Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
145Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi SMP Kelas 7 Bab v (Tekanan)

Materi SMP Kelas 7 Bab v (Tekanan)

Ratings:

4.88

(8)
|Views: 10,197 |Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Materi tekanan ini diperuntukkan siswa siswi kels 7 SMP agar dapat diperdalam sehingga dapat memahami fluida dengan baik. Kelas 9 yang akan menempuh ujian juga disarankan mengulangi materi ini agar benar-benar siap ujian nasional.
pak pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi indonesia.
Materi tekanan ini diperuntukkan siswa siswi kels 7 SMP agar dapat diperdalam sehingga dapat memahami fluida dengan baik. Kelas 9 yang akan menempuh ujian juga disarankan mengulangi materi ini agar benar-benar siap ujian nasional.
pak pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Mar 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd  Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd 
 BAB V
TEKANAN
Seorang gadis remaja berdiri di atas papan kayu. Di permukaanbawah papan banyak terdapat paku yang menempel pada dadaseorang laki-laki yang terlentang di atas paku-paku yangtersembul dari papan lain. Tekanan berbanding terbalik denganluas penampang. Makin banyak paku, tekanan semakin kecil.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd 
Pembelajaran ini bertujuan agar Anda dapat :
Menentukan hubungan antara gaya, tekanan dan luas daerah yang dikenai gayaMengaplikasikan konsep bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hariMendeskripsikan Hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelamMenjelaskan hubungan antara ketinggian tempat dengan tekanan udaranyaMengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari-hari)Melakukan percobaan yang dapat menunjukkan tekanan atmosfer *)
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd 
Tekanan pada Benda Padat, Cair, dan Gas
A.Menentukan Hubungan Antara Gaya, Tekanan dan Luas Daerah yangDikenai Gaya
Gambar 5.1
.
Gaya berat gadis memberikan tekanan pada papan
Perhatikan gambar 5.1 terlihat seorang gadis berdiri di atas papan kayu yang mempunyai ukuran panjang dan lebar tertentu. Di permukaan bawah papan banyak terdapat paku yang menempel pada dada seorang laki-laki yangterlentang di atas paku-paku yang tersembul dari papan lain. Permainan semacam itutidak bisa sembarang ditiru karena biasa dilakukan oleh orang-orang yang mempunyaikeahlian khusus, misalnya ahli yoga. Gaya berat gadis yang bekerja pada permukaan papan seluas A, menimbulkan tekanan pada papan itu, tekanan tersebut diteruskansama rata ke tiap-tiap ujung paku ke tubuh laki-laki tersebut, dan diteruskan pula ke paku-paku di bawah punggungnya, sampai akhirnya diteruskan ke lantai. Bila laki-laki tersebut tidak menderita luka apapun, dalam fisika hal semacam itu tidak terasaaneh karena efek tekanan secara langsung terlihat pada penampang paling ujung / bawah. Pernahkah Anda melihat seorang karateka memukul tumpukan bata ? Cobalah perhatikan bahwa yang remuk hanyalah bata yang terletak di tumpukan paling bawah.Tekanan atau dalam bahasa Inggris pressure diartikan sebagai gaya tiap satuan luas penampang, sehingga dapat dituliskan dalam persamaan sebagai berikut.
p
=
 A F 
dimana F adalah gaya dalam satuan newton, A singkatan area adalah luas penampangdalam satuan m
2
dan p adalah tekanan dalam satuan N/m
2
atau pascal (dalam sistemSI, sedangkan dalam sistem CGS satuan tekanan adalah dyne/cm
2
). Dalam sistemstatis satuan tekanan dinyatakan dalam Kgf/m
2
atau gf/cm
2
.Tekanan yang dihasilkan oleh gaya sebanding dengan besar gaya dan berbandingterbalik dengan luas daerah yang dikenai gaya. Dengan gaya yang sama akanmenghasilkan tekanan yang lebih besar bila luas penampangnya kecil.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd 
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd 
 
Gambar 5.2.Kaki ayam dan kaki bebek 
 Misalkan seekor ayam dan seekor itik/bebek mempunyai berat yang sama sedang berjalan di atas tanah yang gembur. Akan terlihat jejak kaki ayam membekas lebihdalam daripada jejak kaki bebek, dikarenakan penampang kaki bebek lebih luasdaripada penampang kaki ayam.Seperti halnya gaya, tekanan juga merupakan besaran vektor yang arahnya adalahsearah dengan arah gaya..
Gambar 5.3
.
Gaya berat buku memberikan tekanan pada penampang rak buku
Tekanan yang diderita suatu benda dapat membuat perubahan bentuk. Buku-buku yang tersusun di atas rak buku mempunyai gaya beratyang menghasilkan tekanan di penampangnya. Bila gaya berat buku terlalu besar dapat mengubah penampang meja yang semula lurus datar menjadi melengkungcekung di bagian tengah yang tidak berpenyangga.
Gambar 5.4
.
Pilar jembatan dikonstruksi melengkung untuk menahan tekanan beban yangbesar
Beberapa jembatan berkonstruksi moderndilengkapi dengan pilar berbentuk lengkung ke arah berlawanan dengan arah gaya berat kendaraan-kendaraan yang membebani jembatan. Gunanya untuk menahan perubahan bentuk jembatan bila gaya berat kendaraan-kendaraan yang melewati jembatan terlalu besar.Untuk memahami hubungan antara gaya, tekanan dan luas daerah yangdikenai gaya lakukanlah unjuk kerja berikut ini.
UNJUK KERJA 5.A
: Menemukan hubungan antara gaya, tekanan dan luas daerahyang dikenai gaya.Lakukan kegiatan dengan langkah-langkah berikut dan sertakan hasilnya dalam tabel;1.Carilah balok yang terbuat dari kayu yang jelas ukuran panjang (p), lebar (l) dantebalnya (t). Catatlah ukuran-ukuran itu.2.Timbanglah berat balok kayu tersebut dan catat hasilnya, kemudian letakkan balok kayu tersebut di meja dengan tiga kali posisi yang berbeda.3.Hitunglah tekanan balok kayu menurut kedudukan balok kayu.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd 

Activity (145)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Siti Hapsah liked this
Komsi Ciainiriva liked this
Corry Witria liked this
Zzee St Stia added this note
pusing ahh
Aziz Tea liked this
Trian Hermawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->