Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
31Activity
×
P. 1
Modul 0101 IPS

Modul 0101 IPS

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 12,574|Likes:
Published by manggala raya

More info:

Published by: manggala raya on Mar 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/28/2013

pdf

text

original

 
SMK Negeri 4 Makassar
No. DokSMK4/FM/KUR-01-03No. Revisi0
Modul Pembelajaran
 Tanggal16 Nopember 2007Halaman1 dari 55
B A B IPENDAHULUAN
A.DESKRIPSI
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengkaji seperangkat peristiwa,fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Padapada tingkat satuan pendidikan kejuruan pada umumnya, SMK negeri4 Makassar pada khususnya, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialmemuat materi Sosiologi, Sejarah, Ekonomi, Budaya dan Antropologi.Melalui modul ini, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadiwarganegara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, dancinta damai. Kompetensi yang akan kita pelajari pada semester 1(Ganjil) adalah standar kompetensi kedua yang terdiri dari 3 (tiga)kompetensi dasar. Ketiga kompetensi dasar ini merupakan bagianyang tidak dapat dipisahkan dalam mencapai standar kompetensitersebut. Tiga kompetensi dasar yang akan kita pelajari dalam modul iniadalah sebagai berikut :
1.
Mengidentifikasi Interaksi Sebagai Proses Sosial.2.Mendeksripsikan Sosialisasi Sebagai Porses PembentukanKepribadian3.Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosialSemuanya ini disusun secara sistematis, konprehensif, danterpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dankeberhasilan dalam kehidupan di masyarakat.
B.PRASYARAT
Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam mempelajarimodul ini sebaiknya anda sudah mempersiapkan diri secaramaksimal dengan konsentrasi penuh. Anda harus menguasai isimodul secara bertahap dan simultan. Sebaiknya anda tidakmembaca dan mempelajari modul ini secara meloncat-loncat. Jadiharus sesuai dengan urutan komptensi dasar yang ada. Anda akanlebih mudah memahami dan mepelajarinya dari setiap modul apabilamaterinya beurutan.Dalam mempelajari modul ini, kemampuan yang harus andamiliki antara lain adalah kemauan dan semangat untuk mempelajaridan memahami situasi dan kondisi yang tengah berkembang padamasa itu.
C.PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1.Petunjuk bagi siswaa.Bacalah terlebih dahulu pendahuluan untuk mengetahuisecara umum materi dalam modul ini.
Created by : Muh. Arsyad Rahim
 
SMK Negeri 4 Makassar
No. DokSMK4/FM/KUR-01-03No. Revisi0
Modul Pembelajaran
 Tanggal16 Nopember 2007Halaman2 dari 55
b.Bacalah dengan saksama petunjuk dalam tiap materi modulserta tujuan yang akan dicapai pada modul ini.c.Baca dan pahami materi pada modul ini.d.Catatlah dan buat ringkasan materi penting.e.Kerjakan apabila ada tugas pada setiap akhir modul, jikakesulitan diskusikanlah dengan teman atau guru anda.f.Kerjakan soal evaluasi yang ada, mintalah penjelasan apabilaada hal-hal yang belum jelas.g.Hasil penguasaan evaluasi menunjukkan tingkat penguasaanterhadap materi yang anda pelajari.Apabila hasil yang Anda capai sesuai dengan targetkelulusan, Anda boleh melanjutkan ke materi berikutnya. Jika tidakberhasil, maka anda ulangi lagi sesuai target kelulusan.2.Petunjuk bagi gurua.Mengkondisikan kelas untuk kelancaran proses pembelajaran.b.Membimbing siswa untuk memahami materi dan pelaksanaantugas.c.Melaksanakan penilaian, remediasi.d.Menjelaskan kepada siswa mengenai bagian yang perludibenahi, diperdalam untuk melanjutkan pelajaran berikutnya.e.Mencatat kemajuan siswa.
D.PERLENGKAPAN PROSES PEMBELAJARAN
1.Buku referensi2.Modul3.Note Book4.DVD5.Gambar Iinteraksi Sosial
E.TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi Interaksi Sebagai ProsesSosial.Setelah mempelajari materi ini siswa dapat :1.Mendefinisikan pengertian interaksi sosial.2.Mendefinisikan pengertian proses sosial.3.Menjelaskan faktor yang mendasari terjadinya interaksi.4.Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.5.Menjelaskan wujud kontak sosial.
Created by : Muh. Arsyad Rahim
 
SMK Negeri 4 Makassar
No. DokSMK4/FM/KUR-01-03No. Revisi0
Modul Pembelajaran
 Tanggal16 Nopember 2007Halaman3 dari 55
Standar Kompetensi : 1Kompetensi Dasar 1.1. 
Created by : Muh. Arsyad Rahim
 
Memahami Kehidupan
Mengidentifikasiinteraksi sebagai
Interaksi SosialSyarat-SyaratInteraksi SosialProses InteraksiSosial
1.PengertianUmum 
Konta
Faktor dasarterjadinya interkasi:1.Imitasi2.Sugesti3.Identifikasi
Wujud Kontak TerjadinyaProses
KomponenKomunikasi1.Komunikator2.Komunika
Komunik1.Kontak
1.Kontak Antar2. Kontak Antar3.Antar Individudengan Kelompok
2. Kontak
1 21 2 3

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Vie Vie Aurel liked this
Thini Jehadu liked this
Bella Aedelwiese liked this
Tikasari Devi liked this
Yusup Sanjaya liked this
Shinta Nurya liked this
Nicky Trader liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->