Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH VEGETATIF GENERATIF

MAKALAH VEGETATIF GENERATIF

Ratings: (0)|Views: 1,442|Likes:
Published by Muhamad Saifudin

More info:

Published by: Muhamad Saifudin on Mar 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/26/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Setiap organisme mempunyai kemampuan untuk terus tumbuh dan berkembang.Tumbuh ialah pada hal kuantitatif, contoh adalah pertambahan panjang pada tumbuhanatau semisalnya. Sedang berkembang ialah pada hal kualitatif, contoh adalah proseskedewasaan pada manusia. Pada tumbuhan ada beberapa faktor yang dibutuhkan. Cahayamerupakan faktor lingkungan yang diperlukan untuk mengendalikan pertumbuhan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Cahaya diperlukan dalam prosesfotosintesis. Pengendalian perkembangan oleh cahaya disebut fotomorfogenesis. Namun, dewasa ini banyak dari kalangan terpelajar yang kurang memahamisecara detail dari konsep pertumbuhan dan perkembangan ini, padahal konsep inimerupakan salah satu teori dasar pada subyek ilmu tentang kehidupan. Dan kini, kamiakan membahas tentang pertumbuhan dengan spesifik pada Pertumbuhan Generatif danvegetative pada tumbuhan.
1.2
 
Tujuan
-
 
Untuk mengetahui Pengertian Pertumbuhan Vegetatif -
 
Untuk mengetahui Bagian-Bagian Organ Vegetatif -
 
Untuk mengetahui Fotomorfogenesis-
 
Untuk mengetahui Pengertian Pertumbuhan Generatif -
 
Untuk mengetahui Bagian-Bagian Organ Generatif -
 
Untuk mengetahui Maturation dan Ripening
1.3
 
Manfaat
-
 
Agar dapat mengetahui proses pembentukan pertumbuhan vegetatif dan generatif  pada tanaman.
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pertumbuhan Vegetatif 2.1.1 Pengertian Pertumbuhan Vegetatif 
Pertumbuhan secara vegetative adalah Pertumbuhan makhluk hidup tanpamelalui prose perkawinan. Pertumbuhan ini ditandai dengan tidak adanya proses pebuahan, dalam artian bahwa pertumbuhannya hanya melibatkan satu induk saja.Pertumbuhan secara vegetative menghasilkan individu yang memiliki sifat-sifat samasepert induknya.Pertumbuhan vegetative pada tumbuhan dibagi menjadi dua yaitu vegetativealami dan vegetative buatan.a. Vegetative alami adalah perkembangbiakan makhluk hidup tanpa bantuan manusiadalam artian terjadi secara alami, contohya sporal, umbi akar, geragih, membelahdiri, umbi batang, umbi lapis, tunas, tunas aventif. b. Vegetative buatan adalah perkembangbiakan yang terjadi ditandai dengan adanyacampur tangan manusia dalam proses perkembangbiakannya. Vegetative buatanmemiliki beberap keunggulan diantaranya tanaman baru yang dihasilkan lebihcepat berbuah atau memberikan hasil atau sifatnya sama atau bahkan lebih bagusdari tanaman induknya. Contohya cangkok, stek, okulasi, enten atau kopulasi,merunduk (Balqis, 2010)
2.1.2 Bagian-Bagian Organ Vegetatif 
Bagian vegetatif dapat dibagi dalam 2 (dua) bagian:1. Yang berada di atas tanah (batang pokok, dahan, ranting, daun) berada di dalamlingkungan yang penuh dengan udara dan lembap, serta sinar matahari dan suhuudara yang tidak konstan2. Bagian yang berada di dalam tanah, perakaran yang tumbuhnya ke bawah atau kedalam tanah dan menghindari matahari.Bagian ini terdiri dari:- Akar tunggang atau akar pokok yang tumbuhnya lurus ke bawah- Akar lateral, tumbuhnya mendatar, dan keluar dari dekat leher akar 
 
Sifat dan fungsi bagian vegetative:1. Batang pokok 
 
 Gb.1 Organ Vegetatif (Batang)Dapat meningkat tingginya, Karena diperlengkapi dengan titik tumbuh pucuknya. Dan dapat memperbesar lingkaran batangnya Karena diperlengkapidengan jaringan khusus yang disebut kambium. Letak kambium di atas kayu,dan di bawah kulit.2. DahanGb.2 Organ Vegetatif (Dahan)Tumbuh dari kuntum yang berada di ketiak daun pada batang pokok yangmasih muda. Tumbuhnya bisa mendatar atau membentuk sudut kurang dari90°. Dengan adanya dahan-dahan tersebut dibentuklah mahkota pohon yangkonis, pyramidal, bulat telur, lonjong dan sebagainya.3. RantingGb.3 Organ Vegetatif (Ranting)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->