Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPMK 02 Tahun 2013Tata Cara Revisi Anggaran

RPMK 02 Tahun 2013Tata Cara Revisi Anggaran

Ratings: (0)|Views: 198 |Likes:
Published by Anwar Lalu Irsan
RPMK 02 Tahun 2013Tata Cara Revisi Anggaran
RPMK 02 Tahun 2013Tata Cara Revisi Anggaran

More info:

Published by: Anwar Lalu Irsan on Mar 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
 
MENTERI KEUANGANREPUBLIK INDONESIA
SALINAN
PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIANOMOR 32/PMK.02/2013
 
 TENTANG TATA CARA REVISI ANGGARAN TAHUN ANGGARAN 2013DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAMENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 11 ayat (6)Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2012 tentang AnggaranPendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2013 danketentuan Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 37 Tahun 2012tentang Rincian Anggaran Belanja Pemerintah Pusat Tahunnggaran 2013, perubahan Rincian Anggaran BelanjaPemerintah Pusat Tahun Anggaran 2013 diatur denganPeraturan Menteri Keuangan;b.
 
bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 15 Peraturan PemerintahNomor 90 Tahun 2010 tentang Penyusunan Rencana Kerjadan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, tata caraperubahan Rencana Kerja dan Anggaran KementerianNegara/Lembaga dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatandan Belanja Negara diatur dengan Peraturan MenteriKeuangan;c.
 
bahwa dalam rangka efisiensi dan efektivitas pelaksanaannggaran Belanja Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2013serta percepatan pencapaian kinerja Kementerian Negara/Lembaga, perlu diatur tata cara revisi anggaran pada Tahun Anggaran 2013;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu menetapkanPeraturan Menteri Keuangan tentang Tata Cara Revisinggaran Tahun Anggaran 2013;Mengingat : 1.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003tentang KeuanganNegara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4286);2.
 
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004tentangPerbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4355);
 
 
- 2 -
MENTERI KEUANGANREPUBLIK INDONESIA
3.
 
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2012tentang AnggaranPendapatan Dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2013(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor228, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor5361);4.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2004 tentangRencana Kerja Pemerintah (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2004 Nomor 74, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4405);5.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 90 Tahun 2010 tentangPenyusunan Rencana Kerja Dan Anggaran KementerianNegara/Lembaga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2010 Nomor 152, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 5178);6.
 
Keputusan Presiden Nomor 37 Tahun 2012tentang Rinciannggaran Belanja Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2013;7.
 
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.02/2012tentang Petunjuk Penyusunan Dan Penelaahan Rencana KerjaDan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga;8.
 
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.02/2012tentang Petunjuk Penyusunan Dan Pengesahan Daftar IsianPelaksanaan Anggaran;MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN MENTERI KEUANGAN TENTANG TATA CARAREVISI ANGGARAN TAHUN ANGGARAN 2013.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Menteri ini, yang dimaksud dengan:1.
 
nggaran Pendapatan dan Belanja Negara, yang selanjutnyadisingkat APBN adalah rencana keuangan tahunanpemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan PerwakilanRakyat.2.
 
Revisi Anggaran adalah perubahan rincian anggaran belanjapemerintah pusat yang telah ditetapkan berdasarkan APBN Tahun Anggaran 2013 dan disahkan dalam Daftar IsianPelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2013.3.
 
Kementerian Negara, yang selanjutnya disebut Kementerianadalah perangkat Pemerintah yang membidangi urusantertentu dalam pemerintahan.
 
 
- 3 -
MENTERI KEUANGANREPUBLIK INDONESIA
4.
 
Lembaga adalah organisasi non Kementerian Negara daninstansi lain pengguna anggaran yang dibentuk untukmelaksanakan tugas tertentu berdasarkan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau peraturanperundang-undangan lainnya.5.
 
Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran, yang selanjutnyadisingkat DIPA adalah dokumen pelaksanaan anggaran yangdisusun oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran.6.
 
Pagu Anggaran adalah alokasi anggaran yang ditetapkanuntuk mendanai belanja pemerintah pusat dalam APBN Tahun Anggaran 2013.7.
 
Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, yang selanjutnya disingkat RKA-K/L adalah dokumenrencana keuangan tahunan Kementerian/Lembaga yangdisusun menurut bagian anggaran Kementerian/Lembaga.8.
 
Satuan Kerja, yang selanjutnya disebut Satker adalah bagiandari suatu unit organisasi pada Kementerian/Lembaga yangmelaksanakan 1 (satu) atau beberapa program/kegiatan danmembebani dana APBN.9.
 
Daftar Hasil Penelaahan Rencana Kerja dan AnggaranKementerian/Lembaga, yang selanjutnya disingkatDHP RKA-K/L adalah alokasi anggaran yang ditetapkanmenurut unit organisasi dan program dan dirinci ke dalamsatuan Satker-Satker berdasarkan hasil penelaahan RKA-K/L termasuk DHP Rencana Dana Pengeluaran Bendahara UmumNegara (RDP BUN) khusus untuk belanja.10.
 
Program adalah penjabaran kebijakan KementerianNegara/Lembaga yang berisi 1 (satu) atau beberapa kegiatandengan menggunakan sumber daya yang disediakan untukmencapai hasil yang terukur sesuai dengan misi yangdilaksanakan instansi atau masyarakat dalam koordinasiKementerian Negara/Lembaga yang bersangkutan.11.
 
Hasil (
Outcome 
) adalah kinerja atau sasaran yang akandicapai dari suatu pengerahan sumber daya dan anggaranpada suatu program dan kegiatan.12.
 
Kegiatan adalah bagian dari program yang dilaksanakan oleh1 (satu) atau beberapa Satker sebagai bagian dari pencapaiansasaran terukur pada suatu program yang terdiri darisekumpulan tindakan pengerahan sumber daya baik berupapersonel (sumber daya manusia), barang modal termasukperalatan dan teknologi, dana atau kombinasi dari beberapaatau semua jenis sumber daya tersebut sebagai masukan(
input 
) untuk menghasilkan keluaran (
output 
) dalam bentukbarang dan jasa.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->