Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian telinga

Pengertian telinga

Ratings: (0)|Views: 456|Likes:
Published by andi nova

More info:

Published by: andi nova on Mar 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2013

pdf

text

original

 
Pengertian telinga
Telinga merupakan sebuahorganyang mampu mendeteksi/mengenal suara & juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga pada hewan vertebratamemiliki dasar yang sama dari ikan sampaimanusia, dengan beberapa variasi sesuaidengan fungsi danspesies. Telinga manusiaPendengaran adalah kemampuan untuk mengenalisuara. Dalammanusiadan binatang  bertulang belakang, hal ini dilakukan terutama oleh sistem pendengaran yang terdiri daritelinga, syaraf-syaraf, danotak.Sistem pendengaran adalah sistem yang digunakan untuk mendengar. Hal ini dilakukanterutama oleh sistem pendengaran yang terdiri daritelinga, syaraf-syaraf, danotak . Manusia dapat mendengar dari 20Hzsampai 20.000 Hz. Tidak semua suara dapatdikenali oleh semua binatang.
 
Anatomi Telinga ManusiaBagian Telinga
Indra pendengar dan keseimbangan terdapat di dalam telinga. Telinga manusiaterdiri atas tiga bagian, yaitu :
Telinga luar, yang menerima gelombang suara.
Telinga tengah, dimana gelombang suara dipindahkan dari udara ke tulang danoleh tulang ke telinga dalam.
Telinga dalam, dimana getaran ini diubah menjadi impuls saraf spesifik yang berjalan melalui nervus akustikus ke susunan saraf pusat. Telinga dalam jugamengandung organ vestibuler yang berfungsi untuk mempertahankankeseimbangan.
Telinga Luar
Telinga luar terdiri dari daun telinga (pinna, aurikula), saluran telinga lua(meatus akustikus eksternus) dan selaput gendang (membrane tympani), bagiantelinga ini berfungsi untuk menerima dan menyalurkan getaran suara ataugelombang bunyi sehingga menyebabkan bergetarnya membran tympani. Meatusakustikus eksternus terbentang dari telinga luar sampai membrane tympani.Meatus akustikus eksternus tampak sebagai saluran yang sedikit sempit dengandinding yang kaku. Satu per tiga luas meatus disokong oleh tulang rawan elastisdan sisanya dibentuk oleh tulang rawan temporal. Meatus dibatasi oleh kulitdengan sejumlah rambut, kelenjar Sebasea, dan sejenis kelenjar keringat yangtelah mengalami modifikasi menjadi kelenjar seruminosa, yaitu kelenjar apokrintubuler yang berkelok-kelok yang mennnghasilkan zat lemak setengah padat berwarna kecoklat-coklatan yang dinamakan serumen (minyak telinga). Serumen berfungsi menangkap debu dan mencegah infeksi.
 
Pada ujung dalam meatus akustikus eksternus terbentang membrane tympani. Diadiliputi oleh lapisan luar epidermis yang tipis dan pada permukaan dalamnyadiliputi oleh epitel selapis kubus. Antara dua epitel yang melapisi terdapat jaringan ikat kuat yang terdiri atas serabut-serabut kolagen dan elastin sertafibroblast. Pada kuadran depan atas membran atas tympani tidak mengandungserabut dan lemas, membentuk membran shrapnell.
Telinga Tengah (Kavum Tympanikus)
Telinga tengah merupakan suatu rongga kecil dalam tulang pelipis (tulangtemporalis) yang berisi tiga tulang pendengaran (osikula), yaitu maleus (tulangmartil), inkus (tulang landasan), dan stapes (tulang sanggurdi). Ketiganya saling berhubungan melalui persendian . Tangkai maleus melekat pada permukaandalam membran tympani, sedangkan bagian kepalanya berhubungan denganinkus. Selanjutnya, inkus bersendian dengan stapes. Stapes berhubungan denganmembran pemisah antara telinga tengah dan telinga dalam, yang disebut fenestraovalis (tingkap jorong/ fenestra vestibule). Di bawah fenesta ovalis terdapattingkap bundar atau fenesta kokhlea, yang tertutup oleh membran yang disebutmembran tympani sekunder.telah mengalami modifikasi menjadi kelenjar seruminosa, yaitu kelenjar apokrin tubuler yang berkelok-kelok yangmennnghasilkan zat lemak setengah padat berwarna kecoklat-coklatan yangdinamakan serumen (minyak telinga). Serumen berfungsi menangkap debu danmencegah infeksi.
Pada ujung dalam meatus akustikus eksternus terbentang membrane tympani. Diadiliputi oleh lapisan luar epidermis yang tipis dan pada permukaan dalamnyadiliputi oleh epitel selapis kubus. Antara dua epitel yang melapisi terdapat jaringan ikat kuat yang terdiri atas serabut-serabut kolagen dan elastin sertafibroblast. Pada kuadran depan atas membran atas tympani tidak mengandungserabut dan lemas, membentuk membran shrapnell.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->