Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
107Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rawat Gabung (Rooming in)

Rawat Gabung (Rooming in)

Ratings:

4.75

(4)
|Views: 8,751 |Likes:
Published by Asrama Medica
mau tau gmana arti pentingnnya rawat gabung pada ibu post partum
mau tau gmana arti pentingnnya rawat gabung pada ibu post partum

More info:

Published by: Asrama Medica on Mar 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
Rawat Gabung (Rooming In)
OLEHASRUL MAPPIWALIPEMBIMBINGdr. BUDI ZULHARDISUPERVISORdr. NASRUDIN A.M. Sp.OGDIBAWAKAN DALAM RANGKA TUGAS KEPANITERAANKLINIK PADA BAGIAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGIFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR2009
PENDAHULUAN
1
BAGIAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGIFAKULTAS KEDOKTERANUNIVERSITAS HASANUDDINREFARAT Januari 2008
 
UNICEF menyatakan, terdapat 30.000 kematian bayi di Indonesia dan 10 jutakematian anak balita di dunia setiap tahunnya. UNICEF menyebutkan bukti ilmiahterbaru, yang juga dikeluarkan oleh
 Journal Paediatrics
ini, bahwa bayi yang diberikansusu formula memiliki kemungkinan untuk meninggal dunia pada bulan pertamakelahirannya. Dan peluang itu 25 kali lebih tinggi dibandingkan bayi yang disusui olehibunya secara eksklusif. Tingginya angka kematian bayi di Indonesia maupun di duniasebenarnya dapat diminimalisir dengan salah satunya melakukan Rawat Gabung.
(1,3,)
Infeksi pada bayi baru lahir merupakan penyakit yang sangat sulit untuk diobati.Angka kematian akibat infeksi di Indonesia yang tertinggi, khususnya infeksi padaneonatus masih merupakan masalah yang gawat. Di Jakarta, khususnya di RSCM infeksinosokomial merupakan 10-15% dari morbiditas perinatal. Ada bermacam cara yangmampu kita upayakan untuk pencegahan infeksi pada bayi baru lahir, salah satunyadengan melakukan Rawat Gabung (rooming in), walaupun fungsi rawat gabung tidak terbatas pada pencegahan infeksi semata.
(2,4,13)
Rawat gabung merupakan satu cara perawatan di mana ibu dan bayi yang barudilahirkan tidak dipisahkan, melainkan ditempatkan dalam sebuah ruangan, kamar atautempat bersama-sama selama 24 jam penuh dalam seharinya. Istilah rawat gabung parsialyang dulu banyak dianut, yaitu rawat gabung hanya dalam beberapa jam seharinya,misalnya hanya siang hari saja sementara pada malam hari bayi dirawat di kamar bayi,sekarang tidak dibenarkan dan tidak dipakai lagi.
(2,4)
Tujuan rawat gabung adalah agar Ibu dapat menyusui bayinya sedini mungkinkapan saja dibutuhkan, ibu dapat melihat dan memahami cara perawatan bayi yang benar seperti yang dilakukan oleh petugas, ibu mempunyai pengalaman dalam merawat bayinyasendiri selagi ibu masih di rumah sakit dan yang lebih penting lagi, Ibu memperoleh bekal keterampilan merawat bayi serta menjalankannya setelah pulang dari rumah sakit.Dalam perawatan gabung suami dan keluarga dapat dilibatkan secara aktif untumendukung dan membantu ibu dalam menyusui dan merawat bayinya secara baik dan benar, selain itu Ibu akan mendapatkan kehangatan emosional karena ibu dapat selalukontak dengan buah hati yang sangat dicintainya, demikian pula sebaliknya bayi denganibunya.
(13)
2
 
Banyak RS yang menawarkan pilihan agar bayi dapat terus bersama ibunyaselama 24 jam. Meskipun selama ini banyak RS yang masih menerapkan ruangan khususuntuk bayi, terpisah dari ibunya. Namun riset terakhir menunjukkan bahwa jika tidak adamasalah medis, tidak ada alasan untuk memisahkan ibu dari bayinya, meski hanya sesaat(Yamauchi and Yamanouchi 1990; Buranasin 1991; Oslislo and Kaminski 2000). Bahkanmakin seringnya ibu melakukan kontak fisik langsung (skin-to-skin contact) dengan bayiakan membantu menstimulasi hormon prolaktin dalam memproduksi ASI (Hurst 1997).Karena itu pada tahun 2005, American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkankebijakan agar ibu dapat terus bersama bayinya di ruangan yang sama dan mendorongibu untuk segera menyusui bayinya kapanpun sang bayi menginginkannya (on demand).Semua kondisi tersebut akan membantu kelancaran dari produksi ASI.
(12)
 Rooming in
akan membantu memperlancar pemberian ASI. Karena dalam tubuhibu menyusui ada hormon oksitosin. Hormon ini sangat berpengaruh pada keadaan emosiibu. Jika Ibu tenang dan bahagia karena dapat mendekap bayinya, maka hormon ini akanmeningkat dan ASI pun cepat keluar. Sehingga bayi lebih puas mendapatkan ASI .Manfaat lain dari perawatan rooming in bagi bayi akan lebih cepat menyesuaikan denganwaktu tidur dan bangun dengan ibu. Selain itu jika bayi menangis akan langsung didekapibu sehingga bayi akan tenang mendengarkan detak jantung ibu. Bagi Ibu, perawatanrooming in akan memperkecil resiko mengalami depresi pasca melahirkan, karena ibumerasakan daya tarik tersendiri terhadap bayinya dan membuat rasa sayang kepadanya.
(14)
TUJUAN DAN MANFAAT RAWAT GABUNG
3

Activity (107)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ChaechaBintiYuan liked this
yuhuma_qyu6841 liked this
Suzuki Kaze liked this
I'You RyAnti liked this
Kim Mya liked this
Sisca Ulmu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->