Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Perekonomian Indonesia

Makalah Perekonomian Indonesia

Ratings: (0)|Views: 174 |Likes:
Published by Ana Rock

More info:

Published by: Ana Rock on Mar 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, baik itu pada pertumbuhan ekonomi, penerimaan devisa Negara, pemenuhan kebutuhan pangan, maupun penyerapan tenaga kerja. Selain itusektor pertanian merupakan penyedia bahan baku penting bagi keperluan industri,khususnya industri pengolahan makanan dan minuman (agroindustri). Sektor  pertanian juga merupakan pilar utama dalam menopang ketahanan pangan Negaramelalui sumbangannya terhadap kecukupan konsumsi dari sebagian besar rakyatIndonesia khususnya kebutuhan pangan.Sumbangan devisa sektor pertanian ditunjukkan melalui kinerja neraca perdagangan. Proses industrialisasi menyebabkan struktur perekonomian Indonesiamengalami pergeseran, yang digambarkan dengan menurunnya kontribusi relativesector industri dalam PDB adalah sebesar 24.64%, sedangkan sector industri sebesar 10.19%. pada tahun 1995 kontibusi sector pertanian hanya 16.14% dan sector industrynaik menjadi 46.65%. meskipun demikian perubahan tersebut tidak menghilangkan peran penting sector pertanian dalam perekonomian Indonesia sampai saat ini danmasa mendatang.Kontribusi relative sektor pertanian terhadap total PDB di Negara berkembang,termasuk Indonesia, dalam beberapa decade terakhir cenderung mengalami penurunan. Namun di sisi lain tenaga kerja yang bekerja di sector pertanian relativetidak mengalami perubahan. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan antara produktivitasrelative sector pertanian dengan sector yang lain. Salah satu factor yang menyebabkan produktivitas relative tenaga kerja sector pertanian terlihat rendah, karena selama ini produk yang dihasilkannya masih berupa komoditi primer yang mempunyai nilaitambah sangat kecil. Selain itu juga karena para petani pada umumnya mengusahakanlahan dengan luasan kurang dari 1 hal inilah yang menyebabkan tingkat pendapatan petani masih rendah.Meskipun pemerintah menyadari bagaimana peran penting sector pertanian,namun sampai saat ini banyak kebijakan ekonomi yang belum sepenuhnyamendukung sector pertanian. Kebijakan terhadap sector pertanian dalam
 
2
implementasinya belum sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai contoh pengaturantataniaga beberapa input dasar (pupuk, obat-obatan,dan lain-lain), dengan maksuduntuk mempermudah akses petani dalam memperoleh input, namun karena produksinya hanya dilakukan oleh produsen tunggal, akibatnya yang terjadi dalah praktek monopoli terhadap supply input. Disisi lain pada pasar produk komoditas pertanian, pembangunan industry hilir produk pertanian selama ini juga tidak banyak melibatkan masyarakat petani, akibatnya petani hanya terfokus pada produk primer dengan nilai tambah yang rendah. Nilai tambah yang kecil dengan tingkat risiko yangtinggi, pada akhirnya hanya memarginalkan petani dalam kelompok warga yang
memiliki penghasilan yang rendah (Syafa’at et al, 2005)
.Dari Latar Belakang di atas terdapat rumusan masalah dan tujuan sebagai berikut:
1.2
 
Rumusan Masalah
1.
 
Bagaimana peran sektor pertanian terhadap perekonomian Indonesia2.
 
Bagaimana kinerja dan peran sektor pertanian di Indonesia3.
 
Bagaimana nilai tukar petani itu sendiri4.
 
Seberapa besar keterkaitan produksi antara sektor pertanian dengan sektor-sektor ekonomi lainnya
1.3
 
Tujuan
1.
 
Mengetahui peran sektor pertanian terhadap perekonomian Indonesia2.
 
Mengetahui kinerja dan peran sektor pertanian di Indonesia3.
 
Mengetahui nilai tukar petani itu sendiri4.
 
Mengetahui Seberapa besar keterkaitan produksi antara sektor pertanian dengansektor-sektor ekonomi lainnya
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Peran Sektor Pertanian : kerangka analisis
Mengikuti analisis klasik dari kuznets (1964), pertanian si lCDs dapat dilihat sebagaisuatu sektor ekonomi yang sangat potensial dalam empat bentuk kontribusinya terhadapa pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional yaitu sebagai berikut :
 
Ekspansi dari sektor-sektor ekonomi lainnya sangat tergantung pada pertumbuhanoutput disektor pertanian, baik dari sisi permintaan sebagaibsumber pemasokanmakanan yang kontinu mengikuti pertumbuhan penduduk, disebut juga sebagaikontribusi produk.
 
 
Di negara-negara agraris seperti indonesia, pertanian berperan sebagai sumber penting bagi pertumbuhan permintaan domestik bagi produk-produk dari sektor-sektor ekonomi lainnya, disebut juga sebagi konstribusi pasar.
 
 
Sebagai sumber penting bagi surplus neraca perdagagnan baik lewat ekspor hasil-hasil pertanian maupun dengan peningkatan produksi pertanian dalam negeri mengantikanimpor, dan disebut sebagai kontribusi devisa.
 A.
 
Kontribusi Produk 
Kontribusi produk pertanian tetrhadap PDB dapat dilihat dari realsi antara pertumbuhan dari konribusi tersebut denga pangsa PDB awal dari pertanian dan laju pertumbuhan relatif dari produk-produk neto pertanian dan nonpertanian. Jika Pp=produk neto pertanian, PNP=produk neto nonpertanian , dan PN=total produk nasional atau PDBmaka rrelasi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :PDB = Pp + PNPLaju penurunan peran sekktor pertanian secara relatif di dalam ekonomi cenderung berasosiasi dengan kombonasi dari tiga hasil berikut. Pangsa PDB awal dari sektor-sektor non pertanian yang relatif lebih tinggi daripada pangsa PDB awal dari pertanian, laju pertumbuhanoutput pertanian yang relatif rendah, dan laju pertumbuhan output dari sektor-sektor nonpertanian yang relatif tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->