Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
40Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan kkn[hubungan pemerintah pusat dan daerah ]

laporan kkn[hubungan pemerintah pusat dan daerah ]

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 11,020|Likes:
Published by Siskaliana Dianita

More info:

Published by: Siskaliana Dianita on Mar 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/19/2013

pdf

text

original

BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Deskripsi Masalah

Visi Pembangunan Nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah tahun 2004 \u2013 2009 adalah: (1) Terwujudnya kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara yang aman, bersatu, rukun dan damai; (2) Terwujudnya masyarakat, bangsa, dan Negara yang menjunjung tinggi hokum, kesetaraan, dan hak asasi manusia, serta (3) Terwujudnya perekonomian yang mampu menyediakan kesempatan kerja dan penghidupan yang layak serta memberikan pondasi yang kokoh bagi pembangunan yang berkelanjutan.

Selanjutnya berdasarkan visi pembangunan nasional tersebut ditetapkan 3 (tiga) Misi Pembangunan Nasional Tahun 2004-2009, yaitu (1) mewujudkan Indonesia yang aman dan damai (2) mewujudkan Indonesia yang adil dan demokretis (3) mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Sampai saat ini di lingkungan negara-negara yang sedang berkembang masalah hubungan antara Pusat dan Daerah masih menjadi salah satu isu sentral, terutama di negara yang wilayahnya sangat luas atau kehidupan penduduknya secara sosial maupun ekonomi hiterogen. Pengalaman menunjukkan bahwa karena pemerintahan daerah yang mencerminkan hubungan kekuasaan antara Pusat dan Daerah terfokus pada aspek politik, maka masalah

1

kesenjangan hubungan keduanya sering berakibat pada ancaman disintegrasi nasional. Perang Biafra di Nigeria, pergolakan Propinsi- propinsi di Pakistan Timur yang kemudian menjadi Bangladesh sekarang, Eritrea dengan Ethiopia dan konflik di semenanjung Jafna Srilangka dan sebagainya adalah contoh besarnya akibat yang bisa ditimbulkan dari masalah hubungan kekuasaan antara Pusat dan Daerah.

Pengalaman lain juga menunjukkan bahwa masalah hubungan kekuasaan antara Pusat dan Daerah tersebut, lebih sering timbul di negara-negara kesatuan yang sejumlah sekitar 80% dari jumlah negara di dunia dewasa ini. Tentu saja hal ini tidak berarti bahwa negara-negara federal masalah semacam itu tidak pernah ada, hanya saja di negara-negara federal tidak sampai mengancam kesatuan nasional mereka. Adanya pemerintahan daerah merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sistem pemerintahan negara yang demokratis, karena bisa menampung pluralisme bangsa yang bersangkutan, mendorong partisipasi masyarakat dan memberikan tambahan pilihan bagi warganya terutama yang bersangkutan dengan kebutuhan dan kepentingan penduduknya.

Dengan adanya pemerintahan daerah, maka pluralisme yang ada dalam masyarakat negara baik sosial, budaya, ekonomi dan lainnya bisa ditampung dalam wadah pemerintahan daerah masing-masing sehingga tidak mengarah kepada otokrasi sentral. Dalam wilayah mereka, keragaman yang ada dalam masyarakat tetap terpelihara sehingga menjadi akar kebangsaan, tanpa kemudian harus menaifkan ciri-ciri khusus kedaerahan yang ada. Melalui pemerintahan daerah juga bisa diberi kesempatan yang lebih luas bagi penduduk untuk ikut

2

berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah mereka, melalui bermacam-macam dewan daerah baik yang bersifat politik (seperti DPRD di Indonesia) maupun ekonomi (misalnya Komite Perlindungan Konsumen Daerah) atau sosial misalnya Dewan Pemangku Adat Daerah dan sebagainya. Masyarakat juga mempunyai kesempatan untuk memperoleh pilihan yang lebih banyak, dari pelayanan umum yang disediakan pemerintahan daerah selain yang disediakan oleh pemerintahan secara nasional.

Berdasarkan hal terurai di atas dan dalam rangka kuliah kerja nyata sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia ( STKIP \u2013 PGRI) Sukabumi, penulis tertarik untuk menulis laporan dengan tema: \u201cHUBUNGAN PEMERINTAH PUSAT DAN

DAERAH\u201d.
1.2
Identifikasi Masalah

Berdasarkan deskripsi masalah yang telah diuraikan di atas, maka berikut ini penulis mengidentifikasi masalah yang ada di Desa Cikembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi adalah sebagai berikut:

1.Bagaimana upaya peningkatan hubungan pemerintahan pusat dan
daerah masyarakat di desa Cikembar Kecamatan Cikembar
Kabupaten Sukabumi ?
3

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ristya_Widi_2363 liked this
oktomakaluas liked this
John Carles liked this
Winda Ariyani liked this
melbrong liked this
Mus Tamam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->