Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan

Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 306|Likes:

More info:

Published by: Henri Bagus Adhi Pradana on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/24/2013

pdf

text

original

 
Mimin Haryati, 2009,
Gaung Persada Press, Jakarta
 
Contoh Penilaian Produk 
Mata Ajar:Kimia Nama Proyek:Pembuatan Telur AsinAlokasi Waktu:2 Kali Pertemuan Nama Siswa:………………………………Kelas/SMT: No.TahapanSkor ( 1 – 5 )*1Tahap perencanaan bahan2Tahap proses pembuatana. Persiapan alat dan bahan b. Teknik Pengolahanc.K3 (Keselamatan Kerja, Keamanan, danKebersihan)3Tahap terakhir ( hasil produk )a. Bentuk fisik  b. InovasiTotal Skor Catatan*Skor diberikan dengan rentang nilai antara 1 – 5 dengan ketentuan semakinlengkap jawaban serta ketepatan dalam proses pembuatan maka semakintinggi skor yang diberikan.5.
Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio sangat cocok untuk mengetahui perkembangan aspek  psikomotor perserta didik dengan cara menilai kumpulan karya/tugas yangmereka kerjakan. Menurut Popham (1985) karya-karya tugas ini dipilih kemudiandinilai, sehingga dapat diketahui perkembangan kemampuan peserta didik.Penilaian portofolio merupakan proses penilaian yang berkelanjutan yangdidasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangankemampuan khususnya aspek psikomotor/unjuk kerja peserta didik dalam satu periode tertentu. Penilaian jenis ini pada dasarnya menilai karya-karya pesertadidik secara individual dalam satu periode tertentu per mata pelajaran. Setiapakhir periode pembelajaran hasil karya atau tugas belajar dikumpulkan dan dinilai bersama-sama antara guru dan peserta didik, sehingga penilaian portofolio dapatmemberikan gambaran secara jelas tentang perkembangan/kemajuan belajar  peserta didik.
 
Dalam melakukan penilaian portofolio harus memperhatikan hal-hal berikut :1.Asli, artinya karya/tugas yang dinilai adalah asli sebagai hasil karya peserta didik, bukan bajakan/jiplakan karya orang lain.2.Adanya rasa saling kepercayaan antara guru dan peserta didik, baik dalam proses penilaian maupun dalam proses menjaga rahasia tentang pengumpulaninformasi hasil belajar (bukan nilai), karya/tugas belajar peserta didik,sehingga tidak bocor ke pihak lain yang memungkinkan berdampak negatif  pada proses belajar, penilaian bahkan pendidikan.3.Joint Ownershif, antara guru dengan peserta didik memiliki rasa salingmemiliki terhadap berkas-berkas portofolio, sehingga ada upaya dari pesertadidik untuk terus memperbaiki hasil karyanya.4.Identitas yang tercantum dalam portofolio sebaiknya berisi tentangketerangan/bukti yang mampu menumbuhkan semangat peserta didik untuk terus meningkatkan karya kreativitasnya yang lebih baik lagi.5.Adanya yang tercantum antara hasil informasi hasil belajar atau karyadengan pencapaian indikator dari setiap kompetensi dasar/standar kompetensiyang tercantum dalam kurikulum.6.Penilaian portofolio mencakup penilaian proses belajar dan hasil belajar.7.Penilaian portofolio terintegrasi dengan kegiatan proses pembelajaran. Halini sangat bermanfaat bagi seorang guru untuk melakukan diagnosa sertauntuk mengetahui perkembangan/kemajuan belajar peserta didik.Model/teknik penilaian portofolio memerlukan langkah-langkah sebagai berikut :1.Menjelaskan kepada peserta didik bahwa tidak hanya merupakan kumpulankarya/tugas yang dipergunakan oleh guru untuk penilaian, melainkandigunakan juga oleh peserta didik itu sendiri. Dengan melihat portofolionya peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, bakat dan minatyang dimiliki terhadap suatu mata pelajaran. Proses ini akan terjadi secaraspontan, tetapi memerlukan waktu untuk belajar memahami dan meyakinihasil penilaian mereka sendiri.2.Menentukan bersama antar peserta didik dengan guru terhadap sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat. Kemungkinannya portofolio antara peserta didik yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Misal untuk mengetahui kemampuan menulis peserta didik mengumpulkan karangan-karangannya, sedangkan untuk mengetahui kemampuan menggambar maka peserta didik mengumpulkan hasil gambar-gambarnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->