Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan kkn[peranan pkk terhadap pemeliharaan air di desa bojongkerta kecamatan warungkiara kabupaten sukabumi]

laporan kkn[peranan pkk terhadap pemeliharaan air di desa bojongkerta kecamatan warungkiara kabupaten sukabumi]

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 906 |Likes:
Published by Siskaliana Dianita

More info:

Published by: Siskaliana Dianita on Mar 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Air merupakan unsur utama bagi hidup kita di planet ini. Kita mampu bertahan hidup tanpa makan dalam beberapa minggu, namun tanpa air kita akan mati dalam beberapa hari saja. Dalam bidang kehidupan ekonomi modern kita, air juga merupakan hal utama untuk budidaya pertanian, industri, pembangkit tenaga listrik, dan transportasi.

Semua orang berharap bahwa seharusnya air diperlakukan sebagai bahan yang sangat bernilai, dimanfaatkan secara bijak, dan dijaga terhadap cemaran. Namun kenyataannya air selalu dihamburkan, dicemari, dan disia-siakan. Hampir separo penduduk dunia, hampir seluruhnya di negara-negara berkembang, menderita berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan air, atau oleh air yang tercemar. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 2 miliar orang kini menyandang risiko menderita penyakit murus yang disebabkan oleh air dan makanan. Penyakit ini merupakan penyebab utama kematian lebih dari 5 juta anak-anak setiap tahun.

Sumber-sumber air semakin dicemari oleh limbah industri yang tidak diolah atau tercemar karena penggunaanya yang melebihi kapasitasnya untuk dapat diperbaharui. Kalau kita tidak mengadakan perubahan radikal dalam cara

1

kita memanfaatkan air, mungkin saja suatu ketika air tidak lagi dapat digunakan tanpa pengolahan khusus yang biayanya melewati jangkauan sumber daya ekonomi bagi kebanyakan negara.

Banyak orang memang memahami masalah-masalah pencemaran dan lingkungan yang biasanya merupakan akibat perindustrian, tetapi tetap saja tidak menyadari implikasi penting yang dapat terjadi. Sebagian besar penduduk bumi berada di negara-negara berkembang; kalau orang-orang ini harus mendapatkan sumber air yang layak, dan kalau mereka menginginkan ekonomi mereka berkembang dan berindustrialisasi, maka masalah-masalah yang kini ada harus disembuhkan. Namun bagaimanapun masalah persediaan air tidak dapat ditangani secara terpisah dari masalah lain. Buangan air yang tak layak dapat mencemari sumber air, dan sering kali tak teratasi. Ketidaksempurnaan dalam layanan pokok sistem saluran hujan yang kurang baik, pembuangan limbah padat yang jelek juga dapat menyebabkan hidup orang sengsara. Oleh karena itu, meskipun makalah ini memusatkan diri terutama pada air dan sanitasi, dalam jangka panjang akan sangat penting memikirkannya dari segi pengintegrasian layanan-layanan lingkungan ke dalam suatu paket pengelolaan air, sanitasi, saluran, dan limbah padat yang komprehensif.

Desa Bojongkerta Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi,
termasuk desa yang subur dimana hamparan sawah dan tanah daratan merupakan
2
pemendangan yang tidak aneh lagi bagi mata, sejauh mata memandang hamparan
sawah terbentang luas menghijau.

Keadaan ini didukung oleh irigasi yang lumayan bagus, dan apalagi ada proyek irigasi Cukang Lemah yang mengambil airnya langsung dari pegunungan yang jaraknya hampir 10 kilo meter dari Desa Bojongkerta. Belum lagi Hidran Umum bantuan dari pemerintah yang mengakibatkan cakupan air ke Desa Bojongkerta sudah mencukupi.

Tetapi harus diingat bahwa banyaknya air yang mengalir ke Desa Bojongkerta harus dibarengi oleh pemeliharan dan perawatan yang seksama dari semua lapisan masyarakat, terlebih dari limbah rumah tangga seperti buangan MCK harus benar-benar diperhatikan.

Berdasarkan hal terurai di atas dan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Sukabumi, penulis tertarik untuk menulis laporan dengan tema: \u201cPERANAN PKK

TERHADAP
PEMELIHARAAN
AIR
DI
DESA BOJONGKERTA
KECAMATAN WARUNGKIARA KABUPATEN SUKABUMI\u201c.
1.2 IDENTIFIKASI MASALAH
3

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Andre Prasetio liked this
Jafar Muhammad liked this
Hakim Gaul liked this
Adit Permana liked this
Roshi Novrita liked this
Michael Stefanus liked this
mazzwear77 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->