registrasi Dan Biaya Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 744|Likes:
Published by Diana Nareswari
Katalog Universitas Terbuka Yogyakarta. a
Katalog Universitas Terbuka Yogyakarta. a

More info:

categoriesTypes, Brochures
Published by: Diana Nareswari on Mar 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/01/2013

pdf

text

original

 
4
Katalog Universitas Terbuka 2013 FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Non Pendas
 
Kota/Kabupaten, Pondok Pesantren, Kowani, POLRI, Badan KepegawaianNegara (BKN), dan beberapa instansi lainnya.UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yang diberi istilahProgram Non-Pendas dan Program Pendas. Program Non-Pendas adalahprogram pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecualiprogram Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikutioleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru. Program Pendas merupakanprogram yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guruPAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendasadalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan GuruPendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Katalog ini khusus berisi tentangpenyelenggaraan program pendidikan Non Pendas.
II. REGISTRASI DAN BIAYA PENDIDIKAN
A. SISTEM REGISTRASI
Mahasiswa dapat meregistrasi mata kuliah yang ditawarkan pada setiapmasa registrasi (semester) dengan jumlah bobot mata kuliah maksimum 24 sksper semester. Dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasimahasiswa dapat memilih mata kuliah secara satuan atau sistem paket matakuliah yang dapat berbentuk paket arahan atau sistem paket semester (SIPAS).Paket arahan adalah sistem pemaketan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang akandiregistrasikan. SIPAS adalah paket arahan yang terintegrasi dengan layanantutorial tatap muka dan penyediaan bahan ajar. Mata kuliah yang ditawarkanuntuk paket arahan dan SIPAS adalah sama untuk setiap semesternya dandiatur dalam sistem.
1. Jenis Registrasi
UT mengenal 4 (empat) jenis registrasi, yaitu (1) registrasi pertama,(2) registrasi mata kuliah, (3) registrasi ujian ulang, dan (4) registrasi TugasAkhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi(DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama.Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT.Selanjutnya, setiap awal masa registrasi semester berikutnya mahasiswa
 
Katalog Universitas Terbuka 2013 FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Non Pendas
5
melakukan registrasi mata kuliah dan bila ada mata kuliah yang tidak lulusmahasiswa dapat melakukan registrasi ujian ulang. Menjelang akhir masastudi, setiap mahasiswa program S1 yang telah memenuhi syarat diwajibkanmenempuh TAP yang diawali dengan melakukan registrasi TAP.
2. Waktu Registrasi
Pada dasarnya calon mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjangwaktu. Namun, dalam pelaksanaannya waktu registrasi diatur sebagaimanatercantum dalam kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapatdiakses di situs UT (http://www.ut.ac.id) atau diperoleh dari UPBJJ-UTsetempat. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membelibahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu belajar yangcukup.Mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah akan menerima LembarInformasi Pembayaran (LIP) dari UPBJJ-UT untuk membayar biaya registrasimata kuliah. Batas akhir penerbitan LIP dan batas akhir pembayaran biayapendidikan tercantum di kalender akademik tahun berjalan. Mahasiswadisarankan untuk melakukan registrasi pada masa awal registrasi, jauh sebelumbatas waktu registrasi berakhir.
3. Tempat Registrasi
Registrasi dilakukan di UPBJJ-UT dan berkasnya dapat diperoleh diUPBJJ-UT atau di situs UT. Alamat UPBJJ-UT dapat dilihat padaLampiran 2. Mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinya dilakukan melaluiUPBJJ-UT Jakarta. Khusus bagi mahasiswa yang berdomisili di Singapura danMalaysia registrasi dilakukan di UPBJJ-UT Batam.
B. REGISTRASI PERTAMA1. Persyaratan Calon Mahasiswa
Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah SMA atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama, calon mahasiswaharus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut.a. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.1) Legalisasi ijazah SMA atau yang sederajat oleh sekolah asal yangbersangkutan atau Dinas Pendidikan Kab/Kota sekolah asal bagisekolah yang telah ditutup;
 
6
Katalog Universitas Terbuka 2013 FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Non Pendas
 
2) Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh perguruan tinggiasal.3) Legalisasi ijazah untuk calon mahasiswa yang berstatus CPNS/PNSdapat dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian instansi tempatbekerja.4) Selain persyaratan di atas, masing-masing program studi jugamempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada BabKurikulum.b. Membawa pasfoto hitam putih ukuran 3 × 2 sebanyak 3 lembar dilengkapiinformasi nama jelas dan NIM pada bagian belakang foto.
2. Cara Melakukan Registrasi PertamaRegistrasi secara offline:
Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknyamengikuti prosedur berikut.a. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa (F1E) dengan lengkap danbenar sesuai dengan petunjuk pengisian yang terdapat pada halamanbelakang formulir.1)
 
Mahasiswa mengisi alamat individu (alamat rumah atau alamattempat bekerja) yang dapat dijangkau oleh jasa pos.2)
 
Tempat dan tanggal lahir harus diisi sesuai dengan surat aktakelahiran atau identitas lainnya, seperti SK Pengangkatan PNS danijazah.Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihan.Daftar program studi dapat dilihat padaLampiran 6. b. Menentukan mata kuliah semester satu.1) Mahasiswa Program SIPAS meregistrasi mata kuliah semester 1(Paket 1).2) Mahasiswa Non SIPAS harus memilih mata kuliah yang akan diambilpada semester 1. Namun demikian mahasiswa disarankan mengikutipaket arahan.c. Menyerahkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapipersyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat satu minggusebelum batas akhir penerbitan LIP Registrasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->