Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Topologi Star

Topologi Star

Ratings: (0)|Views: 179 |Likes:
Published by salmaajee

More info:

Published by: salmaajee on Mar 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

 
I.
 
Pendahuluan
Packet Tracer adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Cisco. Dimana softwaretersebut berfungsi untuk membuat suatu jaringan komputer atau sering disebut dengan computer network. Dalam program ini telah tersedia beberapa komponen
 – 
kompenen atau alat
 – 
alat yangsering dipakai atau digunakan dalam system network tersebut, Misalkan contoh seperti kabel Lan( cross over, console, dll ) , HUB, SWITCHES, ROUTER dan lain sebagainya. Sehingga kitadapat dengan mudah membuat sebuah simulasi jaringan computer di dalam PC Anda, simulasiini berfungsi untuk mengetahui cara kerja pada tiap
 – 
tiap alat tersebut dan cara pengirimansebuah pesan dari komputer 1 ke computer lain dapat di simulasikan juga disini.
II.
 
PembahasanHub
 Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star.
 
 Cara Kerja:
 
Ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain dihub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung kehub. Hal ini menyebabkan unjuk kerja jaringan akan lambat.
 
Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port. Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yangmaksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akanmenurunkan kinerja jaringan
Switch
 
 
Switch bentuknya hampir sama dengan hub.
 
Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN Switch merupakan perluasan dari konsep bridge.
 
 Cara Kerja:
 
Ada dua arsitektur dasar yang digunakan yaitu: cut-through dan store and forward.
 
Switch cut trough memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paketdatang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmentujuannya. Sedangkan Switch store and forward merupakan kebalikan dari switch cut-through. Switch ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannyake tujuan dan untuk meneriksa satu paket memerlukan waktu, tetapi ini memungkinkanswitch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
 
Switch dengan spesifikasi 10/100Mbps akan mengalokasikan 10/100Mbps penuh untuk setiap port nya. Jadi berapapun jumlah computer yang terhubung, pengguna akan selalumemiliki bandwidth penuh.
Bridge
 
Berfungsi menghubungkan dua buah LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satuLAN yang jauh lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa Bridge.
 
 
Bridge dapat menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang samamaupun berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet).
 
 
Bridge dapat menghubungkan dua LAN yang kedua-duanya menggunakan metodetransmisi baseband atau broadbrand ataupun LAN dengan baseband dan LAN dengan broadband atau metode akses CSMA/CD dengan token passing dan sebagainya bergantung pada jenis Bridge yang digunakan.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->