Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
piltriiiiiiiip2

piltriiiiiiiip2

Ratings: (0)|Views: 143|Likes:
Published by Vea

More info:

Published by: Vea on Mar 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN RESMIPRAKTIKUM DASAR-DASAR ILMU TANAH
PRAKTIKUM LAPANGAN
Disusun oleh :1.Anggia Vindrisasi / 113262.Arya Martin S / 113513.Muhammad Itsnan / 113544.Prima Kurniawan / 113575.Agus Yudhistira / 113606.Anita Firda Wardani / 11368Gol/Kel :B-2 / 2Asisten : Puspita Harum M.
LABORATORIUM TANAH UMUMJURUSAN TANAHFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS GADJAH MADAYOGYAKARTA2009
 
 ABSTRAKSI 
Praktikum lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 18 April 2009 di lima lokasi yaituBanguntapan Bantul; Patuk Gunung Kidul; Hutan Bunder; Playen; dan Mulo, KabupatenGunung Kidul Yogyakarta. Praktikum ini bertujuan untuk mengenali jenis tanah dengan melihatsifat, ciri, dan kenampakan di lima lokasi tersebut serta mengetahui pemanfaatan lahan di lokasitersebut. Bahan dan alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah pengeruk, penetrometer,air, Soil Munsell Color Chart, pH meter, H
2
O
2
10 %, H
2
O
2
3%, dan HCl 2 N untuk ujikhemikalia. Praktikum dilakukan dengan membuat profil tanah di masing-masing lokasi danmendeskripsikannya. Deskripsi profil tanah yang diamati adalah jeluk, warna tanah, tekstur,struktur, konsistensi, perakaran, bahan kasar, kekerasan, kadar BO, Mn, kapur, dan pH tanah.Hasil pengamatan menurut klasifikasi PPT, jenis tanah di Banguntapan adalahkambisol(Inseptisol), Patuk termasuk Latosol (Ultisol), jenis tanah di Hutan Bunder adalahRendzina, jenis tanah di Playen adalah grumosol (Vertisol), dan jenis tanah di Mulo adalahMediteran (Alfisol).
I. PENDAHULUANLAKANG
Ada 2 pendekatan dalam mempelajari tanah yaitu memahami tanah di laboratorium dandi lapangan. Pengamatan di lapangan bertujuan untuk mengetahui sifat dan karakteristik tanahdengan mengamati langsung kenampakannya di lapangan. Sedang pengamatan di laboratorium bertujuan untuk mengamati sifat dan karakteristik tanah yang tidak dapat diamati secara visual.Dengan demikian diharapkan terjadi keruntutan informasi mengenai sifat dan karakteristik masing-masing jenis tanah dengan sifat fisika dan kimia di laboratorium dengan kenampakannyadi lapangan. Adapun jenis-jenis tanah yang diamati adalah inseptisol, latosol, rendzina, grumosoldan mediteran.Kelima jenis tanah tersebut berada di 4 satuan fisiografi utama dari 7 satuan fisiografiyang ada di wilayah propinsi DIY yaitu :1.Puncak Merapi, terletak di wilayah Yogyakarta bagian utara yang berbatasan langsungdengan daerah puncak gunung merapi. Jenis tanah yang ditemukan adalah regosol abuvulkan. Penggunaan lahan untuk tanaman keras - hutan.2.Kaki merapi, terbentang mulai Pakem membujur ke selatan sampai fisiografi daerah pantai dan mulai Kulan Progo di bagian barat sampai ke timur (daerah perbukitan Piyungan).Jenis tanah yang ditemukan adalah regosol abu vulkan. Penggunaan lahan untuk hortikulturadan tanaman pangan.
 
3.Pegunungan Progo Barat/Menoreh, terbentang dari sungai Progo (bagian timur) sampaikomplek perbukitan daerah Wates dan Kokap (bagian barat) dan dari Temon (selatan) sampaidaerah Samigaluh (bagian utara). Jenis tanah yang ditemukan antara lain grumosol, rendzina,latosol, mediteran, alluvial dan litosol.4.Pegunungan Baturagung, terbentang mulai daerah Piyungan (bagian barat) sampai daerah Ngawen (timur). Tanah-tanah yang ditemukan antara lain litosol, latosol, rendzina danmediteran. Penggunaan lahan berupa tegalan, hutan, dan lahan kritis.5.Cekungan Wonosari, terletak didaerah datar sampai cekungan di sekitar Wonosari. Tanahyang dijumpai grumosol. Penggunaan lahan untuk pertanian lahan kering.6.Pegunungan Seribu, terbentang mulai daerah Karangmojo (timur) sampai daerahPanggang. Tanah yang dijumpai litosol dan mediteran. Penggunaan lahan untuk pertaniansistem pot.7.Daerah pantai, terbentang dari Parangtritis sampai daerah Temon. Tanah yang dijumpaiadalah regosol pantai, Penggunaan lahan berupa perdu kelompok pandanus.A.
TUJUAN
Praktikum lapangan (
 field trip
) ini bertujuan untuk memperkenalkan jenis-jenis tanahyang digunakan dalam praktikum di laboratorium dengan melihat sifat, ciri dan kenampakantanah secara langsung di lapangan.
II.TINJAUAN PUSTAKA
Pedogenesis atau evolusi tanah merupakan suatu proses dimana tanah tersebut dibentuk.Pedogenesis merupakan bagian dari ilmu pedologi, yang mempelajari aspek-aspek dari tanahseperti morfologi tanah, klasifikasi (taxonomy) tanah, dan distribusi tanah di alam baik sekarangmaupun dulu kala (geografi tanah dan paleodologi). Unsur-unsur pembentuk tanah yaitu bahaninduk (parent material), iklim (climate), organisme (organisms), topografi (relief), dan waktu(time) (Wikipedia, 2009).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->