Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pkmd

pkmd

Ratings: (0)|Views: 32 |Likes:
Published by Bayu Sang Pemimpi
PKMD
PKMD

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Bayu Sang Pemimpi on Mar 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

 
PEMBANGUNAN KESEHATAN MASYARAKAT DESA
22 Desember 2008 olehRamadhan 
SUATU KONSEP YANG LAHIR UNTUK MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM KESEHATAN 
Oleh : ERFANDI
Latar Belakang Lahirnya PKMD
Pada evaluasi menjelang Pelita I terungkapkan adanya permasalahan kesehatan yangperlu memperoleh pemecahan segera melalui suatu pendekatan baru, yaitu PKMD.Suatu pendekatan yang diharpkan dapat mengatasi latar belakang permasalahanterhadap :
-
meraja lelanya penyakit-penyakit menular yang banyak menimpa rakyat kecil dipedusunan
-
keadaan under-nurishment yang menyangkut terutama bayi dan balita maupun ibu-ibudalam masa reproduktif 
-
keadaan sanitasi lingkungan jelek ditambah ekses dari perumbuhan industrialisasi
-
pertambahan penduduk secara alamiah yang masih tinggi
-
tingkat pendapat perkapita yang rendahTegasnya selama pelita I itu diletakkan rintisan yang mendasar melalui perbaikantingkat kesehatan rakyat dengan skala prioritas program kesehatan antara lain :
-
pemulihan kesehatan
-
pembinaan hidup sehat
-
pemberantasan penyakit menular 
-
farmasi
-
pengembangan infrastruktur 
-
penelitian kesehatan
 
-
trainingKebijaksanaan-kebijaksanaan pelayanan selama pelita I karenanya ditik beratkankepada :1. perencanaan kesehatan yang lebih baik, kerena sebelumnya masih berupa meraba-raba sebab belum ada data-data yang akurat.2. Melihat kenyataan keterbatasan-keterbatasan dana dan fasiitas maupun atas dasar efektifitas dan efisiensi3. Daerah sasaran diprioritaskan pada daerah-daerah pedusunan (yang kemudian lahir konsep PKMD), daerah transmigrasi dan daerah pengembangan / pembanguananlainnya4. Kebijaksanaan pelayanan ditetapkan atas dasar skala prioritas program denganpertimbangan adanya keterbatasan-keterbatasan diatas5. Usaha-usaha preventif maupun promotif lebih ditingkatkan dengan memperhatikanpola keseimbangannya berdasarkan situasionalny dan kondisioningnya.
A. Pengertian
Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) adalah rangkaian kegiatanmasyarakat yang dilakukan berdasarkan gotong-royong, swadaya masyarakatdalam rangka menolong mereka sendiri untuk mengenal dan memecahkanmasalah atau kebutuhan yang dirasakan masyarakat, baik dalam bidangkesehatan maupun bidang dalam bidang yang berkaitan dengan kesehatan, agar mampu memelihara kehidupannya yang sehat dalam rangka meningkatkan mutuhidup dan kesejahteraan masyarakat.
PKMD adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang pelaksanaannya didasarkanmelalui sistem pelayanan puskesmas, dimana dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan oleh lembaga ini diikutsertakan anggota-anggota masyarakatdi Pedusunan melalui segala pengarahan untuk menimbulkan kesadaran secaraaktif di dalam ikut membantu memecahkan dan mengembangkan usaha-usahakesehatan di Desanya (Dirjen Binkesmas Depkes RI, 1976)
PKMD adalah kegiatan atau pelayanan kesehatan berdasarkan sistempendekatan edukatif masalah kesehatan melalui Puskesmas dimana setiapindividu atau kelompok masyarakat dibantu agar dapat melakukan tindakan-tindakan yang tepat dalam mengatasi kesehatan mereka sendiri. Disamping itukegiatan pelayanan kesehatan yang diberikan juga dapat mendorong timbulnyakreativitas dan inisiatif setiap individu atau kelompok masyarakat untuk ikutsecara aktif dalam program-program kesehatan di daerahnya dan menentukan
 
prioritas program sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yangbersangkutan. (Kanwil Depkes Jawa Timur)
Pokok-pokok pemikiran yang fundamental yang melandasi definisi PKMD tersebut diatasditekankan melalui pendekatan-pendekatan sebagai berikut :
Untuk keberhasilan PKMD di suatu daerah herus memanfaatkan pendekatanoperasional terpadu (comprehensive operational approach) yang meliputipendekatan secara sistem (system approach), pendekatan lintas sektoral danantar program (inter program and inter sektoral approach), pendekatan multidispliner (multi displionary approach), pendekatan edukatif (educationalapproach), dsb.
Dalam pembinaan terhadap peran serta masyarakat melalui pendekatan edukatif,hendaknya faktor ikut sertanya masyarakat ditempatkan baik sebagaikomplemen maupun suplemen terdepan dalam penunjang sistem kesehatannasional ini.
Sebagai kegiatan yang dikelola sendiri oleh masyarakat, PKMD secara bertahapdan terus menerus harus mampu didorong untuk membuka kemungkinan-kemungkinan menumbuhkan potensi swadayanya melalui pemerataan akanperanserta setiap individu di desa secara lebih luas dan lebih nyata
Puskesmas sebagai pengarah (provider) setempat perlu meningkatkan kegiatandiluar gedung (ourt door activities) untuk mengarahkan “intervensinya “ di dalammemacu secara edukatif terhadap kelestarian kegiatan PKMD oelh masyarakatdibawah bimbingan LSD.Kegiatan masyarakat tersebut diharapkan muncul atas kesadaran dan prakarsamasyarakat sendiri dengan bimbingan dan pembinaan dari pemerintah secara lintasprogram dan lintas sektoral. Kegiatan tersebut tak lain merupakan bagian integral daripembangunan nasional umumnya dan pembangunan desa khususnya. Puskesmassebagai pusat pengembangan kesehatan di tingkat kecamatan mengambil prakarsauntuk bersama-sama dengan sektor-sektor yang bersangkutan menggerakkan peranserta masyarakat (PSM) dalam bentuk kegiatan PKMD.
B. Tujuan
1.Tujuan umum
Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat menolong diri sendiri dibidangkesehatan dalam rangka meningkatkan mutu hidup
1.Tujuan khusus

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->