Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Unsur Seni Rupa

Modul Unsur Seni Rupa

Ratings: (0)|Views: 58 |Likes:
mudul unsur-unsur seni rupa
mudul unsur-unsur seni rupa

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Ainun Najib An-Nawawi on Mar 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

 
SENI RUPA
A. Pengertian Seni
Secara istilah, kata seni berasal dari bahasa sansekerta, yaitu
 sani
yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian (
I Gusti Bagus Sugriwa
). Menurut bahasa Belanda, seni berasal dari kata
 genie
yang dalam bahasa Latin disebut
 genius
yang artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.Dari perkembangan seni itulah, maka muncul beberapa pendapat tentang definisi seni, antara lain:1.Seni sebagai keterampilan, artinya suatu keterampilan untuk membuat barang-barang ataumengerjakan sesuatu.2.Seni sebagai kegiatan manusia, artinya suatu kegiatan atau aktifitas manusia dalam melahirkankarya seni.3.Seni sebagai karya seni, artinya sesuatu yang meliputi setiap benda yang dibuat oleh manusia.4.Seni sebagai seni indah (seni murni), artinya kegiatan yang menghasilkan karya indah.
B. Pengertian Apresiasi Seni
Apresiasi seni adalah suatu proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati dan penghargaan pada karya seni itu sendiri serta penghargaan pada pembuatnya. Apresiasi dilihat darisudut bahasa berasal dari bahasa Inggris dari kata appreciation, yang berarti menentukan ataumenunjukkan nilai, atau menilai, melihat bobot karya, menikmati, kemudian menyadari kepekaan rasadan menghayati. Secara umum, apresiasi dapat diartikan sebagai kesadaran menilai lewat penghayatansuatu karya seni.
C. Proses Apresiasi Seni
Proses apresiasi seni terbentuk dari dua kemungkinan.1. Apresiasi Afektif yang terjadi apabila pengamat seni cepat mengalami empati dan rasa puas.Apresiasi afektif tidak mencakup hal-hal yang logis.2.Apresiasi Kreatif, yaitu pengamat seni sadar dalam melakukan penghayatan dan penilaian sertamenggunakan aspek logika dalam menentukan nilai suatu karya seni.Apresiasi afektif dapat digolongkan dengan kata lain orang-orang yang hanya dapat menikmatikarya secara langsung dengan kata baik, bagus, jelek dan sebagainya, tanpa didasarkan pada logika,tidak dapat menjelaskan letak baik dan jeleknya suatu karya. Apresiasi kreatif dilakukan melalui proses pengamatan, pemahaman, tanggapan, penilaian, sampai penghayatan pada sebuah karya seni.Apresiasi kreatif melalui beberapa tahapan khusus, antara lain:1.pengamatan objek karya seni,2.aktivitas fisiologis (hubungan syaraf indra ke otak dan rasa),
 
3. aktivitas psikologis (terjadinya persepsi sampai evaluasi kemudian timbul interpretasi, imajinatif,dan dorongan berbuat kreatif),4.aktivitas penghayatan, dan5.aktivitas penghargaan.Dalam proses penciptaan karya seni, seorang seniman atau kreator seni sangat memperhatikanhal-hal sebagai berikut:1. Konsep atau gagasana. ide datang lebih awal b. ide datang setelah melihat media2. Teknik, adalah cara yang digunakan dalam membuat karya.3. Corak atau gaya setiap daerah memiliki bentuk yang berbeda dari ragam hias dan teknik  penyelesaian karya.4. Keunikan atau ciri khusus yang dimiliki antardaerah dan bangsa berbeda-beda.
D. Jenis-Jenis Karya Seni Rupa1. Berdasarkan Jenis Matra
a. Seni rupa dwi matra (dua dimensi), yaitu karya seni rupa berbentuk datar atau dua ukuran (panjangdan lebar) yang hanya dapat dipandang dari arah depan saja, misalnya gambar atau lukisan. b. Seni rupa trimatra (tiga dimensi), yaitu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi,dan volume yang dapat dipandang dari berbagai sisi atau arah pandang, misalnya seni patung,keramik, dan seni bangun (arsitektur).
2. Berdasarkan Teknik Pembuatannya
a. Teknik handmade (buatan tangan) b. Teknik masinal (buatan mesin)c. Teknik komputer 
3. Berdasarkan Alirannya
a.
 Naturalisme
ialah corak atau aliran seni rupa yang sangat mengagumi dan mendewakan keindahanalam (nature). b.
 Realisme
ialah corak atau aliran yang menggambarkan seni rupa sesuai dengan keadaan sebenarnyaatau kenyataan (real).
 
c.
Surealisme
ialah corak yang berusaha membebaskan diri dari kontrol kesadaran, menghendakikebebasan yang selanjutnya ada kecenderungan menuju pada realistis, namun masih dalamhubungan yang aneh.d.
 Ekspresionism
e ialah aliran yang mengutamakan kesan selintas dari suatu objek yang dilukis, kesanini didapat dari bantuan sinar matahari yang merefleksi ke mata pelukis.e.
 Abstraksionisme
ialah seni yang berusaha mengambil objek yang berasal dari dunia batin, objek itu bisa fantastik, imajinasi dan mungkin juga intuisi pelukis.
4. Berdasarkan Tujuan Pembuatannya
a. Karya seni murni diciptakan sebagai sarana atau media berekspresi, rekreasi, terapi, dankomunikasi. b. Karya seni terapan diciptakan untuk tujuan fungsional (memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis).
E. Seni Rupa Murni
Seni rupa murni dalam bahasa Inggris
 pure art 
atau
 fine art 
adalah cabang seni rupa yangterlepas dari unsur-unsur praktis yang lebih mengkhususkan diri pada penciptaan karya seni berdasarkan kreativitas dan ekspresi yang sangat pribadi. Tetapi dalam hal tertentu, karya seni rupamurni dapat pula diperjualbelikan atau memiliki fungsi sebagai benda pajangan dalam sebuah ruangan.Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, senilukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatanmengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.Lukisan yang sering kita lihat merupakan hasil karya seni lukis murni yang berwujud duadimensi. Karya lukis tersebut biasanya dibuat di atas kanvas berpigura dengan bahan cat minyak, catakrilik, atau bahan lainnya. Seni patung adalah cabang seni rupa murni yang berwujud tiga dimensi(memiliki panjang, lebar, dan isi). Dalam seni patung sering digunakan bahan dari batu, logam, atau bahan lain yang dapat menjadi wahana ekspresi si seniman. Seni grafis adalah cabang seni rupa murniyang berwujud dua dimensi dan dikerjakan melalui teknik cetak. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), esta (pengasaman pada bahan metal), dan lito (percetakandengan bahan batu litho). Seni keramik adalah cabang seni rupa murni berwujud tiga dimensi dengan bahan utama lempung, kaolin, atau sejenis tanah lain yang pengerasannya dibakar dalam tungku. Senikeramik modern tidak lagi terikat oleh bentuk putar tetapi dapat lebih bebas, baik berbentuk geometrismaupun organik (bebas).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->