Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
388Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fisika Bab i SMA-MA-SMK Kelas Xii (Gejala Gelombang)

Fisika Bab i SMA-MA-SMK Kelas Xii (Gejala Gelombang)

Ratings:

4.2

(5)
|Views: 25,612 |Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Materi gejala gelombang diperuntukkan siswa sekolah tingkat atas yang mendalami persamaan gelombang denagn parameter amplitudo, frekuensi, panjang gelombang, cepat rambat gelombang, dan waktu perambatan gelombang. Pak Pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademik siswa siswi Indonesia.
Materi gejala gelombang diperuntukkan siswa sekolah tingkat atas yang mendalami persamaan gelombang denagn parameter amplitudo, frekuensi, panjang gelombang, cepat rambat gelombang, dan waktu perambatan gelombang. Pak Pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademik siswa siswi Indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Mar 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2014

pdf

text

original

 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.FISIKA KELAS X  Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB 1GEJALA GELOMBANG
Standar Kompetensi
o
Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar
o
Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secaraumum
Pernahkah kamu mengamati melemparkan benda-benda kecil ke permukaan air yang tenang? Gelombang di permukaan air yang terbentuk akan menjalar menjauhi pusat usikanyaitu tempat jatuh benda tadi. Apabila yang jatuh ke permukaan air adalah tetes-tetes air hujan dari pipa bocor akan menimbulkan usikan yang tiada henti. Dengan demikiangelombang permukaan air akan terjadi terus menerus. Sekarang bayangkan bila air yang menetes lebih dari satu, maka.pola gelombang permukaan air yang saling melingkar akanberpadu dan menyatu. Peristiwa ini disebut interferensi gelombang. Interferensi hanyalahsalah satu sifat dari gelombang.Gambar di atas menunjukkan foto beberapa pola interferensi dua gelombang beraturan yang memiliki panjang gelombang berbeda-beda.Dalam bab ini kamu akan memperdalam gejala gelombang beserta ciri-ciri dan sifat-sifat gelombang.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
1
 
Gambar 1. Gelombang di permukaan air 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB 1GEJALA GELOMBANG
A.Fenomena Gelombang
Gejala mengenai gerak gelombang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kamutentu mengenal gelombang yang dihasilkan oleh sebuah benda yang dijatuhkan ke dalam air,sebab hal itu mudah diamati. Gelombang tidak lain adalah getaran yang merambat atau menjalar ke suatu tempat dalam suatu ruang. Di dalam perambatannya adagelombang yang memerlukan medium perantara, misalnyagelombang air, gelombang bunyi. Tetapi ada juga yang tidak memerlukan medium perantara, misalnya gelombang cahaya dangelombang elektromagnet.Karena sifat kelentingan dari medium maka gangguankeseimbangan ini dirambatkan ke titik lainnya. Jadi gelombangadalah usikan yang merambat dan gelombang yang bergerak akan merambatkan energi.Sedangkan alat yang dapat menghasilkan getaran dinamakan vibrator atau oscilator.Vibrator yang terjadi karena getaran mekanik, menghasilkan getaran merambat yangdisebut gelombang mekanik. Vibrator yang terjadi karena osilasi (getaran) medan listrik magnet(elektromagnetik) menghasilkan gelombang elektromagnetik. Karena gelombang terjadi akibatosilasi, maka parameter–parameter yang terjadi pada osilasi juga dijumpai pada gelombang,misalnya frekuensi (f), perioda (T) dan simpangan dari titik setimbang (y). Parameter lain yangterdapat pada gelombang adalah panjang gelombang (
λ
) dan cepat rambat gelombang (v).Beragam bentuk gelombang tergantung pada jenis gangguan yang ditimbulkan oleh sumber gelombang dan bahan atau medium tempat gelombang tersebut merambat.Berdasarkan arah rambat gelombang, gelombang digolongkan menjadi dua.a. Gelombang LongitudinalGelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya searah dengan arahrambatnya.
Gambar 2. Gelombang Longitudinal
 b. Gelombang Transversal
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
2
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus arahrambatnya.
Gambar 3. Gelombang Transversal
Berdasarkan cara rambat dan medium yang dilalui, gelombang dikelompokkan menjadidua.a. Gelombang Mekanik Dimana yang dirambatkan adalah gelombang mekanik dan untuk perambatannyamemerlukan medium. b. Gelombang Elektromagnetik Dimana yang dirambatkan adalah medan listrik magnet, dan tidak memerlukanmedium.
Gambar 4. Gelombang Elektromagnetik 
Gambar 3 menggambarkan gelombang elektromagnetik, yang merupakan kombinasiantara gelombang medan listrik (E) yang arahnya sejajar sumbu Y dan gelombang medanmagnet (B) yang arahnya sejajar sumbu Z. Sedangkan arah perambatannya ke arah sumbuX positif.Berdasarkan amplitudonya gelombang digolongkan menjadi dua.a. Gelombang BerjalanGelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudonya tetap pada titik yangdilewatinya. b. Gelombang Stasioner Gelombang stasioner adalah gelombang yang amplitudonya tidak tetap pada titik yangdilewatinya, yang terbentuk dari interferensi dua buah gelombang datang dan pantul yangmasing-masing memiliki frekuensi dan amplitudo sama tetapi fasenya berlawanan.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
3
lembah

Activity (388)

You've already reviewed this. Edit your review.
Ahmad Mursalin liked this
Syarif Hasanudin added this note
harus bayar ni?
addadeh liked this
Didinn14 added this note
gmna sih cara downloadnya ? udah punya akun kok
Dian Novita liked this
Beny Paperthrill liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->