Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Soal Psikotes Kemampuan Verbal

Contoh Soal Psikotes Kemampuan Verbal

Ratings: (0)|Views: 423 |Likes:

More info:

Published by: Hamid Putra Kepulauan on Mar 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2014

pdf

text

original

 
Contoh Soal Psikotes Kemampuan VerbalContoh soal psikotes bagian ini meliputi beberapa jenis. Ada test yang berhubungan dengan persamaankata atau sinonim, lawan kata atau antonim, serta padanan hubungan kata atau analogi. Berikutpenjelasannya secara singkat.
 
SinonimSinonim adalah dua kata yang pada dasarnya memiliki makna yang sama. Hanya saja, terdapatperbedaan bentuk luarnya.Saat menghadapi soal sinonim, harus diperhatikan kata yang diuji dengan sebaik mungkin. Jangansampai salah mengerti karena akan berdampak pada jawabannya.
Contoh : Apa sinonim dari “ARISTOKRAT”?
 Pilihan jawaban yang disediakan adalah:Menteri, Hulubalang, Bangsawan, Rakyat Jelata, RajaKita harus
mengetahui dulu arti dari kata “Aristokrat” sebelum memilih jawaban.
Setelah yakin, silakan pilih. Jawaban yang tepat tentu saja
Bangsawan
“.
 
Contoh soal psikotes di buku-buku menunjukkan tidak hanya sinonim dalam bahasa Indonesia saja yang
 
diujikan, kadangada juga bahasa asing.
Contoh : Tentukan sinonim dari “ENMITY”!
 Pilihan jawabannya adalah:Permusuhan, Persahabatan, Tolok Ukur, Label, AbadiUntuk menentukan jawaban dari contoh soal psikotes di atas, kembali pahami
arti kata yang ditanyakan sehingga didapat jawaban: “
Permusuhan
“.
 
 
AntonimAntonim adalah dua kata atau lebih yang bermakna bertolak belakang atau saling berlawanan. Teknisnyasama saja dengan soal-soal sinonim.Hanya saja, memang dibutuhkan ketelitian peserta tes agar tidak salah menjawab. Banyak mempelajaricontoh soal psikotes akan sangat berguna.
Contoh: SPORADIS
 a. Parsial b. Berubahc. Seringd. Konveksi
e. HambatanTemukan lebih dulu arti kata “Sporadis”. Ternyata, kata itu
 bermakna sesekali, sewaktu-waktu, kadang. Jawaban yang tepat tentu
saja “
Sering
“.|
 
 
AnalogiDalam tes ini, peserta biasanya diminta untuk mencari padanan atau persamaan yang menghubungkankata. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami maknayang tersirat dalam satu kata.
 
Banyak yang beranggapan kalau tes analogi ini cukup sulit meski sudah mempelajari contoh soalpsikotes. Kunci untuk mengerjakan soal analogi ini adalah mempunyai daya nalar yang baik untukmengetahui hubungan kata yang tepat.CINCIN : JARIa. Burung : Terbangb. Gelang : Tanganc. Ons : Bobotd. Emas : Logame. Sepatu : AksesorisDari contoh soal psikotes di atas didapat simpulan bahwa jawaban yang tepat adalah Gelang : Tangan.Mengapa?Perhatikan lagi soalnya, cincin dipakai di jari, sama artinya dengan gelang dipakai di tangan.
 
Posted onDesember 16, 2011by snmptn
Soal psikotes gambar atau Tes Logika Penalaran. Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkanpola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkanhampir serupa walau tak samaTes gambar adalah sebuah tes psikologi yang bertujuan mengukur kecerdasan seseorang dalam haldimensi keruangan (space). Bersama dengan tiga jenis tes lain, yaitu tes verbal, tes logika dan tes angka(kuantitatif), selain dipakai dalam psikotes seleksi karyawan, tes gambar ini juga umum dipakai dalam tesseleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi, yang dikenal dengan istilah TPA (Tes Potensi Akademik).
soal psikotes gambar 
 
Posted onJuli 10, 2011by snmptn
Interview pekerjaan adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah poses perekrutan kerja. Padatahapan ini, kepribadian Anda akan dinilai. Untuk itu ada baiknya jika Anda melakukan beberapapersiapan sebelum menghadiri sebuah tes wawancara.Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan menjelang tes wawancara:
 
Mengingat tes wawancara adalah sebuah proses pengenalan pribadi serta kemampuan Anda,maka ada baiknya Anda mempersiapkan penampilan Anda. Jangan sampai penampilan Andatidak mencerminkan hal yang negatif untuk perusahaan yang akan Anda masuki.
 
Kenali perusahaan yang akan Anda masuki dan pahami betul deskripsi pekerjaan dari posisiyang ditawarkan. Pengetahuan seputar kedua hal tersebut akan menjadi nilai tambah danmenunjukkan keseriusan Anda dalam mengajukan lamaran kerja.
 
Melatih diri. Hal ini cukup penting untuk dilakukan karena berlatih pun akan meningkatkankepercayaan diri Anda. Dan dengan berlatih, Anda dapat memprediksi pertanyaan-pertanyaanyang mungkin muncul dalam tes wawancara kerja nantinya. Berangkat dari prediksi tersebut,Anda pun dapat mempersiapkan jawaban-jawaban dengan lebih baik sebelum Anda melakukantes wawancara kerja.Kesiapan yang matang tentunya akan menunjukkan kompetensi Anda di mata perusahaan yang akanAnda masuki. Jadi, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri dan pastikan Anda menampilkan diriAnda yang terbaik dalam tes wawancara.
 
Posted onJuli 8, 2011by snmptn
Tes Koran Pauli Kraepelin
 Tes
skala kematangan adalah sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangansikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu dalam ilmu tes koran pauli kraepelin. Tujuandari tes wartegg ini adalah mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam halemosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function tes koran pauli kraepelin.Tes Pauli Krapelin dikembangkan pertamakali oleh seorang psikiater bernama Emil Kraepelin. Kraepelinpada mulanya menciptakan alat tes yang digunakan sebagai alat bantu untuk mendiagnosa gangguanotak yaitu alzheimer dan dementia. Selanjutnya, pada tahun 1938 Prof. Dr. Richard Pauli bersama Dr.Wilhelm Arnold dan Prof. Dr. Vanmethod memperbaharui tes Kraeplin sehingga dapat distandarisasikandan dapat pula dipakai untuk mendapatkan data tentang kepribadian. Saat ini tes tersebut dikenaldengan istilah Tes Pauli-Kraepelin. Untuk dapat mengerjakan soal psikotes paulimaupun
soal
 
psikotes
lainnya dengan baik dan lulus psikotes, Ikutilah panduan dan tips psikotes yang
 
kami berikan.Adapun tujuan dari tes pauli-kraepelin ini adalah untuk mengukur karakter seseorang pada beberapaaspek tertentu, yaitu :* Aspek keuletan (daya tahan)* Aspek kemauan atau kehendak individu* Aspek Emosi* Aspek penyesuaian diri* Aspek stabilitas diriBaca selebihnya » 

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Gofar Eng liked this
Ion_Riswan liked this
Andi Ruswendi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->