Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkandangan Sapi

Perkandangan Sapi

Ratings: (0)|Views: 670 |Likes:
Published by Driszn Asprets

More info:

Published by: Driszn Asprets on Mar 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
PERKANDANGAN SAPI
Kandang merupakan salah satu faktor produksi yang belum mendapat perhatiandalam usaha peternakan sapi potong khususnya peternakan rakyat. Kontruksikandang yang belum sesuai dengan persyaratan teknis dapat mengganggu produktivitas ternak, kurang efisien dalam penggunaan tenaga kerja dan berdampak terhadap lingkungan sekitarnya. Kondisi kandang yang tidak leluasa,tidak nyaman dan tidak sehat akan menghambat produktivitas ternak.
A. Fungsi kandang
 Kandang bagi sapi potong merupakan sarana yang diperlukan, meski tanpakandang ternak sapi pun dapat hidup tanpa kesulitan. Kandang tidak hanya berfungsi sebagai tempat berteduh dan beristirahat bagi sapi, tapi juga berfungsiuntuk :1.
 
Melindungi ternak dari perubahan cuaca atau iklim yang ekstrim (panas, hujandan angin).2.
 
Mencegah dan melindungi ternak dari penyakit.3.
 
Menjaga keamanan ternak dari pencurian.4.
 
Memudahkan pengelolaan ternak dalam proses produksi seperti pemberian pakan, minum, pengelolaaan kotoran/limbah dan perkawinan.5.
 
Meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja.
B. Persyaratan kandang
Pembuatan kandang untuk sapi potong perlu memperhatikan beberapa persyaratan antara lain dari segi teknis, ekonomis, kesehatan kandang (ventilasikandang, pembuangan kotoran), efisiensi pengelolaan dan kesehatan lingkungansekitarnya.Dalam hal pemilihan lokasi kandang, ada beberapa pertimbangan yang harusdilakukan dalam memilih lokasi antara lain adalah :1.
 
Ketersediaan sumber air untuk minum, memandikan dan membersihkankandang ternak,2.
 
Dekat dengan sumber pakan,
 
3.
 
Kemudahan akses transportasi untuk penyediaan pakan dan pemasaran,4.
 
Tersedia areal untuk perluasan jika dibutuhkan,5.
 
Lokasi lebih tinggi dari sekelilingnya sehingga memudahkan untuk  pembuangan limbah dan menghindari genangan air pada waktu hujan,6.
 
Jarak kandang dengan bangunan umum dan perumahan minimal 10 m,7.
 
Tidak mengganggu kesehatan lingkungan,8.
 
Relatif jauh dari jalan umum,9.
 
Limbah ternak dapat tersalur dengan baik.
C. Konstruksi Kandang
Konstruksi sangat menentukan ketahanan bangunan, kandang harus dibuatsekokoh mungkin sehingga mampu menahan beban dan benturan serta doronganyang kuat dari ternak, mudah dibersihkan, mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga tidak lembab dan tersedia tempat penampungan kotoran beserta salurandrainasenya. Kandang dan perlengkapan ditata dengan baik sehingga dapatmemberikan kenyamanan pada ternak serta memudahkan peternak bekerja untuk memberi pakan, minum, membuang kotoran dan menangani kesehatan ternak.Konstruksi kandang dirancang sesuai dengan agroklimat wilayahsetempat, tujuan pemeliharaan, dan status fisiologis ternak. Untuk dataran tinggimodel kandang sapi potong yang baik adalah lebih tertutup untuk melindungiternak dari cuaca dingin, sedangkan untuk dataran rendah kebalikannya yaitu bentuk kandang yang lebih tinggi dan lebih terbuka. Tipe dan bentuk kandangdisesuaikan dengan status fisiologis dan pola pemeliharaan ternak seperti kandang pembibitan, penggemukan, pembesaran, kandang beranak/menyusui dan kandang pejantan.
D. Bahan kandang
Bahan kandang hendaknya disesuaikan dengan tujuan usaha dankemampuan ekonomi. Dalam memilih bahan kandang hendaknya dipilih bahanlokal yang banyak tersedia dan minimal tahan digunakan untuk jangka waktu 5
 – 
 10 tahun.
 
 
E. Syarat Tekhnis Pembuatan Kandang1.
 
Lantai Kandang
a.
 
Harus kuat, tahan lama, tidak licin dan tidak terlalu kasar, mudahdibersihkan dan mampu menopang beban yang ada diatasnya. b.
 
Dapat berupa tanah yang dikeraskan, beton, pasir semen (PC) dan kayuyang kedap air.c.
 
Tingkat kemiringan lantai kandang sangat penting untuk menjaga drainasekandang.d.
 
Tingkat kemiringan lantai tidak boleh lebih dari 2-5
artinya perbedaantinggi antara lantai depan dengan lantai belakang pada setiap panjanglantai 1 meter tidak boleh lebih dari 5 cm.
Gambar 1. Kemiringan lantai dan ukuran selokan
2.
 
Atap Kandang
a.
 
Dapat dibuat dari bahan yang murah seperti atap alang-alang, daun kelapaatau mengunakan seng dan asbes. b.
 
Untuk atap yang berasal dari daun kelapa dan alang-alang perlu lebihmiring berkisar 30% sehingga air hujan yang jatuh dapat segera mengalir sedangkan atap seng dan asbes kemiringan minimal 15% untuk dapatmenjamin air hujan dapat mengalir dengan baik.c.
 
Untuk daerah kering beriklim kering sebaiknya ketingggian atap minimal3,5 meter untuk menjamin sirkulasi udara didalam kandang.Berdasarkan bentuk atap kandang, terdapat beberapa model atap kandang yaitu :a.
 
Atap monitor  b.
 
Atap semi monitor c.
 
Shade

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->