Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
naskah pidato ekonomi

naskah pidato ekonomi

Ratings: (0)|Views: 52|Likes:
Published by Caka Ciki

More info:

Published by: Caka Ciki on Mar 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/03/2013

pdf

text

original

 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Ilahi Rabbi, atas berkat karunia danrahmatnya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat. Taklupa sholawat dan salam kita haturkan pada panutan junjungan alam RasulullahMuhammad SAW.Bapak kepala sekolah yang saya hormati serta bapak ibu guru yang sayahormati tak lupa kepada teman-teman seperjuangan yang saya cintai.Hadirin yang saya banggakan.Ekonomia adalah bidang yang paling berkembang di seluruh dunia, bidangnomor satu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tanpaekonomi sebuah negara tidak akan berdiri dan tidak akan berkembang karenaekonomilah yang bisa memenuhi kebutuhan negara baik itu untuk rakyat semuaataupun pemerintah yang bergerak sebagai tempat dan alat tumbuhnyaekonomi.Masalah ekonomia merupakan suatu masalah yang terdapat dalam kehidupanmanusia yang saling mengikat. Secara umum ada dua pokok masalah ekonomi,yaitu pokok masalah ekonomi klasik dan pokok masalah ekonomi modern.Masalah pokok ekonomi klasik adalah masalah yang dilihat dari sudut pandangsederhana. Pada dararnya tujuannya hanya satu yaitu kemakmuran. Caramemecahkan masalah ini yaitu dengan melakukan apapun yang dianggap perluagar kemakmuran tersebut dapat dicapai. Adapun permasalahan ekonomi klasikdigolongkan menjadi tiga macam yaitu masalah produksi, distribusi dankonsumsi.Masalah produksi adalah permasalahan bagaimana memproduksi semua bendabaik barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnyaapabila di sebuah negara atau daerah sebagian besar penduduknyamengkonsumsi makanan pokok berupa nasi, maka produk beras akan diproduksisebanyak-banyaknya. Contoh lain jika kendaraan roda dua sudah diajadikan halyang pokok maka produksi motor akan banyak.
 
 Yang kedua masalah distribusi yaitu bagaimana supaya benda pemuaskebutuhan bisa sampai kepada konsumen yang membutuhkan.yakni sebuahproduksi tidak akan bertahan jika produksinya tidak sampai kepada tangankonsumen.Ke tiga, masalah konsumsi yaitu apakah benar pemuas kenutuhan yangdiproduksi memang benda yang dapat dimiliki oleh konsumen. Artinya barangyang diproduksi adalah barang yang tepat, yaitu memang barang yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan, dan mapu dibeli oleh konsumen. Contohnya tidakada menjual jas hujan di musim panas, itu akan terlihat konyol memang.Hadirin yang saya banggakanItu adalah maslah ekonomi klasik yang terlihat sederhana tapi sangat pentingterutama bagi calon-calon usahawan. Walaupun masalah tersebut terlihat sangatsimple tapi dalam mempraktekannya kita butuh ilmu dan keahlian.Selanjutnya, yaitu pokok masalah ekonomi modern. Masalah ekonomi modernmerupakan masalah yang muncul pada sekarang ini, dimana banyak terjadi baikitu dalam system ekonomi manapun karena masalah ini bersifat universal dansaling keterkaitan satu sama lain. Masalah ini meliputi dua hal yaitu kelangkaandan pilihan. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan?Kelangkaan adalah terbatasnya jumlah benda pemuas kebutuhan dari padakebutuhan. Kelangkaan terjadi akibat ketidakpuasan manusia untuk memenuhikebutuhan hidupnya. Akibat dari ini dapat menurunnya jumlah barang yangtersedia. Contohnya seperti batubara atau minyak bumi apabila terusdieksploitasi lama-kelamaan akan habis karena sifatnya yang terbatas. Jikamanusia tidak mampu berhemat kebutuhan akan bahan bakar tidak dapatterpenuhi.Pilihan merupakan merupakan pelengkap dari kelangkaan ini dapatmenimbulkan masalah ekonomi yang muncul dalam empat pertanyaanmendasar tentang what, how, who, dan for whom. Semakin meningkatnyaperadaban manusia yang diatandai dengan meningkatnya jumlah penduduk,perekonomian ilmu pengetahuan, dan teknologi, maka semakin luas dan rumit juga persoalan perekonomian yang dihadapi oleh manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->