Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
11 BAB 10

11 BAB 10

Ratings: (0)|Views: 437 |Likes:
Published by Denok sisilia

More info:

Published by: Denok sisilia on Feb 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2009

 
Pabrik
 
250
Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
A.Menyimak dan Mendeskripsikan Alur Novel Remaja
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
mendeskripsikan alur novel remaja yang dibacakan dan
menyimpulkan alur novel remaja yang dibacakan.
Pada pembelajaran yang lalu sudah dibahas mengenai alur novel remajamelaui kegiatan membaca. Pada pembelajaran berikut ini kamu akan diajakuntuk mendeskripsikan atau menjelaskan alur novel remaja melalui kegiatanmenyimak.Sebuah cerita selalu berawal dan akan berakhir. Peristiwa yang jalin-menjalin dari awal sampai akhir disebut alur cerita atau plot. Sebagai rangkaiansebuah peristiwa, alur menampilkan konflik-konflik, baik konflik besar maupunkonflik kecil. Dalam alur akan dijumpai penahapan alur sampai dengan puncak-puncak konflik.Konflik-konflik dalam alur dapat berupa konflik internal dan konflikeksternal. Konflik internal (konflik batin) adalah konflik yang dirasakan dalamdiri seorang pelaku. Konflik eksternal adalah konflik yang terjadi antara seorangpelaku dengan pelaku lainnya. Konflik eksternal juga dapat terjadi antaraseorang pelaku dengan alam atau bahkan dengan Tuhannya. Jika ditinjau dari cara mengakhiri cerita, terdapat dua jenis alur, yaitu alurterbuka dan alur tertutup. Pada alur terbuka, akhir cerita itu masih menyisakanpertanyaan dalam diri pembaca tentang bagaimana nasib pelaku atau tokohcerita itu. Cerita diakhiri dengan alur tertutup manakala cerita itu benar-benarselesai tanpa menimbulkan pertanyaan lanjutan dalam diri pembaca. Jika ditinjau dari suasana hati tokoh atau pelaku utama dalam akhir cerita,alur dapat digolongkan menjadi dua, yaitu alur akhir bahagia (
happy ending
)dan alur akhir duka (
tragedy ending
). Alur berakhir bahagia apabila pelakuutama menemukan kebahagiaan pada akhir cerita, sedangkan alur berakhirduka manakala tokoh utama menemui penderitaan atau bahkan kematian padaakhir cerita.
 
251
Perindustrian
1.Mendengarkan Pembacaan Kutipan Novel Remaja
Tutuplah bukumu, dengarkan pembacaan kutipan novel yang akandibacakan gurumu! Dapat pula digunakan materi simakan lain.Selanjutnya, kerjakan latihan berikut ini!
 Latihan
Setelah kutipan novel itu selesai dibacakan kerjakan tugas-tugas berikutini!1.Jelaskan konflik yang sedang dialami oleh tokoh utama dari kutipannovel yang kamu dengar!2.Bagaimana akhir dari cerita dalam novel itu, termasuk alur terbukaatau tertutup?3.Bagaimana penyelesaian akhir cerita itu? Tokoh utama berakhirdengan kebahagiaan atau kesengsaraan?4.Jelaskan secara singkat alur kutipan novel yang kamu dengarkan!...............................Sumpah deh, Ta, gue nggak nyangka ternyata Ariel sama kakak guekenal baik. Ini berarti kesempatan gue buat dapetin Ariel semakin terbukalebaaaaarr," Mayang membentangkan tangannya sambil tersenyum."Cieee... wajah lo udah ngelebihin cerahnya pagi, Yang," puji Rista yangsedari tadi mendengarkan cerita Mayang dengan asyik. Hari itu memangmasih pagi, bahkan bel masuk belum berbunyi."Yah, gue emang lagi dapet rezeki, Ta." Mayang membanggakandirinya."Sstt.. Yang, Kak Rocha tuh." Mata Rista tak sengaja menangkap sosokRocha yang sedang berjalan ala peragawati melewati kelas Mayang danRista."Kak Rocha?" Mayang ikut melihat cewek yang dilihat Rista. "Teruskenapa? Emang gue ada urusan opa sama dia?"

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->