Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
10 BAB 9

10 BAB 9

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 373 |Likes:
Published by Denok sisilia

More info:

Published by: Denok sisilia on Feb 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2013

 
Rumah Sakit
 
218
Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
A.Menyimak untuk Menjelaskan Tema dan Latar NovelRemaja
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini, kamu diharapkan dapat:
menjelaskan tema dan latar novel remaja yang dibacakan dan
menyimpulkan tema dan latar novel remaja yang dibacakan.
Pada pembelajaran aspek membaca novel sebelumnya (Pelajaran 6), kamusudah dapat memahami alur, tokoh, dan latar novel remaja asli Indonesia atauterjemahan melalui kegiatan membaca. Pada Pelajaran 8, melalui pembelajaranmenyimak, kamu juga sudah berlatih mengenali karakter tokoh novel. Padapembelajaran berikut ini, kamu diajak untuk mampu menjelaskan tema danlatar novel remaja asli Indonesia atau terjemahan melalui kegiatanmendengarkan.
1.Menyimpulkan Tema
Tema adalah sesuatu yang menjadi dasar pembicaraan dalam cerita.Tema merupakan sesuatu yang menjiwai cerita. Tema sebuah cerita dapatditentukan setelah cerita itu selesai dibaca atau didengarkan. Tema novelremaja biasanya berkisar masalah percintaan, kehidupan remaja di sekolahatau di kampus.
Kegiatan 1
Tutuplah bukumu! Dengarkan pembacaan kutipan novel yang akandibacakan oleh Gurumu atau salah seorang temanmu berikut ini! Setelahkamu mendengarkan pembacaan kutipan novel tersebut, diskusikandengan temanmu tema yang terkandung dalam kutipan novel remaja itu.Kerjakan seperti dalam kolom berikut ini, kemudian lakukan diskusi kelasuntuk menentukan tema kutipan novel tersebut!
Tema
 
219
Kesehatan
Jakarta, 2004
Bintang....sepertinya susah sekali mencari ketenangan di saat-saat seperti ini.Semakin hari semakin mahal saja harga sebuah kedamaian di dunia ini...
STASIUN kereta api terlihat sunyi. Entah karena sepi penumpang,atau memang nggak ada jadwal keberangkatan kereta. Bangku-bangkuruang tunggu yang biasanya penuh orang yang menunggu kedatangankereta, saat ini nggak satu pun terisi. Bahkan petugas stasiun yang biasanya mondar-mandir dengan seragam biru pun nggak ada. Kios-kioskecil yang biasanya menjual aneka makanan dan minuman ringan, pagiini nggak satu pun yang buka. Loket penjualan karcis kereta juga masihtertutup kerai. Yang ada cuma gerbong-gerbong kereta yang sudah tidakterpakai dan orang-orang yang tergeletak tidur tak beraturan di berbagaisudut.Matahari baru saja muncul dengan sinarnya yang keemasan yangmembuat lampu penerang otomatis di stasiun itu perlahan padam.Sekaligus menandakan dimulainya kesibukan pagi itu.Kreeeek! Suara kerai penutup loket memecah kesunyian pagi. Sesaatkemudian terdengar suara langkah kaki. Seorang pria tua yang terlihatmasih gagah berjalan menuju pintu di ujung lorong. Ia membuka pintuitu dan mengambil sapu lidi dari dalamnya. Sesaat ia merapikan kumisdan rambutnya yang kelihatan sudah beruban lewat bayangan di kacaloket, lalu mulai menyapu lantai stasiun. Sreeeek! suara gesekan sapu padalantai cukup berisik. Orang-orang yang tertidur lelap di sudut-sudut lorongterbangun.Seorang gadis manis terlihat duduk sendirian di salah satu kursi ruangtunggu. Kakinya bersila di atas kursi. Sepertinya gadis itu sudah ada disana sejak tadi. Sesaat ia memandang ke arah datangnya sinar mataharisambil memayungi wajahnya dengan tangan."Selamat pagi, Neng Keysha...," sapa seseorang.Gadis itu langsung menengok ke arah datangnya suara dan mendapatiseorang lelaki berkumis panjang tersenyum lebar padanya. Wajah gadisitu langsung bersinar. Lesung pipinya langsung terlihat. Wajahnya manissekali.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->