Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Softskill Bahasa Indonesia 1

Tugas Softskill Bahasa Indonesia 1

Ratings: (0)|Views: 46 |Likes:

More info:

Published by: Moniika Yusianaa 'Mochan' on Mar 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

 
 
TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIAPENGERTIAN PENALARANMONIKA YUSIANA3EA2114210521 UNIVERSITAS GUNADARMA2013
 
PENGERTIAN PENALARAN SECARA UMUMPENALARAN
 adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (observasiempirik) yangmenghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yangsejenis juga akanterbentuk proposisi proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisiyang diketahui ataudianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yangsebelumnya tidak diketahui.Proses inilah yang disebut menalarMacam macam Penalaran :
PENALARAN INDUKTIF
 Metode penalaran induktif adalah adalah suatu penalaran yang berpangkal dari peristiwa khusussebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuanbaruyang bersifat umum. Dalam hal ini penalaran induktif merupakan kebalikan dari penalarandeduktif. Untuk turun ke lapangan dan melakukan penelitian tidak harus memliki konsepsecaracanggih tetapi cukup mengamati lapangan dan dari pengamatan lapangan tersebut dapatditarik generalisasi dari suatu gejala. Dalam konteks ini, teori bukan merupakan persyaratanmutlak tetapi kecermatan dalam menangkap gejala dan memahami gejala merupakan kuncisukses untuk dapat mendiskripsikan gejala dan melakukan generalisasi. Jenis-jenis penalaran induktif adalah :1.
 
GeneralisasiGeneralisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menujukesimpulanumum.‡ Tamara Bleszynski adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.‡ NiaRamadhani adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.Generalisasi: Semua bintang sinetronberparas cantik.
 
Pernyataan semua bintang sinetron berparas cantik hanya memiliki kebenaran probabilitaskarena belum pernah diselidiki kebenarannya.Contoh kesalahannya : Omas juga bintang iklan, tetapi tidak berparas cantik.2. AnalogiPenalaran Analogi adalah proses penyimpulan berdasarkan kesamaan data atau fakta.Analogidapat juga dikatakan sebagai proses membandingkan dari dua hal yang berlainanberdasarkankesamaannya, kemudian berdasarkan kesamaannya itu ditarik suatukesimpulan.Tujuan penalaran secara analogi adalah sebagai berikut:a. Analogi dilakukan untuk meramalkan kesamaan.b. Analogi dilakukan untuk menyingkapkan kekeliruan.3. Analogi digunakan untuk menyusunklasifikasi.Contoh : Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktumendaki,ada saja rintangan seperti jalan yang licin yang membuat seseorang jatuh. Ada pulasemak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya? Begitu pula bila menuntutilmu,seseorang akan mengalami rintangan seperti kesulitan ekonomi, kesulitan memahamipelajaran,dan sebagainya. Apakah Dia sanggup melaluinya? Jadi, menuntut ilmu sama halnyadenganmendaki gunung untuk mencapai puncaknya.3. KausalHubungan kausal adalah penalaran yang diperoleh dari gejala-gejala yang salingberhubungan.Hal ini terlihat ketika tombol ditekan yang akibatnya bel berbunyi. Dalamkehidupan kita sehari-hari, hubungan kausal ini sering kita temukan. Hujan turun dan jalan-jalanbecek. Ia kenapenyakit kanker darah dan meninggal dunia.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->