Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
08 BAB 7

08 BAB 7

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 3,730|Likes:
Published by Denok sisilia

More info:

Published by: Denok sisilia on Feb 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

 
Kegiatan Kepanduan
 
174
Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
A.Menyimak Berita
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapatmengemukakan kembali berita yang didengar atau ditonton melalui radio atautelevisi.
Hampir setiap hari, kamu dapat menyimak berita yang disiarkan radioatau televisi. Siaran berita itu dapat berupa berita daerah, nasional, regional,dan internasional. Karena banyaknya stasiun televisi dan radio di negeri kita,tidak jarang justru kita bingung memilih saluran mana yang akan kitakehendaki. Inilah salah satu dampak positif kemajuan ilmu dan teknologi yangdapat dirasakan di negara kita. Kita dapat menyaksikan peristiwa yang terjadidi berbagai belahan dunia dalam hitungan menit dan bahkan detik melaluisiaran radio maupun televisi yang menyiarkan suatu kejadian baik secaralangsung maupun berupa siaran tunda.Ada kalanya berita-berita yang disiarkan baik di radio maupun di televisiitu merupakan berita yang sangat penting untuk kamu simak. Misalnya, beritatentang gempa yang terjadi di suatu daerah dan secara kebetulan ada sanaksaudaramu yang tinggal di daerah itu. Secara otomatis, kamu akan menyimak berita itu dengan saksama dan berusaha untuk mengungkapkan kembali beritayang didengar itu kepada orang lain yang tidak sempat menyimak siaran beritatersebut.Pada pelajaran 7, kamu telah berlatih menemukan pokok-pokok berita yangkamu dengar atau tonton. Pokok-pokok berita itu dapat kamu tuliskan dengan baik dengan mendasarkan pada pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,mengapa, dan bagaimana. Pada pelajaran ini, kamu akan berlatih meningkatkankemampuan mengemukakan kembali berita yang kamu dengar kepada pihaklain.
 Latihan
1.Tutuplah bukumu dan dengarkan baik-baik berita yang akan dibacakanoleh gurumu berikut ini. Sambil mendengarkan jangan lupa mencatat hal-hal penting isi berita tersebut!
 
175
Kepramukaan
Gerakan Pramuka dan Generasi Berbudi Luhur
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis PembinaNasional Gerakan Pramuka minta agar Pramuka membina generasimuda yang cerdas, terampil, serta berbudi luhur. Penegasan itudisampaikan Yudhoyono di hanggar Skuadron 17 TNI-AU di LanumaHalim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (15/12) sore ketika menerimaTongkat Perdamaian Gerakan Kepanduan Asia-Pasifik, memperingati 50tahun berdirinya gerakan kepanduan di kawasan ini dan 100 tahun berdirinya kepanduan dunia yang jatuh pada 2007. Dalam acara itu, hadirpula Kak Ani Yudhoyono, Kak Aburizal Bakrie, Kak Bambang Sudibyo,Kak Sudi Silalahi, dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, KakAzrul Azwar.Gerakan kepanduan didirikan Lord Baden Powell pada 22 Februari1907 untuk meningkatkan kemampuan generasi muda serta menjalinhubungan yang kuat di antara para pemuda dan pemudi seluruh dunia."Pada tahun 1907, Baden Powell mendirikan Gerakan Kepanduan untukmengakhiri ketidakpastian yang dihadapi para pemuda," kata KakYudhoyono.Tongkat Perdamaian yang disebut Rover Peace Baton tersebut telahdibawa berkeliling ke beberapa negara Asia Pasifik. Sebelum tiba di In-donesia telah diarak di PNG. Dari Indonesia, tongkat ini akan dibawalagi ke Singapura.Di Indonesia, anggota aktif Gerakan Pramuka mencapai sekitar 21 juta orang. Angka ini, menurut Kak Aburizal Bakrie (Ical), bukanlah angkayang sedikit, dan karena itu pembinaan para pandu memiliki kedisiplinandan pembinaan rasa nasionalisme haruslah dilakukan. "Kami melihatgerakan kepramukaan merupakan salah satu pembinaan kedisiplinandan penanaman rasa nasionalisme," ujar Kak Ical.
Sumber:
Republika
 , Minggu, 24 Desember 2006
2.Berdasarkan catatan penting tersebut, ungkapkan kembali berita yangkamu dengar denga kata-katamu sendiri di hadapan temanmu-temanmu!

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Faiz Baun liked this
Samsuar Saleh liked this
Kresna Zahwan liked this
AlfianRefqi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->