Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tabloid Sipil edisi 6

tabloid Sipil edisi 6

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 617 |Likes:
Published by kahar
.
.

More info:

Published by: kahar on Mar 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2009

pdf

text

original

 
Edisi 6  Tahun I • 30 Juni 2008
CM YK CM YK
 
2
Edisi 6
Tahun I
Juni 2008
SURAT PEMBACA
Penerbit:
Perkumpulan Impact Aceh,
Alamat Redaksi:
Gedung Impact, Jalan T Iskandar No: 50, Lambhuk, Ulee Kareng, Banda Aceh 23118.Telp. 0651-28541, Fax. 0651 – 28542
Rekening Bank
: 105-00-0531602-5, BankMandiri a/n Perkumpulan Impact.
Pemimpin Umum:
RamadhanaLubis,
Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab
: Ahmad MX
Redaktur Pelaksana:
Nashrun
Redaktur
: Qahar Muzakar,
 
Andi Irawan,
Reporter:
Acun, Roni Purnama, Junaidi Mulieng, Mellyan, Tahara, Jufrizal, Irman Ibra, Murdeli, Ahmadi Simeulue,
 
Harry Qamaruddin,
Marketing:
IrwansyahPSA, Memed,
Desain
: Maha Studio,
Layout:
Masri Ruhdiko,
Teknologi Informasi
: Komaruddin
BLT
P
Pentingkah WanitaJadi Politisi?
Award UntukPejuang Pangan
Ayo SelamatkanHarimau
PEREMPUAN memang makhluk susah.Seprofesional dan secerdas apa pun, yangdiperhatikan orang tetaplah fisiknya. BahkanSenator Hillary Clinton, yang kalau tidak kalahdalam konvensi Partai Demokrat dan me-nyatakan mundur, punya kemungkinan untukmenjadi perempuan paling berkuasa sedunia,ternyata masih menerima komentar berkaitandengan dandanannya. Juga (maaf) pantatnya.Menyenangkan juga memikirkan bahwaperempuan, dalam tradisi Aceh, punya suarapenting dalam menentukan arah kebijakannegara.Sosok perempuan perkasa yang mem-bintangi sejarah nanggroe sudah cukupmenjadi bukti. Namun sebenarnya, sebelummenengadah ke ranah muluk seperti politik,ada wilayah kecil yang harus diperhatikan.Bangsa ini tidak ramah pada perempuan.Terutama ibu-ibu. Walau menyanjung pe-rempuan dengan mengatakan ‘surga ada ditelapak kaki ibu’, tapi mereka tak punya niatuntuk meringankan beban para ibu.Buktinya, tidak satu pun dari saranaumum di kota-kota seluruh Indonesia yangmenyediakan tempat untuk menggantipampers bayi. Tak ada tempat duduk khususibu hamil di bis.Tak ada ambalan landai (seperti untuksepeda motor), bagi ibu hamil agar mudahnaik kendaraan umum. Anak tangga dantrotoar di tempat umum tinggi dan lebarnyatak pernah diperhitungkan agar mudahdilewati.Dan, terakhir, Polisi tidak pernah me-nyetop dan menilang, bila ada seorang ibu yanglagi hamil tua, masih dibonceng dengan sepedamotor. Padahal, hal itu mengancam nyawa siibu dan bayinya sekaligus.
D. Hendrika Suksmadewi
DS Merpati, Meuraxa, Banda Acehdian_madeira_guci@yahoo.com
PERTAMA-TAMA, selamat atas ter-bitnya tabloid Sipil. Saya rasa, Anda punyapotensi untuk menjadi tabloid yangbertaring.Saya sekarang mukim di Nagoya, Jepang, dan mendapatkan versi pdf tabloidAnda dari seorang kenalan. Menarik sekali
BADAN Ketahanan Pangan dan Pe-nyuluhan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam(NAD) akan memberikan penghargaan kepadamasyarakat, kelompok masyarakat, penyuluhdan pekerja swasta yang berperan aktifmelakukan aktivitas nyata, memenuhi kecu-kupan pangan masyarakat.Untuk itu, Badan Ketahanan Pangan DanPenyuluhan (BKPP) telah mengirim surat kekabupaten/kota untuk membentuk TimPenilai. Sehingga, penghargaan tersebut dapatdiberikan pemerintah kepada masyarakat danberbagai pihak tersebut.Mekanismenya, Tim Kabupaten mela-kukan penilaian dan hasilnya diusulkan keprovinsi. BKPP Provinsi telah membentuk TimPenilai, dan tim ini akan melakukan ferifikasike daerah.Hasil penilaian kabupaten/kota sudahmasuk ke Tim Provinsi pada 15 Juni 2008.Klarifikasi oleh Tim Provinsi dilakukansampai15 Juli. Hasil penilaian tim provinsitersebut akan dikirim ke Departemen Pertanian(Deptan) RI.Selanjutnya mereka yang diusulkan dariAceh tersebut, pada 17 Agustus nanti akandiundang ke Jakarta, untuk mendapatkanpenghargaan tingkat nasional.Kegiatan penilaian akan dilakukan secaraseksama sesuai ketentuan dan persyaratanyang ada. Sehingga penghargaan tersebutmemang layak diterima.Hal tersebut penting dilakukan dalamrangka meningkatkan peran nyata masya-rakat. Sehingga, masalah pangan dapatditangani oleh aktivitas masyarakat sendiridan Aceh minimal bisa mandiri dengan tidakterlalu bergantung pada pasokan bahanpangan dari luar daerah.Saya kira sudah sangat layak peng-hargaan tersebut diberikan pemerintah kepadamasyarakat yangg telah berbuat banyak untukkomunitasnya.Kini, kita tunggu kandidat dari Aceh, yangakan diajukan sebagai duta kita untukmendapat penghargaan tingkat nasional. Hasilkerja tim kabupaten/kota maupun provinsiyang bekerja bulan ini, menentukan siapapahlawan pangan Aceh tahun ini.Paling tidak, akan ada kelompok ma-syarakat yang akan mendapat penghargaantingkat kabupaten dan provinsi. Menurutkami, pemerintah dan masyarakat yangmukim di kabupaten/kota perlu juga mem-berikan apresiasi yang cukup untuk kegiatanini, karena ini sangat bermanfaat bagi kitasemua.
Silman Haridhy
Kepala Badan Ketahanan PanganDan Penyuluhan (BKPP)Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
membaca tulisan tentang
trafficking
harimauSumatera pada Edisi 5, Tahun 1, 2008.Harimau Sumatera,
 panthera tigris su-matrae
, sudah lebih dari 50 tahun masukke dalam daftar hewan yang terancampunah. Anehnya, setelah setengah abadmenjadi superstar yang terancam, dengansegala upaya yang konon sudah dilakukanuntuk mencegah kepunahan maskot DivisiSiliwangi ini, harimau Sumatera tidakkunjung dicoret dari daftar tersebut.Artinya, tetap saja tak ada perubahan yangsignifikan pada angka populasinya.Diperlukan
ketegaan
untuk menyela-matkan harimau. Ini bukan salah cetak.Pemerintah harus
tega
untuk secara tegasmelarang penduduk di sekitar wilayahkonservasi guna merambah daerah hutan.
Tega
merogoh kocek lebih dalam untukmenggaji polisi hutan yang kompeten.
Tega
menutup telinga dari rayuan para pe-ngusaha yang hendak membabak hutan,kediaman harimau, bagi kepentinganbisnis belaka.
Tega
menindak mereka yangmemperdagangkan harimau atau organtubuhnya. Dan akhirnya,
tega
introspeksi,apa sebenarnya yang salah pada bangsa ini:baik hewan mau pun manusia sama-samamerana, padahal tinggal di satu-satunyakepulauan vulkanis terbesar di dunia.
Aryadi Sjamsoel Iman
Nagoya, Jepangadic_samsulovich@yahoo.comSemoga Keluarga Yang DitinggalkanTabah Menerima Cobaan
INNALILLAHI WAINNAILAIHI RAJI’UN
N
STAF & KARYAWAN TABLOID SIPIL
Mengucapkan Belasungkawa yang MendalamAtas Berpulangnya Kerahmatullah
PENYALUR TABLOID SIPIL DI TAKENGON
BAPAK SHABRI NASRO
EMERINTAH
diimbau untukmengalihkan penerima Ban-tuan Tunai Langsung (BLT)tahun 2009 kepada ibu rumah tanggadari basis penyaluran saat ini yangditerima oleh bapak rumah tangga.Penyaluran BLT dengan basis iburumah tangga dinilai lebih efektif,karena selama ini 15-20 persen danapengalihan subsidi kenaikan BBMmelalui program BLT yang diterimapara bapak digunakan untuk rokok.Jika BLT diberikan kepada kaum ibu,akan jauh lebih bermanfaat dan tidakmenambah beban negara untuksubsidi sektor lainnya.Hal tersebut merupakan re-komendasi hasil penelitian Yaya-san Lembaga Konsumen Indone-sia (YLKI) yang dikemukakan dalamdiskusi evaluasi BLT tahap pertamadi Kantor Kementerian KoordinasiKesejahteraan Rakyat di Jakarta,beberapa waktu lalu.Sebagian besar bapak rumahtangga merokok, dan itu meng-habiskan sekitar 15-20 persendana BLT yang diterima.Implikasi lain dari pemberianBLT kepada laki-laki, membeng-kaknya dana Jaminan KesehatanMasyarakat (Jamkesmas) yang jugamerupakan program kesehatan daripemerintah. Alasannya, jumlah orangsakit akibat rokok bertambah. Jadi,pemerintah rugi dua kali, memberi-kan dana untuk kepentingan yangkurang perlu dan menggelembung-nya dana Jamkesmas.Karena itu, sebaiknya pihak ter-kait mendata ulang penerima BLTdi Indonesia dengan menyebutkanibu rumah tangga sebagai peneri-manya. Mekanisme penerima sa-saran BLT bagi ibu rumah tangga,kemungkinan bisa dilaksanakanpada penyaluran BLT tahun depan.Dengan adanya penyaluran danaBLT kepada ibu rumah tangga, diha-rapkan penerima lebih bijaksana ka-rena digunakan untuk kepentingan se-suai skala prioritas. Ibu rumah tanggamemang lebih arif dalam meng-gunakan dana BLT dbanding laki-laki.Berdasarkan penelitian di ber-bagai negara seperti Brasil, Mek-siko dan Costa Rica, program BLTyang dibayarkan tepat sasaranmencapai 60 persen bisa disebutberhasil. Di Indonesia, penga-laman tahun 2005 lalu, keberhasi-lan tepat sasarannya mencapai 90persen, ini sangat berhasil.Di Indonesia, hingga 14 Junilalu, PT Pos telah menyalurkandana BLT 90,30 persen. Saat ini,alokasi yang disalurkan sudahmencapai 703.253 rumah tangga,setara dengan Rp210.975.900.000.Semoga saja program BLT kaliini berhasil...!
 
3
Edisi 6
Tahun I
Juni 2008
DAFTAR ISI
LAPORAN UTAMA
PemberontakanLewat Qanun
4
NANGGROE
610
NANGGROE
12
NASIONAL
16
FIGUR 
2022
PERJALANAN
Namanya Qanun Partai Lokal, tapianehnya, turut pula mengatur nasibpartai nasional. Salah satu isinya,semua calon anggota legislatifwajib bisa baca Al Quran. Qanunini berpeluang dibatalkan karenabertentangan dengan aturan lebihtinggi.UU memang menabalkan bah-wa Aceh adalah negeri syariat.Tapi, apakah semua posisi harusmemberlakukan uji baca AlQuran? Kalau begitu, mari kitausulkan agar pemain Persiraja juga wajib bisa baca Al Quran.Sejumlah nelayan di Lhokseu-mawe mengadukan keberadaankapal pukat langga ke Makorem.Mereka merasa dirugikan. Aneh-nya, setelah ditangkap, nelayandan panglima laot ikut protes.
Ditangkap Salah,Dibiarkan Pun SalahNasionalismeMengorbankanAgama
Aksi mendukung dan menolakAhmadiyah kian tajam dua pekanterakhir. Tak seperti keyakinanumat Islam pada umumnya, aliranyang berhulu di Pakistan inimeyakini Mirza Ghulam Ahmad,pendiri Ahmadiyah, sebagaiImam Mahdi.
Pernah Singgahdi Tapaktuan
Seorang ulama Ahmadiyah per-nah singgah dan menyebarkanAhmadiyah di Tapaktuan. Darisini kemudian berkembang keseluruh Sumatera. Tapi, saat iniAhmadiyah tidak terdengar diAceh.
14
Raisa KamilaBerawal dari CatatanHarian“Pemilu Aceh PalingRumit dibandingdaerah lain”
WAWANCARA
Derita HidupOrang Pining
Menuju MTQ Terbesar di Dunia
18
SOSOK 
Sejarah BaruMenanti AS
Barack Obama melewati satu ta-hap penting untuk mengukirsejarah sebagai presiden kulithitam pertama AS. Ia akan ber-saing dengan kandidat PartaiRepublik John McCain. Kedua-nya masih mencari calon wakil.Banjir di Pining, Gayo Lues, duatahun lalu menghancurkan ham-pir semua sawah dan kebun.Hingga kini belum diperbaiki.Warga mulai merambah hutan.Ada juga yang bertani ganja.
MENUNGGU AYAH -- Mulanya bocah ini ikut sembahyang bersama ayahnya saat mengikuti shalat berjamaah di salah satu masjid di Jakarta. Ketika semua jamaah sujud, ia pun ikutsujud. Tapi setelah itu ia tidak mau bangkit lagi. Malah memilih tidur-tiduran di atas sajadah. Ia tidak lagi peduli dengan orang-orang yang ada di sampingnya. Itulah dunia anak-anak,dunia penuh dengan permainan. Menyertakan anak-anak dalam shalat jamaah sangat dianjurkan dalam Islam. Meski mereka tidak bisa beribadah secara serius seperti halnya orangdewasa, namun melatih anak-anak menjalankan shalat berjamaah di masjid adalah sikap mulia. Rasulullah menyuruh, “ Ajarkan anak-anak kalian mencintai masjid sejak kecil.”

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->