Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alokasi Biaya Departemen Pendukung

Alokasi Biaya Departemen Pendukung

Ratings: (0)|Views: 639 |Likes:
Published by cho18_
Akmen
Akmen

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: cho18_ on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2013

pdf

text

original

 
Akuntansi Manajemen dan Biaya 1
 
PENDAHULUAN
1.
 
Latar Belakang
 
Alokasi biaya merupakan salah satu isu penting dalam akuntansi manajemen.Bagaimana biaya-biaya yang terjadi di dialokasikan ke objek biaya, seperti produk,kelompok pelanggan, aktivitas, dan divisi.
 
Perusahaan biasanya membedakan antara departemen operasi atau produksi(
operating departement 
) dan departemen pendukung (
 supporting departemen
).Departemen operasi merupakan departemen yang secara langsung memberikan nilaitambah kepada produk atau jasa. Sementara departemen jasa merupakan departemenyang memberikan jasa yang membantu departemen internal lainnya, baik departemenoperasi maupun departemen jasa yang lain.
 
Dalam alokasi biaya, akan menentukan cara dalam mengalokasikan biaya-biayayang terjadi di departemen pendukung (
 supporting department 
) ke departemen produksi dan akhirnya dialokasikan ke produk atau jasa yang dihasilkan. Prosesalokasi biaya ini memerlukan pemilihan dasar alokasi biaya (
cost driver 
) yang tepat.
B.
 
GAMBARAN UMUM ALOKASI BIAYA
1.
 
Sekilas Tentang Alokasi Biaya
 
Merupakan biaya-biaya yang memberikan manfaat bersama, yang terjadi ketikasumber daya yang sama digunakan dalam keluaran dua atau lebih jasa atau produk,disebut sebagai biaya bersama (commont cost).2.
 
Jenis Jenis DepartemenDalam model fungsi diperusahaan, obyek biaya adalah departemen. Terdapat duakategori departemen yaitu: Departemen produksi dan departemen pendukung.Departemen produksi secara langsung bertanggung jawab pada pembuatan produk atau jasa yang dijual pada pelanggan.
 
Departemen produksi adalah departemen secara langsung mengerjakan produksiyang diproduksi.Departemen pendukung menyediakan pelayanan pendukung yangdiperlukan oleh departemen produksi. Departemen ini berhubungan secara tidak langsung dengan suatu jasa atau produk organisasi tersebut.
 
Akuntansi Manajemen dan Biaya 2
3.
 
Langkah
 – 
langkah dalam pengalokasian biaya departemen pendukung kedepartemen produksi dan mengalokasikannya ke biaya produk:a.
 
Membagi perusahaan ke dalam departemen-departemen. b.
 
Mengklasifikasikan tiap departemen sebagai departemen pendukung ataudepartemen produksi.c.
 
Menelsuri semua biaya overhead perusahaan di departemen pendukung ataudepartemen produksi.d.
 
Mengalokasikan biaya departemen pendukung ke departemen produksi.e.
 
Menghitung tarif overhead yang ditentukan terlebih dahulu untuk departemen produksi.f.
 
Mengalokasikan biaya overhead ke tiap unit produk melalui tarif overheadyang ditentukan terlebih dahulu.4.
 
Jenis Jenis Dasar AlokasiDepartemen produksi membutuhkan jasa pendukung. oleh sebab itu, biayadepartemen pendukung ditimbulkan oleh aktivitas departemen produksi. Faktor-faktor  penyebabnya adalah variabel atau aktivitas dalam departemen produksi, yangmenyebabkan munculnya biaya jasa pendukung. Dalam memilih dasar pengalokasian biaya departemen pendukung, berbagai usaha harus dilakukan untuk mengidentivikasifaktor penyebab yang sesuai (penggerak biaya). Menggunakan faktor penyebab akanmenghasilkan biaya produk yang lebih akurat. Selanjutnya, jika faktor penyebabdiketahui, para manajer dapat mengontrol konsumsi jasa pendukung dengan lebih baik.5.
 
Tujuan AlokasiBeberapa tujuan penting berhubungan dengan alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi, dan akhirnya ke produk tertentu:a.
 
Untuk menghasilkan satu kesepakatan harga yang menguntungkan b.
 
Untuk menghitung profibilitas lini produk c.
 
Untuk memprediksi pengaruh ekonomi dari perencanaan dan pengendaliand.
 
Untuk meniai persediane.
 
Untuk memotivasi para manajer Jika biaya tidak dialokasikan denga akurat, biaya beberapa jasa dapat terlalutinggi, hingga mengakibatkan penawaran yang terlalu tinggi dan hilangnya potensi
 
Akuntansi Manajemen dan Biaya 3
 bisnis, sebaliknya, jika biaya terlalu rendah dan mengakibatkan kerugian pada jasa ini.Hal yang berhubungan dekat dengan penentuan harga adalah laba. Dengan menilailaba berbagai jasa, seseorang manajer dapat mengevaluasi bauran jasa yangditawarkan oleh perusahaan. Tentu saja biaya yang akurat adalah hal yang pentinguntuk menentukan laba.Alokasi dapat digunakan untuk memotivasi para manajer. Jika biaya departemen pendukung tidak di alokasikan ke departemen produksi, para menejer dapatmemperlakukan jasa ini seakan-akan jasa tersebut gratis. Tentu saja, padakenyataanya, biaya marginal sebuah jasa lebih besar dari nol. Dengan mengalokasikan biaya dan meminta para manejer departemen produksi bertanggung jawab atas kinerjaekonomi unit mereka, suatu organisasi dapat memastikan bahwa para manejer akanmenggunakan suatu jasa hingga manfaat marginal suatu jasa sama dengan biayamarginalnya. Jadi, mengalokasikan biaya jasa membantu tiap departemen produksimemilih tingkat konsumsi yang benar.
C.
 
PENGALOKASIAN BIAYA SATU DEPARTEMEN KE DEPARTEMENLAINNYA
 1.
 
Tarif Pembebanan TunggalMisal bahwa perusahaan mengembangkan departemen foto copy sendiri untuk melayani tiga departemen produksinya (audit, pajak, dan konsultan menajemen sistematau MAS). Biaya departemen foto copy meliputi biaya tetap sebesar $26.190 (upahsewa da mesin fotocopy) dan biaya variabel $0,023 (kertas dan tinta) per lembar fotocopy. Estimasi penggunaan (dalam jumlah halaman) oleh ketiga departemen produksiadalah sebagai berikut ;Departemen audit 94.500Departemen pajak 67.500Departemen MAS 108.000Total270.000Jika tarif pembebanan tunggal di gunakan, biaya tetap sebesar $26.190 akandigabungkan dengan estimasi biaya variabel sebesar $6.210 (270.000 x $0,023). total biaya sebesar $32.400 (biaya tetap + viaya variabel) dibagi dengan estimasi jumlahlembar yang di foto copy sebanyak 270.000 yang akan menghasilkan tarif per lembar sebesar $0,12.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Vera d'FalVa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->