Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah John Dalton

Makalah John Dalton

Ratings: (0)|Views: 71|Likes:
Published by Ayoe Diah Ajha

More info:

Published by: Ayoe Diah Ajha on Mar 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/04/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH FISIKA ATOM
JOHN DALTON
Disusun oleh:
KUSNANTO M. W. M0209031NANIK W. M0209035
JURUSAN FISIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA2011
 
PENDAHULUAN
Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi dan perkembangan pemikiran manusia, maka semakin banyaknya penjelasan tentang atom yang telahdikemukakan oleh para ilmuwan, diantaranya adalah :1.
 
Teori atom Dalton, oleh John Dalton2.
 
Teori atom Thomson, oleh J.J Thomson3.
 
Teori atom Rutherford, oleh Ernest Rutherford4.
 
Teori atom Bohr, oleh Niels Bohr Dari keempat ilmuwan diatas teori atom semakin berkembang dan semakin kompleksyang didukung oleh bukti-bukti dari hasil percobaan mereka.John Dalton (6 September 1766 - 27 Juli 1844) adalah seorang fisikawan dari Inggris,lahir di Eaglesfield, dekat Cockermouth di Cumberland. Ia terkenal dengan teori atom. Dalam buku yang berjudul New System of Chemical Philosophy ia berhasil merumuskan teori atomsekitar tahun 1803. Dalton Menjelaskan bahwa benda terdiri dari atom-atom yang tidak dapatdiurai lagi. John Dalton adalah seorang guru Inggris, yang mengembangkan teori modernyang pertama mengenai atom-atom sebagai partikel terkecil unsur dan molekul-molekuladalah partikel terkecil senyawa. Untuk menerangkan sifat unsur, ia mengembangkangagasan bahwa suatu unsur mengandung hanya satu macam atom dan bahwa suatu atommerupakan partikel sederhana yang tidak dapat dirusak (dari) materi.
 PEMBAHASAN
 
Model Atom Menurut John Dalton
Pada tahun 1808, John Dalton (ahli kimia bangsa Inggris) mengemukakan gagasannyatentang atom sebagai partikel penyusun materi. Gagasannya adalah sebagai berikut :a.
 
Atom merupakan partikel terkecil yang tak dapat dipecah lagi. b.
 
Atom suatu unsur sama segala sifatnya, sedangkan atom unsur berbeda, berlainandalam massa dan sifatnya.c.
 
Senyawa terbentuk bila atom bergabung satu sama lain.
 
d.
 
Reaksi kimia hanya melibatkan penataulangan atom-atom sehingga tidak atom yang berubah akibat reaksi kimia.Model atom Dalton, adalah gagasan tentang partikel materi, bahwa materi terdiri atas butiran-butiran yang sangat kecil, yaitu atom. Model ini telah menghapus pendapat yangmengatakan bahwa pembagian materi bersifat kontinu. Walaupun kini ternyata bahwa atomterdiri atas partikel-partikel subatom, tetapi atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang mempunyai sifat yang sama dengan unsur itu. Atom adalah unit terkecil dari suatuunsur yang terlibat dalam suatu reaksi. Jika suatu atom diuraikan atas proton, neutron danelektron, maka tidak ada lagi unsur-unsur yang kita kenal sekarang dan kenyataannya tidak mudah menguraikan suatu atom menjadi partikel-partikel subatomnya.Gambar 1 menunjukkan model atom Dalton. Model ini dianggap sebagai model atomilmiah yang pertama kali dikemukakan, sebab dilandasi fakta temuan eksperimen, yaknihukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap.Sesungguhnya gagasan tentang atom sebagai partikel terkecil materi telah dilontarkan jauh hari sebelum Dalton hidup, misalnya oleh Democritus, seorang filsuf Yunani yang hidupsekitar 400 tahun SM. Namun pandangan Democritus tidak dianggap sebagai pandanganilmiah karena tidak dilandasi fakta-fakta empiris.
(Gambar 1 :Model atom Dalton)
 
Kelebihan Dari Teori Atom Dalton
Dalton merupakan salah satu ilmuwan pertama yang melakukan percobaan dan penelitian tentang atom, meskipun sebelumnya ada ilmuwan juga yang bernama Democritusyang menyatakan konsep tentang atom tetapi hasil pemikirannya sama sekali tidak didasarihasil suatu percobaan.Beberapa teori atom yang dinyatakan John Dalton memiliki beberapa kelebihan,diantaranya yaitu :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->