Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Katalog UT Non Pendas 2013E2 Registrasi Dan Biaya Pendidikan

Katalog UT Non Pendas 2013E2 Registrasi Dan Biaya Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 36 |Likes:
Published by Diana Nareswari
Katalog UT untuk non pendas.
Katalog UT untuk non pendas.

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Diana Nareswari on Mar 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2013

pdf

text

original

 
4
Katalog Universitas Terbuka 2013 FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Non Pendas Edisi 2
 
Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah, RadioSiaran Swasta Niaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, IGTKI(Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia), Atase Pendidikan KBRI,Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Daerah, Arsip Nasional, KoperasiKarunika, dan PT Pos Indonesia.UT juga bekerja sama dengan instansi-instansi yang ingin meningkatkankualitas sumber daya manusianya, baik instansi pemerintah, BUMN maupunswasta. Mereka dapat mengikuti program yang ada di UT atau memesan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan instansinya. UT selama initelah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitasguru SD dan guru Anak Usia Dini melalui program yang dikenal sebagai program Pendidikan Guru Pendidikan Dasar (Pendas). Selain itu, UT jugatelah mendapat kepercayaan untuk meningkatkan kualitas SDM antara lain dariANRI, KPN, TNI, Bank BRI, Bank BNI, PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara, Departemen Pertanian, Sekretariat Wakil Presiden, PemerintahKota/Kabupaten, Pondok Pesantren, Kowani, POLRI, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan beberapa instansi lainnya.UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yang diberi istilahProgram Non-Pendas dan Program Pendas. Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecuali program Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikutioleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru. Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guruPAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendasadalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan GuruPendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Katalog ini khusus berisi tentang penyelenggaraan program pendidikan Non Pendas.
II. REGISTRASI DAN BIAYA PENDIDIKAN
A. SISTEM REGISTRASI
Mahasiswa dapat meregistrasi mata kuliah yang ditawarkan pada setiapmasa registrasi (semester) dengan jumlah bobot mata kuliah maksimum 24 sks per semester. Dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasimahasiswa dapat memilih mata kuliah secara sistem paket semester (SIPAS)atau secara satuan (Non SIPAS).
 
Katalog Universitas Terbuka 2013 FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Non Pendas Edisi 2
5
Paket SIPAS adalah sistem pemaketan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang akandiregistrasikan dan terintegrasi dengan layanan tutorial tatap muka (TTM) serta penyediaan bahan ajar. Sedangkan Non SIPAS adalah sistem pengambilanmata kuliah secara satuan tampa mengikuti aturan pemaketan dan tak terintegrasi dalam layanan TTM serta penyediaan bahan ajar. Layanan TTMmengikuti mekanisme tutorial atas permintaan sendiri (Atpem) dan penyediaan bahan ajar dilakukan secara mendiri dengan cara membeli secara
online
 melalui Toko Buku
Online
pada situs UT (http://www.ut.ac.id)
1. Jenis Registrasi
UT mengenal 4 (empat) jenis registrasi, yaitu (1) registrasi pertama,(2) registrasi mata kuliah, (3) registrasi ujian ulang, dan (4) registrasi TugasAkhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi(DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama.Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT.Selanjutnya, setiap awal masa registrasi semester berikutnya mahasiswamelakukan registrasi mata kuliah dan bila ada mata kuliah yang tidak lulusmahasiswa dapat melakukan registrasi ujian ulang. Menjelang akhir masastudi, setiap mahasiswa program S1 yang telah memenuhi syarat diwajibkanmenempuh TAP yang diawali dengan melakukan registrasi TAP.
2. Waktu Registrasi
Pada dasarnya calon mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjangwaktu. Namun, dalam pelaksanaannya waktu registrasi diatur sebagaimanatercantum dalam kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapatdiakses di situs UT (http://www.ut.ac.id) atau diperoleh dari UPBJJ-UTsetempat. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu belajar yangcukup.Mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah akan menerima Lembar Informasi Pembayaran (LIP) dari UPBJJ-UT untuk membayar uang kuliah.Batas akhir penerbitan LIP dan batas akhir pembayaran biaya pendidikantercantum di kalender akademik tahun berjalan. Mahasiswa disarankan untuk melakukan registrasi pada masa awal registrasi, jauh sebelum batas wakturegistrasi berakhir.
 
6
Katalog Universitas Terbuka 2013 FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Non Pendas Edisi 2
 
3. Tempat Registrasi
Registrasi dilakukan di UPBJJ-UT dan formulir registrasi dapatdiperoleh di UPBJJ-UT atau di situs UT. Alamat UPBJJ-UT dapat dilihat padaLampiran 2.Mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinyadilakukan melalui UPBJJ-UT Jakarta. Khusus bagi mahasiswa yang berdomisili di Singapura dan Malaysia, registrasi dilakukan di UPBJJ-UTBatam.
B. REGISTRASI PERTAMA1. Persyaratan Calon Mahasiswa
Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah SMA atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama, calon mahasiswaharus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut.a. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.1) Legalisasi ijazah SMA atau yang sederajat oleh sekolah asal yang bersangkutan atau Dinas Pendidikan Kab/Kota sekolah asal bagisekolah yang telah ditutup.2) Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh perguruan tinggiasal.3) Legalisasi ijazah untuk calon mahasiswa yang berstatus CPNS/PNSdapat dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian instansi tempat bekerja.4) Selain persyaratan di atas, masing-masing program studi jugamempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada BabKurikulum. b. Foto langsung di UPBJJ-UT atau menyerahkan pas foto ukuran 3 × 4 atau
 softcopy
pas foto (bukan hasil scan) dengan kriteria W=358
 pixel 
; H=476
 pixel 
; resolusi 300 dpi/
inch
ke UPBJJ-UT.
2. Cara Melakukan Registrasi PertamaRegistrasi secara
offline
:
Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknyamengikuti prosedur berikut.a. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa F1E (Lampiran 9) denganlengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian formulir data pribadimahasiswa.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->