Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
POLIPROPILENA.docx

POLIPROPILENA.docx

Ratings: (0)|Views: 287 |Likes:
Published by Elhaym21

More info:

Published by: Elhaym21 on Mar 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
TUGAS KIMIA TEKNIK 
POLIPROPILENA (PP)
DOSEN : A.S. DWI SAPTATI NUR HIDAYATIANGGOTA KELOMPOK 4 :1.
 
AHMAD ISMAIL (125060100111027)2.
 
AHMAD HAIDAR ILHAMY (125060100111035)3.
 
CHANIVA ADNIN (125060101111005)TEKNIK SIPILFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA
 
BAB IPENDAHULUAN
Berbagai sumberdaya digali untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Darisumberdaya inilah manusia memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Mula-mula manusia memakai sumberdaya ini menjadi berbagai perlengkapan dengan proses yang sederhana dan tradisional. Proses ini memang tidak akan merusak lingkungan, namun penggunaan sumberdaya tersebut kurang maksimal karena belumadanya pengetahuan yang memadai saat itu.Dengan ditemukannya berbagai ilmu terutama dalam bidang kimia, dibentuklah berbagai bahan alternatif serta efisien yang tetap ramah lingkungan melalui proseskimia. Berbagai bahan alternatif ini dibentuk melalui proses proses kimia tertentuhingga diolah menjadi berbagai perlalatan atau kebutuhan hidup manusia. Dengan carainilah penggunaan sumberdaya dapat lebih dimaksimalkan.Berbagai bahan alternatif pun semakin berkembang dan berhasil mengganti beberapa sumberdaya yang berasal dari alam. Sampai saat ini berbagai sumberdayaalternatif pun masih dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.Beberapa bahan alternatif tersebut di antaranya adalah PVC, teflon, karet buatan, polipropilena, dan masih banyak lagi.
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Polipropilena (PP)
Polipropilena (PP) adalah polimer dengan penggunaan terbesar ketiga di duniaPE dan PVC. Polimer ini memiliki keseimbangan sifat yang baik sehingga dapat kitatemui pada berbagai aplikasi, mulai dari kemasan makanan, perlengkapan rumahtangga, part otomotif, hingga pelengkapan elektronik.Polipropilena atau polipropena (PP) merupakan sebuah polimer termo plastik yang dibuat olehindustri kimiadan digunakan dalam berbagai aplikasi, diantaranya pengemasan,tekstil(contohnya tali, pakaian dalam termal, dan karpet), alat tulis, berbagai tipe wadah alat-alat rumah tangga yang dapat dipakai kembali (contohnyaseperti ember plastik, gelas plastic, toples dan lain-lain), perlengkapan labolatorium, pengeras suara,komponen otomotif, dan uang kertas polimer. Polimer adisi yangterbuat dari propilena monomer, permukaannya tidak rata serta memiliki sifatresistan yang tidak tahan terhadap pelarut kimia seperti basa dan asam. Polipropilena biasanya dapat didaur-ulang.Berdasarkan ilmu kimai, PP adalah suatu makromolekul thermoplastic (dapatdilelehkan) rantai jenuh (tidak memiliki ikatan rangkap) yang terdiri dari propilienasebagai gigis yang berulang.
rrs
 
Rumus Kimia Polipropilena (PP)
Polipropilena merupakan polimer hidrokarbon yang dapat diolah pada suhu tinggi.Polipropilena berasal dari monomer propilena yang diperoleh dari pemurnian minyak  bumi. Struktur molekul propilena dapat dilihat pada gambar berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->