Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apa Itu Yupa Dan Salah Satu Isi Yupa

Apa Itu Yupa Dan Salah Satu Isi Yupa

Ratings: (0)|Views: 1,883 |Likes:
Published by Septi Mediana
lululala
lululala

More info:

Published by: Septi Mediana on Mar 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2013

pdf

text

original

 
APA ITU YUPA DAN SALAH SATU ISI YUPA
Yupa adalah tiang batu yang dibangun untuk pengikat hewan kurban. Pada Yupa Kutai didapati guratantuliisan Palawa dengan memakai bahasa Sansekerta, menjelaskan tentang suatu peristiwa penting yangpernah terjadi. Ada yang menyebut/menyamakan Yupa dengan Prasasti, ada pula yang menyebut Yupasaja, dan membedakannya dengan Prasasti. Perbedaan Yupa Kutai dengan Prasasti Tarumanegara danprasasti dari kerajaan Hindu-Budha lainnya terletak pada fungsi. Yupa Kutai difungsikan sebagai tiangbatu tempat mengikat hewan kurban.Salah satu isi Yupa Kutai : (terjemahan bebas) Sang maharaja KUNDUNGA mempunyai anak bernamaASWAWARMAN. Sang Aswawarman mempunyai 3 orang putera, dan yang paling gagah serta terkenalbernama MULAWARMAN. Mulawarman pernah mempersembahkan 20.000 ekor sapi/lembu kepadakaum Brahmana di lapangan suci WAPRAKECWARA.
LETAK KERAJAAN KUTAI
 Kerajaan Kutai terletak di sekitar aliran Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Berdasarkan bukti-buktiberupa yupa yang ditemukan, Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia
RAJA KUDUNGGA,ASWAWARMAN DAN MULAWARMAN SERTA RUNTUHNYA KERAJAAN KUTAI- Raja Kudungga
Adalah raja pertama yang berkuasa di kerajaan kutai. Dapat kita lihat, nama raja tersebut masihmenggunakan nama lokal sehingga para ahli berpendapat bahwa pada masa pemerintahan RajaKudungga pengaruh Hindu baru masuk ke wilayahnya. Kedudukan Raja Kudungga pada awalnya adalahkepala suku. Dengan masuknya pengaruh Hindu, ia mengubah struktur pemerintahannya menjadikerajaan dan mengangkat dirinya sebagai raja, sehingga penggantian raja dilakukan secara turuntemurun.
- Raja Aswawarman
Prasasti yupa menceritakan bahwa Raja Aswawarman adalah raja yang cakap dan kuat. Pada masapemerintahannya, wilayah kekuasaan Kutai diperluas lagi. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannyaUpacara Asmawedha pada masanya. Upacara-upacara ini pernah dilakukan di India pada masapemerintahan Raja Samudragupta ketika ingin memperluas wilayahnya. Dalam upacara itu dilaksanakanpelepasan kuda dengan tujuan untuk menentukan batas kekuasaan Kerajaan Kutai ( ditentukan dengantapak kaki kuda yang nampak pada tanah hingga tapak yang terakhir nampak disitulah batas kekuasaanKerajaan Kutai ). Pelepasan kuda-kuda itu diikuti oleh prajurit Kerajaan Kutai.
-Raja Mulawarman
Raja Mulawarman merupakan anak dari Raja Aswawarman yang menjadi penerusnya. RajaMulawarman adalah raja terbesar dari Kerajaan Kutai. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Kutaimengalami masa kejayaannya. Rakyat-rakyatnya hidup tentram dan sejahtera hingga Raja Mulawarmanmengadakan upacara kurban emas yang amat banyak.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->