Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KISTA OVARIUM.pdf

KISTA OVARIUM.pdf

Ratings: (0)|Views: 1,535 |Likes:

More info:

Published by: Dista Evi Cahyono II on Mar 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IIKONSEP DASAR 
A.
 
Pengertian
Kista ovarium merupakan perbesaran sederhana ovarium normal,folikel de graf atau korpus luteum atau kista ovarium dapat timbul akibat pertumbuhan dari epithelium ovarium (Smelzer and Bare. 2002: 1556).Kista ovarium merupakan suatu tumor, baik kecil maupun yang besar, kistik atau padat, jinak atau ganas yang berada di ovarium. Dalamkehamilan, tumor ovarium yang dijumpai paling sering ialah kistadermoid, kista coklat atau kista lutein. Tumor ovarium yang cukup besar dapat menyebabkan kelainan letak janin dalam rahim atau dapatmenghalang
 – 
halangi masuknya kepala ke dalam panggul (Wiknjosastro,2005).Kistoma ovari adalah kista yang permukaannya rata dan halus, biasanya bertangkai, bilateral dan dapat menjadi besar. Dinding kista tipis berisi cairan serosa dan berwarna kuning. Pengumpulan cairan tersebutterjadi pada indung telur atau ovarium (Mansjoer, 2000: 388; Kondas,2008)Jadi, dapat disimpulkan kista ovarium adalah kantong abnormalyang berisi cairan atau neoplasma yang timbul di ovarium yang bersifat jinak juga dapat menyebabkan keganasan.
 
 
B.
 
Anatomi Sistim Reproduksi Perempuan
Organ reproduksi wanita diklasifikasikan menjadi eksternal daninternal.1.
 
Organ Genetalia EksternaOrgan reproduksi eksterna atau
 pudenda
, yang sering disebut sebagaivulva mencakup semua organ yang dapat dilihat dari luar, yaitu yangdimulai dari mons pubis, labia mayora dan labia minora, klitoris,himen, vestibulum, meatus uretra dan berbagai kelenjar serta pembuluh darah.
Gambar 1. Organ eksterna wanita( Prawirohardjo, Sarwono. 2008. 117 )
 
 a.
 
Mons PubisMons pubis atau monsveneris adalah bagian yang menonjol berisilemak yang terletak di permukaan anterior simfisis pubis. Setelah pubertas, kulit monsveneris tertutup oleh rambut ikal yangmembentuk pola distribusi tertentu yaitu pada wanita berbentuk segitiga. Mons veneris berfungsi sebagai bantal pada waktumelakukan hubungan seks. b.
 
Labia MayoraLabia mayora berupa dua buah lipatan bulatan jaringan lemak lanjutan mons pubis ke arah bawah yang ditutupi kulit dan belakang banyak mengandung pleksus vena. Panjang labia mayora7
 – 
8 cm dan agak meruncing pada ujung bawah. Secaraembriologis, labia mayora homolog dengan skrotum pada pria.Labia mayora berfungsi sebagai pelindung karena kedua bibir inimenutupi lubang vagina sementara bantalan lemaknya bekerjasebagai bantal.c.
 
Labia MinoraLabia minora atau nimfe adalah lipatan jaringan tipis dan bilaterbuka terihat lembab dan kemerahan, menyerupai selaputmukosa. Pada labia minora banyak terdapat pembuluh darah, otot polos dan ujung saraf.d.
 
KlitorisKlitoris merupakan organ erektil yang homolog dengan penis dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->