Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
72Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kegiatan Ekonomi Tradisional Di Malaysia

Kegiatan Ekonomi Tradisional Di Malaysia

Ratings: (0)|Views: 35,737|Likes:
Published by farah wahida
untuk rujukan semua..:)
untuk rujukan semua..:)

More info:

Published by: farah wahida on Mar 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
Kegiatan Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untukkepentingan bersama atau demokratis, sesuai dengan tata cara yang biasa ditempuh oleh nenekmoyang sebelumnya.Dalam system tradisional ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhisendiri oleh masyarakat itu sendiri guna untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.Selama ini di desa telah ada seperangkat lembaga-lembaga yang muncul dan timbul dari inisiatif masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang harus dipenuhinya sendiri. Umumnyalembaga-lembaga lokal ini masih bersifat sangat tradisional dengan berbagaikekurangankekuranganyang ada dari segi organisasi atau kelembagaan modPerubahan sosial dapat terjadi apabila terdapatagen perubahan. Pada tingkat kelembagaan seringkali dijumpai adanya gerakan sosial. Gerakan sosialini seringkali menjadi agen perubahan.
A. PERTANIAN
 Sistem ekonomi pada masyarakat pertanian mempunyai ciri teknik produksi dipelajari secara turuntemurun dan bersifat sederhana dan mengenal pembagian kerja yang masih terikat tradisi tanahsebagai tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran. Pada masyarakat ini mereka biasanyamasih menggunakan sistem pertukaran barter yaitu menukar barang dengan barang dan padamasyarakat pertanian ini teknologi yang digunakan masih sangat sederhana, sehingga produktivitasrendah dan menyebabkan mutu barang hasil produksinya rendah.Dalam sistem ekonomi tradisional,tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjagaketertiban umum. Dengan kata lain kegiatan ekonomi yaitu masalah apa dan berapa, bagaimana danuntuk siapa barang diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat.Gambar :
Pertanian
 Pada masyarakat pertanian hasil pertaniannya tidak untuk di jual melaikan di pergunakan untukmemenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Tetapi apabila hasil pertiannya di kira lebih makakelebihannya akan di jual kepada orang lain yang membutuhkannya atau hasilnya di tukarkan denganbarang lain yang tidak bisa di hasilkannya sendiri. Kelebihan dari sistem ekonomi tradisionaladalahtidak terdapatnya persaingan dan masyarakat merasa aman, karena tidak mempunyai bebanberat yang harus di pikul.
 
 
B. PERDAGANGAN DAN PELAYARAN
 Sistem ekonomi tradisional yang di pakai pada masyarakat perdagang dan pelayar adalah sistembarter yaitu sistem pertukaran barang dengan barang. Seperti halnya dengan sistem ekonomi padamasyarakat pertanian sistem ekonomi tradisisonal pada masyarakat perdagang dan pelayar jugamempunyai kesamaan yaitu mereka melakukannya guna untuk memenuhi kebutuhannya baiksendiri maupun kebutuhan umum.Gambar :
Pelayaran Tradisional
 Pada masyarakat ini mereka melakukan perdagangan dan pelayaran ke daerah-daerah lain gunauntuk memenuhi atau mencukupi kebutuhan hidup yang tidak bisa dipenuhinya atau dihasilkannyasendiri oleh mereka sehingga perlu melakukan perdagangan dan pelayaran ke daerah-daerah lain.Sehingga dari hubungan tersebut terjadinya perubahan sosial di dalam masyarakat yang salingmengadakan hubungan perdagangan, baik perubahan sosial kea rah kebaikan ataupun kemunduran.
C.PERKEMBANGAN EKONOMI
 Perkembangan ekonomi yang di alami masyarakat yang menggunakan sistem perekonomiantradiosional adalah lambat. Karena semua kebutuhan hidupnya di penuhi sendiri dan di dalammemproduksi barang, untuk siapa barang tersebut di produksi semuanya di atur oleh masyarakat.Sehingga dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikanperlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum. Dengan kata lain kegiatanekonomi yaitu masalah apa dan berapa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi semuanyadiatur oleh masyarakat.Dalam sistem ekonomi tradisional semacam ini memiliki kelemahan dan kelebihan sebagai berikut.
 
Kelemahan ekonomi tradisional :
 
•Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana, sehingga produktivitas rendah.
 
•Mutu barang hasil produksi masih rendah.
 
•Kegiatan utama ialah bercocok tanam, menangkap ikan, memungut hasil hutan.
 
•kegiata
n ekonomi dijalankan untuk mendapatkan bahan ,makanan dan lain-lain hasil untuk memenuhi keperluan harian.
•Alat pertanian adalah mudah yaitu menggunakanhewan atau binantang dan manusia tanpa
teknologi modern.
•Mereka menggunakan sisitem barter, dalam me
lakukan kegiatan transaksi.
•Sebab
-sebab petani tidak dapat mengeluarkan kelebihan hasil -Kekurangan tenaga buruh-Tidak ada ternak yang dapat melakukan kerja berat -Menangung beban kerja kerah pemerintah-Tiap petani hendaknya menyerahkan 1 per sepuloh hasil mereka kepada, pembesar atau raja padasaat itu.
Atas sebab-sebab diatas petani tidak dapat mengusahakan tanaman lebihan hanya golonganpemerintah sahaja banyak mengumpul kekayaan.
Kelebihan ekonomi tradisional :
 
•Tidak terjadi persaingan yang
tidak sehat, hubungan antar individu sangat erat.
•Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada beban berat yang harus dipikul.
 
•Tidak indiviualistis.
 
D. PEMIKIRAN TENTANG PENGEMBANGAN PERTANIAN
 Dalam faktor produksi kerja pertanian juga tampak individualisering. Dahulu tiap pekerjaaanteristimewa pekerjaan mengolah tanah, berhubung dengan perajaan keagamaa. Terikatnya kerjapada agama tampak dari kegiatan pengolahan tanah di dahului dengan upacara yang di pimpin olehfungsionaris masyarakat. Selanjutnya kerja dapat diorganisir dengan berbagai cara salah satunyaadalah gotong royong. Dari gotong royong inilah dapat timbul bentuk-bentuk organisasi lainnya dandari gotong royong berubah menjadi tolong-menolong.

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gamez Overr liked this
Siti Aisyah liked this
Sapina Ramli liked this
Vereen Ganesh liked this
Muhammad Aidid liked this
Daniel Liaw liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->